Khasiat Teh Hijau untuk Kesehatan

teh hijau

Teh hijau, minuman sehat yang tak kalah populer dari kopi. Selain memiliki rasa yang enak terdapat juga aroma yang unik. Teh hijau telah lama di konsumsi oleh masyarakat dan sudah terbukti bahwa teh hijau memiliki manfaat dalam kesehatan. Sama seperti minuman kesehatan lainnya, terlalu banyak atau salah minum juga tidak baik bagi kesehatan. Pada artikel ini kita akan membahas khasiat teh hijau, waktu yang baik untuk mengkonsumsinya, dan efek negatif teh hijau. Mari simak pembahasan berikut ini untuk mengetahui khasiat teh hijau bagi kesehatan.

Teh Hijau

Teh hijau adalah teh yang berasal dari pohon teh, yang secara ilmiah dikenal sebagai Camellia sinensis, adalah teh yang tidak difermentasi. Proses pembuatannya adalah dengan mengambil daun teh hijau segar kemudian dilakukan proses penyangraian daun teh di tungku perapian, dengan api yang tidak terlalu tinggi sampai daun tehnya benar-benar layu. Setelah itu dilakukan proses pengeluaran getah dari daun teh dengan proses penggilasan dan yang terakhir daun teh dikeringkan dengan dijemur pada sinar matahari. Proses pengeringan dilakukan untuk menghambat aktivitas enzim pada daun teh. Ini akan membantu daun teh yang dihasilkan mengering tapi tetap segar dan hijau.

Manfaat Teh Hijau

  1. Menyehatkan Otak

Minum teh hijau dapat membantu mencegah pembentukan plak, penyakit Alzheimer dan Parkinson, merupakan penyakit neurodegeneratif. Mengonsumsi teh hijau juga dapat membantu meningkatkan fungsi otak.

  1. Menurunkan Kadar Gula Darah

Teh hijau memiliki khasiat untuk membantu menstabilkan kadar gula darah pada penderita diabetes. Selain itu, minum teh hijau dapat merangsang produksi insulin di pankreas dan membantu menyerap glukosa pada penderita diabetes.

  1. Baik untuk Kesehatan Mulut

Minum teh hijau meningkatkan kesehatan mulut dan mengurangi risiko kerusakan gigi. Karena dalam teh hijau kaya akan polifenol (Polifenol) dan katekin (Catechins), yang memiliki efek menghilangkan bakteri penyebab kerusakan gigi, bau mulut dan penyakit gusi.

  1. Memperlambat Penuaan

Polifenol dan OPC (Oligomeric Proanthocyanidins) dalam teh hijau membantu melindungi kulit Kamu dari radikal bebas. Senyawa ini akan membantu berbagai masalah kulit seperti penuaan dini dan berbagai bintik hitam.

  1. Membantu Memperkuat Tulang

Teh hijau kaya akan fluoride, yang merupakan salah satu nutrisi penting untuk menguatkan tulang juga mengandung anti-oksidan dan zat anti-inflamasi yang membantu mencegah keropos tulang.

  1. Mencegah Rambut Rontok

Siapa yang punya masalah rambut rontok? Minum teh hijau bisa membantu. Karena teh hijau kaya akan Katekin yang membantu mencegah kerontokan rambut dan mengandung EGCG (Epigallocatechin gallate) yang berperan dalam merangsang pertumbuhan rambut.

Teh Hijau Tidak Disarankan Jika

Padahal teh hijau bermanfaat bagi tubuh, terutama dalam hal mencegah penyakit jantung dan kanker. Termasuk manfaat antioksidan yang membantu memperlambat penuaan. Tetapi jika Kamu mengkonsumsi secara berlebihan atau menggunakannya secara tidak benar itu juga bisa berbahaya bagi tubuh. Beberapa efek negatif yang mungkin muncul dari meminum teh hijau antara lain :

  1. Kandungan kafein dalam teh hijau dapat merangsang tubuh agar merasa segar kembali. Konsumsi teh hijau dalam jumlah yang banyak misalnya lebih dari 3-4 gelas sehari, dapat menyebabkan efek samping seperti insomnia, ketidaknyamanan perut, mual dan kemungkinan diare.
  2. Orang dengan penyakit jantung harus berhati-hati saat minum teh hijau. Karena kafein dapat menyebabkan jantung berdetak tidak teratur.
  3. Kafein dapat mempengaruhi kontrol gula darah. Penderita diabetes harus berhati-hati saat meminum teh jenis ini.

Kapan Waktu Terbaik untuk Minum Teh Hijau?

Mungkin banyak orang yang meragukannya, kapan sebaiknya minum teh hijau agar tubuh mendapatkan manfaat maksimal? Disarankan minum 2-3 jam setelah makan, karena teh hijau akan merangsang getah lambung untuk mensekresi pencernaan vitamin. Hal ini juga membantu tubuh menyerap nutrisi untuk digunakan dengan lebih mudah. Apalagi minum teh hijau setelah sarapan akan membawa manfaat paling banyak bagi tubuh. Karena jika Kamu minum setelah makan siang atau makan malam kafein dari teh bisa membuat Kamu sulit tidur di malam hari.

Lebih Baik Minum Teh Hijau Panas atau Dingin ?

Agar mendapatkan manfaat kesehatan yang maksimal, disarankan bahwa teh hijau yang diseduh panas lebih baik daripada teh hijau dingin. Soalnya jika Kamu minum dengan campuran es, hal itu akan mengurangi efektivitas dari teh hijau nya sendiri. Alih-alih mendapatkan manfaat penuh, manfaat itu makin berkurang. Tetapi bagi siapa saja yang ingin minum teh hijau dingin, bisa. Minum saja teh yang diseduh sendiri dan dinginkan. Hanya saja, jangan menambahkan lebih banyak es ke dalam campuran. Dan untuk menjaga antioksidan dalam teh hijau tetap ada. Yang terbaik adalah memeras jus lemon dan mencampurnya di antara teh.

Teh hijau dapat memberikan dampak yang sangat baik bagi kesehatan dan jika dikonsumsi secara berlebihan atau tidak tepat maka dapat menyebabkan efek negatif terhadap kesehatan. Berbicara soal kesehatan, alangkah lebih baik jika kita sudah mempersiapkan segala hal baik dari menjaga pola makan, tidur yang cukup, dan juga mempunyai asuransi kesehatan. Dengan adanya asuransi kesehatan dapat membantu kamu dalam hal biaya inap, obat-obatan dan lainnya. Kami merekomendasikan cekpremi sebagai penyedia berbagai produk asuransi. Yuk langsung kunjungi cekpremi untuk mendapatkan asuransi terbaik untuk kamu.

Pertanyaan Seputar Asuransi Kesehatan

[sc_fs_multi_faq headline-0=”h6″ question-0=”Apa itu Asuransi Kesehatan?” answer-0=” Asuransi kesehatan adalah pertanggungan terhadap biaya pengobatan seperti rawat inap atau rawat perjalanan bagi anggota asuransi yang jatuh sakit atau mengalami kecelakaan. ” image-0=”” headline-1=”h6″ question-1=”Mengapa kita perlu Asuransi Kesehatan?” answer-1=”Karena dengan adanya asuransi kesehatan kamu bisa mendapatkan pertanggungan dan perlindungan kesehatan untuk Kamu dan keluarga. Jika suatu saat Kamu dan keluarga membutuhkan pengobatan, asuransi akan menanggung kebutuhan kamu. ” image-1=”” count=”2″ html=”true” css_class=””]