Tips Hemat BBM Biar Kantong Tetap Aman

Artikel ini membahas tentang tips menghemat BBM. Pemerintah resmi menaikkan harga BBM subsidi jenis Pertalite dan Solat sejak Sabtu (3 September 2022). Subsidi jenis Pertalite dari harga Rp 7.650 per liter naik menjadi Rp 10.000 per liter. Solar naik dari Rp 5.150 per liter menjadi Rp 6.800 per liter. Kemudian, BBM non-subsidi Pertamax naik dari Rp 12.500 per liter menjadi Rp 14.500 per liter. Kenaikan BBM ini tentunya sangat berdampak pada pengeluaranmu. Selain harganya yang semakin mahal, penggunaan kendaraan yang sembrono membuat BBM cepat habis. Lantas bagaimana caranya supaya hemat BBM? Berikut ini beberapa tips hemat BBM yang dapat kamu coba, supaya kantongmu tetap aman. 

  • Pastikan Tutup Tangki Terpasang dengan Benar

Ketika selesai melakukan pengisian bahan bakar, jangan lupa untuk memperhatikan penutupnya. Sebaiknya kamu mengecek apakah tutupnya sudah terpasang dengan benar dan kencang. 

  • Gunakan BBM yang Tepat

Penggunaan BBM yang tepat akan membuat sistem pembakaran dalam mesin lebih sempurna. Gunakan Pertamax untuk kendaraan yang menggunakan bensin. Untuk kendaraan diesel, kamu bisa menggunakan Dexlite. 

  • Jangan Ngebut

Selain berbahaya, ngebut juga dapat menyebabkan penggunaan BBM lebih boros. Untuk itu, sebaiknya kamu mempertahankan kecepatan (konstan) dan mengurangi pemakaian rem. 

  • Kurangi Beban

Jangan meninggalkan barang yang tidak perlu di bagasi atau di kursi belakang. Membawa beban yang berat berdampak pada konsumsi bahan bakar. Kendaraan akan lebih boros bahan bakar sekitar 1 hingga 2% untuk setiap beban seberat 50 kg di mobil.

  • Efektif Menggunakan AC

Ketika AC dinyalakan, maka tenaga mesin akan diambil oleh sistem AC hingga 5 PK untuk menghidupkan kompresor dan sistem yang terkait. Agar lebih efektif, jangan nyalakan AC sebelum udara panas dalam mobil keluar. Kamu juga dapat mengoptimalkan kinerja AC dengan mematikan switch AC  ketika melewati jalan menanjak atau memanfaatkan economy mode. Sebaiknya kamu tidak perlu membuka kaca saat AC menyala. 

  • Menjaga Kondisi Mesin 

Kondisi mesin yang baik akan sangat menghemat bahan bakar. Pastikan kamu selalu memelihara mesin kendaraan kesayangan dengan servis rutin. Lakukanlah servis setiap 3 bulan sekali atau setiap penggunaan mencapai 5.000 km. Dengan melakukan service secara berkala, maka saluran bahan bakar dan komponen kendaraan lainnya akan diperiksa dan terjaga dalam kondisi terbaik. Hal itu akan membuat konsumsi bahan bakar menjadi lebih irit dan efisien.

  • Perhatikan Tekanan Udara Ban 

Ban yang dipompa dengan benar tidak hanya membuat mobilmu lebih aman dan lebih awet, tetapi juga dapat menghemat bahan bakar secara keseluruhan. Bila tekanannya kurang dari 50 kPa dari tekanan normal, tentunya akan berdampak pada bahan bakar.

  • Akselerasi Perlahan

Injak pedal gas secara perlahan. Mulai dari 20 km/jam selama 5 detik. Gunakan engine brake secara positif. Dengan engine brake, mesin akan menghentikan supply bahan bakar. 

  • Hentikan Mesin Saat Berhenti

Kamu harus mematikan mesin kendaraan ketika berhenti atau menunggu lama di suatu tempat. Ketika kamu tetap menyalakan mesin padahal kendaraan tidak sedang digunakan, maka akan membuang BBM secara percuma.

  • Bersihkan Filter Udara

Filter udara berfungsi untuk memastikan udara yang masuk ke komponen pembakaran menjadi selalu bersih. Filter yang sudah tersumbat debu dan kotoran akan membuat mesin bekerja lebih berat untuk menghisap udara bersih. Sebaiknya bersihkan filter udara setiap 2.000 hingga 3.000 km atau ganti jika pemakaiannya sudah terlalu lama.

Itulah tips menghemat BBM yang dapat kamu lakukan. Lindungi mobil kesayanganmu dengan asuransi mobil. Contoh asuransi  yang bisa kamu jadikan pilihan adalah Asuransi Simas Insurtech dan Mega Insurance.

Asuransi Simas Insurtech menyediakan dua pilihan polis, yaitu Total Loss Only (TLO) dan comprehensive (all risk). Bengkel rekanannya sudah mencapai 584 bengkel. Hal ini akan memudahkanmu untuk melakukan perbaikan. Premi TLO mulai dari Rp 35.000 per bulan. Untuk premi all risk mulai dari RP175.000 perbulan. Batas usia kendaraannya juga cukup lama. Untuk jaminan gabungan (Comprehensive) sampai dengan usia 10 tahun, sedangkan untuk jaminan Total Loss Only ( TLO ) bisa sampai dengan usia 20 tahun. 

Mega Insurance menyediakan dua pilihan polis, yaitu Total Loss Only (TLO) dan comprehensive. Pilihan perluasan asuransi comprehensive-nya juga cukup banyak di antaranya; RSCC & TS (kerusuhan, pemogokan, sabotase), act of God (bencana alam), TJH, Kecelakaan diri pengemudi dan/atau penumpang. Proses klaimnya juga mudah karena ada aplikasi Mega Insurance Assistant. 

Untuk mendapatkan pilihan asuransi terbaikmu, kamu bisa mengunjungi Cekpremi. Layanan ini menyediakan asuransi mobil yang sesuai untukmu. Pilih produknya dan dapatkan cashback dalam jumlah menarik.

Pertanyaan Seputar Hemat BBM

Mengapa kita harus menghemat pemakaian bahan bakar?

Penggunaan bahan bakar seperti batu bara dan minyak bumi menyebabkan polusi udara, termasuk nitrogen oksida, sulfur dioksida, jelaga, merkuri, dan timbal. Menghemat energi salah satunya dengan mengurangi kebutuhan untuk membakar bahan bakar sehingga dapat mengurangi polusi sekaligus menghemat uang.

Apa saja cara yang dapat digunakan untuk menghemat BBM?

Jangan mengebut dalam berkendara. Batasi penggunaan AC saat mengemudi. Pastikan tutup tangki terpasang dengan benar dan kencang.