Tips Aman Berkendara Saat Mudik Rekomendasi Cekpremi

Mudik lebaran 2016
Image Source Republika

Masa mudik Lebaran sebentar lagi dimulai. Momen yang paling ditunggu dan teristimewa ini menjadi ajang paling favorit oleh masyarakat Indonesia untuk dimanfaatkan sebagai ajang untuk berkumpul silaturrahmi mengunjungi sanak keluarga dan orang tua di kampung halaman.

Tapi sayangnya, setiap musim mudik lebaran tiba, selalu ada saja korban yang berjatuhan, entah itu korban jiwa, luka-luka lantaran  atau cacat seumur hidup lalai terhadap aspek keamanan berkendaraan.

Selain kesadaran penuh pada pengemudi dan keluarga yang ikut serta  di dalam kendaraan, pemerintah juga wajib dituntut untuk lebih memperhatikan keselamatan pemudik baik itu yang menggunakan transportasi umum maupun berkendaraan sendiri baik itu menggunakan mobil dan motor,

Ada banyak aspek yang harus diperhatikan para pemudik yakni pengemudi dan penumpang dalam melaksanakan perjalanan mudik, salah satu hal yang terpenting adalah menjaga stamina tubuh dan mengecek kendaraan yang akan anda dipergunakan.

Pada kesempatan itu saya akan memberikan tips keselamatan berkendaraa kepada para pemudik, berikut ini tipsnya:

1. Asupan makanan

Sebelum anda melaksanakan mudik lebaran, jaga kondisi tubuh anda agar tetap fit. Untuk yang mempunyai riwayat penyakit, sempatkan waktu untuk memeriksakan kesehatan ke rumah sakit. Ketika dalam perjalanan mudik, makanlah camilan setiap 3 jam sekali, karena tubuh anda butuh asupan karbohidrat yang cukup.

2. Istirahat yang cukup

Untuk tetap menjaga konsentrasi, pengemudi disarankan agar beristirahat ketika menempuh perjalanan selama 5 jam sekali. Istirahat ini sangat berfungsi menghindari kelelahan dan rasa bosan.

3. Mengecek kondisi kendaraan

Periksalah tekanan ban, oli mesin air radiator, dan minyak rem. Untuk menjaga ketepatan, bawa kendaraan anda ke bengkel untuk diperiksa secara rinci sehingga membuat anda nyaman saat melakukan perjalanan mudik.

4. Teknik mengemudi

Mengemudikan kendaraan butuh penuh konsentrasi, jangan pernah sekali-kali melakukan aktivitas lain misalnya sibuk dengan gadget yang bisa membahayakan keselamatan. Untuk bisa tetap menjaga konsentrasi, tempatkan lah  istri, anak atau sanak keluarga lain di bagian depan dan samping sopir sebagai pengingat untuk selalu waspada.

5. Posisi

Pengecekan pada tahap akhir seperti ini cukup sangatlah penting bagi anda yang ingin melakukan perjalanan yang sangat jauh. Sebelum anda memulai perjalanan jauh, pastikan posisi sandaran jok cukup tegak agar punggung anda tidak pegal dan nyaman. Parameternya adalah seluruh bagian dari punggung harus bersentuhan dengan jok mobil anda.

Atur posisi spion samping  sebelum anda melakukan perjalanan hal ini dilakukan agar anda bisa leluasa melihat kendaraan yang berada di samping kanan atau kiri kendaraan anada. Singkirkan aksesori yang mungki terlihat menarik namun sebenarnya mengundang bahaya.

Aksesori seperti tuas forklift pada setir, bantal sandaran di kepala, bantalan seatbelt serta mainan di atas dasboard, terbukti bisa meningkatkan potensi cedera ketika anda mengalami kecelakaan.

Asuransi Mobil
Cekpremi

Leave a Reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

July 4, 2016

Posted In: Hot News, Tips & Tricks

Tags: , ,

Leave a Comment

Kontak Cekpremi

Icon 21 Kebon Jeruk
BLok B no. 17 Jl. Meruya Ilir raya Srengseng - Kembangan
Jakarta Barat, ID 11620
Telp : 021-50517000


2014-2016 © PT. Reventon Mitra Pratama
DMCA.com Protection Status
Ikuti Kami