Tips Aman Menerjang Angin Untuk Para Biker

Angin
Imager Source otomotif.news.viva

Saat memasuki peralihan musim seperti sekarang ini, biasanya angin akan saat bertiup cukup kencang. Peralihan musim atau biasa disebut masa pancaroba membuat pergerakan angin disekitar Jabodetabek, dan wilayah lainnya di Indonesia juga sangat kuat. Hal ini pun wajib di waspadai oleh seluruh pengendara, karena bisa saja tiupan angin ini menimbulkan sesuatu yang tidak diinginkan, dan yang paling direpotkan dengan tiupan angin kencang ini adalah para pengendara sepeda motor.

Terpaan angin yang kuat pada saat sepeda motor melaju kencang bisa membuat pengendara kehilangan keseimbangan, kemudian oleng dan terjatuh. Tentu saja hal tersebut menjadi ancaman tersendiri bagi para pengendara sepeda motor, resiko yang ditimbulkan sangat besar, bahkan dapat menyebabkan kematian.

Tenang, tidak butuh perhitungan rumus fisika untuk mengukur berapa kecepatan angin agar anda dapat bersiap supaya sepeda motor yang dikendarai tidak oleng. Anda hanya perlu mengimbangin kecepatan angin dengan menyesuaikan kecepatan laju sepeda motor anda. Untuk lebih lengkapnya, berikut ini adalah tips aman menerjang angin untuk para biker (dikutip dari kompas) :

Waspada

Di jalanan, ada beberapa titik dimana angin bisa berhembus dengan sangat kencang, titik tersebut adalah di terowongan atau jalan layang. Jadi sebelum anda melalui terowongan atau menaiki jalan layang turunkan kecepatan sepeda motor anda, sehingga ketika angin kencang menerpa sepeda motor sudah dapat dikuasai dan tidak oleng.

Rapatkan Kaki Dengan Bodi Sepeda Motor

Merapatkan kaki dengan sepeda motor dapat mengurangi tekanan angin dan daya hambat bisa berkurang saat angin kencang berhembus. Jika anda menggunakan motor sport, maka rapatkan kaki anda ke tangki bensin, lalu jepit dengan erat. Namun apabila motor yang anda gunakan jenis matik dan bebek maka rapatkan kaki hingga setara dengan lebar bodi depan motor.

Kurangi Kecepatan Hingga Titik Terendah

Sekali lagi kecepatan motor dan juga kecepatan hembusan angin sangat menentukan kesimbangan sepeda motor saat dikendarai, jadi kurangi kecepatan laju sepeda motor anda ke titik terendah. Misalnya, saat anda mengendarai sepeda motor dengan kecepatan 80 kpj, lalu tiba-tiba anda merasakan ada hembusan angin yang cukup kencang datang dari arah berlawanan, maka turunkan kecepatan laju sepeda motor anda ketitik terendah pada 20 kpj. Ini adalah cara teraman untuk mendapatkan keseimbangan.

Menepi

Jika situasi dan kondisi dirasa sudah tidak memungkinkan untuk tetap dapat menerjang hembusan angin kencang, maka menepilah. Jangan memaksakan, karena mungkin saja kondisi sepeda motor anda atau fisik anda tidak siap untuk menghadapinya. Memilih tempat untuk menepi tidak boleh sembarangan, usahakan tempat menepi tersebut jauh dari papan iklan , tiang listrik atau telepon, maupun di bawah pohon. Karena bisa saja resiko tersebut.

Berkendara dengan keamanan yang lengkap

Saat anda sudah mencoba semua hal diatas namun masih saja ada faktor yang menyebabkan hal yang tidak diinginkan tetap terjadi. Maka itu sebelum berkendara gunakan pengamanan dengan lengkap, kenakan jaket, dan helm standar SNI. Jangan lupa juga gunakan asuransi untuk mencegah kerugian seandainya terjadi kecelakaan. Gunakan asuransi motor atau minimal anda bisa menggunakan asuransi kecelakaan diri, karena asuransi jenis tersebut menanggung segala jenis kecelakaan. Dengan begitu anda sudah tidak perlu was was lagi pada saat menerjang kencangnya hembusan angin dengan sepeda motor.

 

Angin
Cek Perlindungan Motor Terbaik Anda (Klik Gambar)

Leave a Reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

April 7, 2015

Posted In: Automotive, Tips & Tricks

Tags: , , , , ,

Leave a Comment

Kontak Cekpremi

Icon 21 Kebon Jeruk
BLok B no. 17 Jl. Meruya Ilir raya Srengseng - Kembangan
Jakarta Barat, ID 11620
Telp : 021-50517000


2014-2016 © PT. Reventon Mitra Pratama
DMCA.com Protection Status
Ikuti Kami