Tips Berkendara Motor Melewati Banjir

Motor
Imagesource : Otrider

Musim penghujan sekarang ini sudah mulai terlihat di level intensitas tertingginya, terlihat beberapa hari belakang ini hujan di sertai dengan petir dan angin kencang melanda sebagian besar ibukota Jakarta dan di kota kota besar lainnya. Bahkan di beberapa kota besar sudah ada yang mengakibatkan banjir di jalan jalan utama kota tersebut. Di ibukota sendiri juga beberapa jalan sudah mulai terlihat genangan air yang cukup tinggi berkisar 10 – 30 cm yang mengharuskan pengendara untuk lebih berhati-hati untuk mencoba melawatinya, terutama untuk pengendara roda dua atau sepedah motor akan harus extra lebih hati-hati apabila terpaksa mengharuskan melewati terjangan banjir agar tunggangan kuda besinya tidak mogok atau tidak mati mesin dikarenakan masuknya air. Berikut ini beberapa tips yang mungkin bisa anda terapkan terutama untuk pengendara sepedah motor bila tetap mengharuskan menerjang genangan air .

Beberapa tips berkendara sepedah motor melewati banjir :

  1. Perputaran mesin stabil

Bila mengharuskan untuk tetap melawati banjir usahakan agar perputaran mesin stabil , kenapa demikian karena ketika mesin dalam putaran tinggi mesin akan stabil dan jangan sekali-kali saat anda melewati banjir untuk menurunkan gas karena pada saat anda menurunkan gas lalu menaikan kembali gas akan membuat mesin menyedot bahan bakar lebih banyak, dan yang sangat patal air akan masuk melewati knalpot, karena tendangan balik mesin motor anda otomatis akan lebih besar.

  1. Jangan melepas saringan udara

Pada saat musim penghujan seperti sekarang ini anda jangan pernah berkendara tanpa memakai saringan udara atau melepas saringan udara. Melepas saringan udara akan membuat udara masuk ke pembakaran mesin, tanpa disaring. Apa jadinya apabila anda melewati banjir tanpa saringan udara sudah pasti air akan masuk ke pembakaran mesin, yang mengakibatkan mesin kendaraan anda akan mati.

  1. Lindungi busi motor

Untuk mencegah busi tidak terendam air, sebaiknya anda membuat perlindungan untuk busi anda contohnya dengan plastic aklirik dengan memanfaatkan sisi kiri atau kanan tameng sebagai pegangannya. Fungsinya agar air tidak langsung masuk kedalam air, selain itu lindungi juga busi anda dengan sealer, meskipun busi anda sudah dilindungin untuk meyakinkan beri cairan perapat (sealer) untuk menutupi lubang pernapasnnya.

  1. Stik oil rapat

Periksa kembali tongkat pengukur oil mesin dan pastikan masih rapat. Jika sudah terlihat longgar, sebaiknya lapisi dengan plastic sebelum menutupnya kembali, agar ketika melewati banjir air tidak bercampur dengan oil kendaraan motor anda.

  1. Lindungi Knalpot

Apabila genangan air cukup tinggi dan sudah melewati batas knalpot motor anda. Sebaiknya menyambung saluran pembuangan angin knalpot dengan selang lalu arahkan pembuangannya ke atas, agar air tidak mudah masuk lewat knalpot yang nantinya mengakibatkan mesin motor anda mati.

Itulah beberapa tips-tips yang mungkin bisa anda terapkan saat mengharuskan kendaraan motor anda melewati banjir, yang terpenting adalah periksa mesin kendaraan motor anda harus tetap dalam keadaan stabilnya.

Sepeda Motor
Cek premi termurah asuransi motor anda disini (Klik Gambar)

Leave a Reply

January 14, 2016

Posted In: Hot News, Tips & Tricks

Tags: , , , ,

Leave a Comment

Kontak Cekpremi

Icon 21 Kebon Jeruk
BLok B no. 17 Jl. Meruya Ilir raya Srengseng - Kembangan
Jakarta Barat, ID 11620
Telp : 021-50517000


2014-2017 © PT. Reventon Mitra Pratama
DMCA.com Protection Status
Ikuti Kami