Tips dan Cara Menjaga Tubuh Tetap Sehat dan Bugar

diet sehat

Banyak orang yang mengabaikan pola hidup sehat. Kurang tidur, overthinking, jarang berolahraga, dan makan junk food. Hal-hal tersebut bisa menyebabkan badan terasa lesu saat bangun di pagi hari. Mau tubuh tetap sehat dan bugar? Berikut beberapa cara menjaga tubuh agar tetap sehat dan bugar.

Tips Menjaga Tubuh Sehat dan Bugar

  • Konsumsi Makanan Sehat

Tubuh kita membutuhkan berbagai macam nutrisi. Seperti karbohidrat, protein, serat, vitamin, dan mineral. Semua nutrisi tersebut bisa diperoleh dengan menjaga pola makan sehat secara teratur. Dengan mencukupi nutrisi harian, kamu dapat mencegah tubuh dari mengalami malnutrisi dan noncommunicable diseases. Seperti diabetes, penyakit jantung, stroke, dan kanker. Sebisa mungkin hindari junk food, minuman bersoda, kafein, dan makanan manis lainnya. Pastikan juga kamu minum air putih yang cukup. 

  • Olahraga Teratur

Olahraga sangat penting untuk menjaga kesehatan tubuh. Durasi olahraga yang direkomendasikan adalah 30 menit per hari atau 150 menit dalam satu minggu. Kamu bisa memulai olahraga rutin dengan olahraga ringan. Misalnya, jalan kaki, yoga, lari pagi, atau aktivitas lainnya. Jika sudah terbiasa, kamu bisa meningkatkan intensitas olahraga yang dilakukan. Olahraga paling bermanfaat untuk menjaga kesehatan sendi. Selain itu, olahraga juga dapat menurunkan kalori dan menjaga kesehatan jantung. Kolesterol juga akan berkurang jika kamu olahraga secara teratur. 

  • Sarapan Setiap Hari

Banyak orang gemar melewatkan waktu sarapan. Berbagai hal menjadi alasan. Mulai dari tak punya waktu, tidak terbiasa, atau karena sedang menurunkan berat badan. Padahal melewatkan waktu makan di pagi hari ini bisa merugikan kesehatan. Sebab, tubuh memerlukan energi untuk beraktivitas. Kebiasaan makan berlebihan akibat perut kosong juga berbahaya bagi kesehatan karena dapat menyebabkan rasa tidak nyaman seperti perut kembung, mual, hingga berisiko terkena penyakit.

  • Tidur yang Cukup

Tidur adalah saat-saat yang terpenting bagi tubuh. Jangan sampai kamu memaksakan tubuh untuk terjaga di malam hari. Begadang dapat menurunkan kekebalan tubuh, sakit, pingsan, stroke, bahkan koma. Tidur sangat berpengaruh pada kesehatan organ. Saat tidur, organ-organ tubuh beristirahat sehingga mampu memulihkan energi.  Untuk itu, pola tidur yang sehat harus diterapkan. Orang dewasa dianjurkan tidur selama 7 hingga 9 jam per hari. Tentunya dengan menyesuaikan kondisi tubuh setiap individu. Untuk mendapatkan tidur yang berkualitas, kamu dapat mencoba beberapa tips ini. Pertama, jangan makan berat mendekati waktu tidur. Kedua, usahakan mempersiapkan kondisi ruangan tidur agar nyaman untuk istirahat. Ketiga, jauhkan perangkat smartphone agar dapat lebih konsisten menjaga jadwal tidur. Selamat mencoba.

  • Hindari Stres

Banyaknya pikiran atau overthinking berujung menjadi stres. Hal ini umum terjadi terutama pada orang dewasa. Stres bisa memunculkan berbagai penyakit seperti gangguan pencernaan, gangguan mental, sakit kepala, obesitas, dan lain-lain. Agar hal-hal tidak diinginkan tidak terjadi, sebaiknya hindari stress. Cobalah untuk senantiasa berpikir positif. Jika ada keluh kesah, cobalah berbagi cerita dengan orang terdekat yang terpercaya. Untuk mengatasi stress, kamu juga bisa mencoba beberapa aktivitas menenangkan dan menyenangkan. Misalnya, meditasi, olahraga rutin, traveling, atau melakukan hobi yang disukai.

Cara menjaga tubuh tetap sehat akan semakin lengkap apabila kamu menggunakan asuransi kesehatan. Asuransi kesehatan yang bisa kamu jadikan pilihan adalah Pasific Cross Malacca Trust dan Lippo Healthplus. 

Buat kamu yang ingin menyesuaikan budget, kamu bisa memilih asuransi kesehatan Pasific Cross Malacca Trust.  Dengan budget yang ekonomis untuk produk M Safe seperti rawat inap dan rawat jalan, kamu bisa mendapatkan pelayanan terbaik. Namun, terdapat batas tertentu untuk limit pertanggungannya ya. Apabila pengobatan medismu tidak tersedia di Indonesia, kamu bisa mendapatkan perlindungan medis rawat inap dan rawat jalan di seluruh dunia. 

Lippo Healthplus menyediakan proteksi maksimal dengan nilai pertanggungan sesuai dengan yang dibayarkan per tahun. Produk ini juga sudah memiliki fitur cashless yang berlaku di lebih dari 900 rumah sakit rekanan. Lippo Healthplus juga punya aplikasi eBenefit yang memudahkan kamu ketika mengajukan klaim. Jangan khawatir jika kamu atau keluarga tiba-tiba sakit karena Lippo Healthplus menyediakan 24 jam contact center dan monitoring. Mereka juga menyediakan Personal Medical Assistance dan memberikan santunan tunai harian rawat inap di rumah sakit. 

Untuk informasi lebih lanjut, kamu bisa lihat di Cekpremi dan dapatkan promo menarik. Kami punya berbagai daftar asuransi kesehatan terlengkap dengan harga terbaik. Yuk, lindungi dirimu dan orang-orang tersayang mulai dari sekarang!

Pertanyaan Seputar Cara Menjaga Tubuh Agar Tetap Sehat

Bagaimana cara menjaga tubuh agar tetap sehat?

Konsumsi makanan sehat Olahraga teratur Sarapan setiap hari Tidur yang cukup Hindari Stres

Makan apa supaya tubuh tetap bugar?

Protein Hewani dan Nabati. Tumis sayuran. Jus buah. Karbohidrat tinggi serat. Susu. Lemak