Tips Cara Memanaskan Mesin Motor Yang Baik Dan Benar

Image Source www.otomania.com
Image Source www.otomania.com

Salah satu perawatan pada mesin sepeda motor adalah dengan memanaskan mesin motor tersebut. Ini biasanya dilakukan sebelum motor dijalankan. Apakah manfaat dari memanaskan mesin? Berikut ini adalah penjelasan tentang proses dalam pemanasan mesin beserta manfaatnya.

Untuk Pelumasan Mesin

Image Source danialmandala.blogspot.com
Image Source danialmandala.blogspot.com

Matinya enjin dapat mengakibatkan matinya fungsi terutama pada pelumasan. Fungsi pelumasan sangatlah penting, diantaranya untuk mengurangi haus pada komponen-komponen yang saling bergesekan contohnya gear ke gear, ring piston dengan dinding silinder dan lain-lain. Semakin lama waktu dalam pemanasan mesin, semakin banyak pula oli yang berjatuhan atau akan kembali pada tempat penyimpanannya. Oli yang ada pada bagian gear , piston dan bagian yang ada disekitarnya pastilah akan menipis.

Apabila mesin dinyalakan setelah mesin sudah cukup lama mati makan dibutuhkan waktu bagi oli tersebut untuk melumasi bagian-bagian yang ada pada gear dan sekitarnya. Apabila mesin motor langsung dijalankan sebelum pelumasan selesai maka otomatis pelumas tersebut akan berkurang. Yang terjadi ialah mesin akan haus dan ring piston bisa patah yang dapat mengakibatkan kendaraan tersebut tidak bisa jalan ataupun cepat rusak.

Untuk Pembakaran Yang Lebih Sempurna

Image Source blogmasdayat.blogspot.com
Image Source blogmasdayat.blogspot.com

Sebelum mesin dinyalakan, bensi serta udara masih berada ditempatnya masing-masing. Sehingga sangat dibutuhkan waktu pada proses pemcampuran udara serta bahan bakar gunanya untuk memperoleh campuran yang pas antara bahan bakar dan udara.

Mungkin masih ada beberapa orang yang masih menyepelekan perihal memanaskan mesin kendaraan. Padahal apabila hal tersebut disepelekan maka akan berdamapak kurang baik bagi mesin kendaraan. Memanaskan mesin kendaraan sebenarnya ada tata caranya, bertujuan agar pemanasan mesin kendaraan menjadi optimal dan mesin tidak cepat rusak. Berikut ini adalah Tips Cara Memanaskan Mesin Motor Yang Baik Dan Benar.

Sewaktu Menghidupkan Mesin Kendaraaan

Bagi para pengendara motor, utntuk menghidupkan mesin dibutuhkan sedikit perlakuan berbeda antara sepeda motor dengan mobil. Sebelum memutar kunci kontak menjadi posisi on, sebaiknya menyela 2 sampai 3 kali dengan mengunakan slinder head yang berguna untuk melumasi komponen mesin.

Tidak Menggeber-geber Mesin

Selama dalam proses pemanasan, pelumas akan mengalir ke setiap bagian mesin. Apabila mesin digas (digeber) sebelum suhunya panas, hal tersebut dapat membebani kinerja pada mesin. Karena, pelumas belum menyebar ke seluruh bagian, dan beberapa dari komponen yang saling bergesekan akan mengalami kehausan. Apabila hal tersebut sering terjadi maka akan berdampak pada usia pakai mesin yang menjadi lebih pendek dan juga mudah rusak.

Jalankan Mesin Secara Perlahan-lahan

Agar komponen dalam mesin tetap aman, tips berikutnya adalah jalankan kendaraan secara perlahan-lahan untuk beberapa saat dan janganlah langsung melakukan akselerasi secara sepontan. Apabila langsung memacu kendaraan dengan kecepatan tinggi setelah dipanaskan sebenarnya tidaklah masalah. Namun, akibat yang ditimbulkan tarikan pada mesin menjadi sedikit lambat saat ingin dipacu dalam kecepatan tinggi.

 

Sepeda Motor
Cek premi termurah asuransi motor anda disini (Klik Gambar)

Leave a Reply

October 8, 2015

Posted In: Intermezzo, Tips & Tricks

Tags: , , ,

Leave a Comment

Kontak Cekpremi

Icon 21 Kebon Jeruk
BLok B no. 17 Jl. Meruya Ilir raya Srengseng - Kembangan
Jakarta Barat, ID 11620
Telp : 021-50517000


2014-2017 © PT. Reventon Mitra Pratama
DMCA.com Protection Status
Ikuti Kami