Tips Hemat Air Bersih Saat Kekeringan

Kekeringan
Image Source citizenaily

Sudah hampir satu bulan ini beberapa di Indonesia mengalami musibah kekeringan. Beberapa desa di Jawa Barat dan wilayah lainnya di Indonesia kesulitan mendapatkan air bersih. Sungai-sungai yang biasanya mengalir kini sudah mulai kering, begitu juga sumur-sumur dan saluran irigasi yang biasa dijadikan sebagai sumber air oleh warga kini beberapa diantaranya sudah mulai mongering.

Untuk mencegah bencana kekeringan ini meluas, maka penggunaan air untuk kegiatan sehari-hari harus dilakukan penghematan. Bagaimana caranya ? Berikut ini adalah tips untuk menghemat air bersih saat musim kemarau :

Gunakan pancuran beraliran rendah

Banyak orang beranggapan bahwa pancuran yang alirannya rendah/kecil dikarenakan aliran air yang terhambat atau tekanan air yang buruk. Padahal, pancuran yang hemat air ini memanfaatkan udara untuk memberikan pengalaman mandi yang sama dengan pancuran biasa.

Maka itu gunakan pancuran dengan aliran air yang rendah, karena selain bisa menghemat uang namun bisa juga menghemat penggunaan air.

Matikan keran

Saat melakukan hal-hal sepele seperti menggosok gigi sebaiknya tak perlu menyalakan keran, apalagi jika jumlah air yang terdapat di dalam bak penampungan air masih dirasa cukup. Tahukah anda bahwa kebiasaan mematikan keran dapat menghemat air hingga 25 galon air per bulan ?

Gunakan kembali air yang masih bersih

Air yang digunakan untuk mencuci buah dan sayuran jangan sampai terbuang. Maka itu gunakan panci atau baskom saat mencucinya. Jadi air yang terkumpul dapat anda gunakan kembali untuk menyiram tanaman.

Gunakan mesin dan selang bertekanan untuk mencuci mobil

Jika anda masih menggunakan selang taman lama pada saat musim kering seperti sekarang ini ganti, dan cobalah gunakan mesin dan selang bertekanan (pressure washer) untuk mencuci kendaraan anada baik mobil ataupun motor. Dengan menggunakan mesin ini berarti anda sudah menghemat 80 persen penggunaan air, dan waktu anda untuk melakukan aktivitas lainnya.

 

Kekeringan
Yukkk pilih asuransi terbaik anda disini (klik gambar)

Leave a Reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

August 28, 2015

Posted In: Tips & Tricks

Tags: , , , , , ,

Leave a Comment

Kontak Cekpremi

Icon 21 Kebon Jeruk
BLok B no. 17 Jl. Meruya Ilir raya Srengseng - Kembangan
Jakarta Barat, ID 11620
Telp : 021-50517000


2014-2016 © PT. Reventon Mitra Pratama
DMCA.com Protection Status
Ikuti Kami