Tips Berkendara Motor Saat Sedang Hujan

Image Source dbagus.com
Image Source dbagus.com

Hujan lebat disertai angin kencang melanda hampir seluruh wilayah di Indonesia dengan curah hujan yang semakin intens, termasuk ibukota Jakarta. Bahkan tidak jarang, hujan badai ini menyebabkan pohon tumbang dan kecelakaan motor karena jalan raya menjadi licin. Hal ini tentu membahayakan bagi para pengendara sepeda motor dan pengguna jalan lain. Selain melakukan teknik berkendara motor yang benar dan selalu mengutamakan safety riding, ada baiknya kita harus mengetahui apa saja yang sebaiknya diperhatikan saat berkendara di bawah terpaan hujan. Berikut ini adalah Tips Berkendara Motor Saat Sedang Hujan.

 Jaga Jarak

Image Source www.motorkuid.com
Image Source www.motorkuid.com

Saat berkendara di jalanan licin, yang harus diperhatikan adalah jarak antar kendaraan kita dengan kendaraan di depan dan belakang. Jaga jarak aman, lebih baik menjaga jarak aman sedikit lebih jauh dari kendaraan di depan. Sehingga kondisi di depan lebih mudah dipantau.

Jangan Rem Mendadak

Image Source aselimalang.com
Image Source aselimalang.com

Hindari pengereman mendadak, kenapa kita harus lebih menghindari pengereman mendadak saat hujan? Karena jalanan basah akan mengurangi kemampuan traksi roda motor. Sehingga jarak pengereman akan lebih panjang ketimbang saat kering.

Perhatikan proses pengereman

Image Source sugengrahmanto.wordpress.com
Image Source sugengrahmanto.wordpress.com

Jangan lupa, saat mengerem rem lakukan secara halus atau diurut. Hindari melakukan rem mendadak yang bukan hanya berakibat motor selip, lebih parah juga bisa memicu tabrakan beruntun.

Bijak saat bermanuver

Image Source otomotif.kompas.com
Image Source sugengrahmanto.wordpress.com

Terkadang saat terburu-buru kita sering melakukan manuver-manuver di jalan raya, hindari juga kebiasaan bermanuver secara mendadak. Tentunya keseimbangan motor saat jalan kering dan basah berbeda. Manuver patah saat berkendara di lintasan yang licin lebih rawan selip.

Berteduh di tempat yang aman

Image Source metro.news.viva.co.id
Image Source metro.news.viva.co.id

Terkait angin kencang, sebaiknya memilih berteduh dari pada harus nekat. Karena berkendara dalam terpaan angin kencang akan mengganggu keseimbangan.

 

ads banner motor-07-06
Cek premi termurah asuransi motor anda disini (Klik Gambar)

Leave a Reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

November 12, 2015

Posted In: Intermezzo, Tips & Tricks

Tags: , ,

Leave a Comment

Kontak Cekpremi

Icon 21 Kebon Jeruk
BLok B no. 17 Jl. Meruya Ilir raya Srengseng - Kembangan
Jakarta Barat, ID 11620
Telp : 021-50517000


2014-2016 © PT. Reventon Mitra Pratama
DMCA.com Protection Status
Ikuti Kami