Pengertian Overhaul Mesin, Kapan Sebaiknya Overhaul Dilakukan?

Agu - 20
2021
overhaul adalah

Pengertian Overhaul Mesin, Kapan Sebaiknya Overhaul Dilakukan?

Overhaul mesin adalah istilah yang sering digunakan saat mobil mengalami turun mesin. Biasanya kondisi turun mesin bisa terjadi karena mobil tidak dirawat dengan baik. Nah biasanya saat turun mesin akan dilakukan proses perbaikan yang namanya overhaul. Lalu apa bedanya overhaul dan tune-up? Simak pengertian overhaul di bawah ini:

Overhaul adalah

Overhaul jika diterjemahkan ke bahasa Indonesia memiliki arti pemeriksaan. Artinya mesin pada mobil akan diperiksa secara menyeluruh dengan cara dibongkar untuk menemukan inti masalah yang terjadi pada mesin.

Overhaul mesin sendiri terbagi menjadi 2 jenis yaitu overhaul major dan minor. Pada saat major overhaul keseluruhan mesin akan diperiksa sebaliknya saat minor overhaul hanya sebagian komponen saja yang diperiksa.

Ciri-ciri overhaul harus dilakukan

Jika sudah mengetahui apa pengertian dari overhaul, mari kita simak apa saja ciri-ciri overhaul mesin harus dilakukan:

1. Knalpot mengeluarkan asap putih

Nah ciri pertama yang paling umum ditemukan adalah knalpot mengeluarkan asap putih saat mobil digas. Biasanya hal ini terjadi karena ada komponen di dalam mobil yang rusak ataupun perlu diganti.

2. Kap mobil cepat panas

Mesin mobil yang cepat panas juga merupakan pertanda kuat overhaul harus dilakukan. Jika mobil dibawa dalam perjalanan jauh maka wajar mesin panas, namun jika mobil hanya dibawa bepergian di dalam kota namun mesin sudah panas itu merupakan sebuah pertanda overhaul harus dilakukan.

3. Air radiator pada mobil menyembur

Saat mobil baru dinyalakan dan air radiator menyembur itu juga merupakan pertanda mesin mobil harus dilakukan overhaul. Kemungkinan besar terjadi kerusakan pada sistem radiator mobil

Baca juga: Rekomendasi 11 Oli Mobil Terbaik dan Terlaku di Tahun 2021

4. Mesin mati mendadak

Meskipun ada beberapa kemungkinan penyebab mesin mati mendadak seperti overheating namun biasanya mesin yang mati mendadak perlu dilakukan overhaul.

5. Kepala busi basah

Ciri selanjutnya adalah kepala busi yang basah, hal ini dapat terjadi karena ada sistem yang rusak sehingga oli bisa masuk ke bagian busi. Jika didiamkan mobil bisa saja mati tiba-tiba di tengah jalan.

6. Suara mesin kasar

Jika suara yang dihasilkan oleh mesin mobil lebih keras dari biasanya, maka sebaiknya kalian segera bawa mobil ke bengkel untuk melakukan pengecekan. Jika tidak bisa jadi kerusakan akan semakin parah sehingga kalian harus melakukan major overhaul.

Baca juga: Biaya Tune Up Mobil di Bengkel Resmi & Umum Terupdate 2021

7. Oli bercampurkan dengan air

Jika kondisi oli pada mobil kalian menjadi berwarna coklat maka itu pertanda besar oli tercampur dengan air. Nah hal ini jika dibiarkan sangatlah berbahaya bagi kondisi mesin pada mobil. Segera lakukan overhaul sebelum terlambat.

Berapa biaya overhaul mesin?

Penasaran dengan berapa besaran biaya overhaul? Simak rincian lengkapnya di bawah ini:

Keperluan Biaya 
Ongkos jasa Rp 3 juta
Packing set Rp 1,5 juta
Piston Rp 1,8 juta
Stang piston Rp 325 ribu
Press stang piston Rp 150 ribu
Ring piston Rp 450 ribu
Engine mounting (jika perlu) Rp 630 ribu
Biaya komponen lainnya (lem, oli mesin, filter oli, persneling dan oli gardan) Rp 690 ribu
Total  Rp 8.395.000

 

Berikan proteksi pada mobil kesayangan kalian

asuransi mobil cekpremi

Pastikan mobil baru kalian terlindung dari segala biaya resiko kerusakan dengan asuransi! Seluruh  biaya kerusakan mobil akan ditanggung oleh produk asuransi mobil all risk! Selain itu juga kalian bisa menggunakan asuransi TLO (Total Loss Only) jika ingin premi dengan biaya yang lebih murah! Bandingkan dan pilih berbagai produk asuransi mobil terbaik dan terpercaya hanya di Cekpremi!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

banner asuransi mobil cekpremi