Tips Hemat Bulan Puasa Agar Liburan Lebaran Lebih Ringan

Bulan puasa

Tidak terasa tinggal menghitung hari, sebentar lagi akan memasuki bulan suci Ramadhan. Selama 1 bulan penuh Anda yang ikut merayakannya, akan melaksanakan puasa selama 1 bulan penuh. Pada bulan tersebut, bagi beberapa orang adalah waktu yang tepat untuk menghemat pengeluaran selama 1 bulan, karena setidaknya pengeluaran untuk makan 3 kali sehari berkurang menjadi 1 kali sehari saja, apalagi ditambah cemilan yang biasanya menemani hari-hari pun tidak akan ada selama bulan puasa, jadi seharusnya akan membantu menghemat pengeluaran.

Namun, faktanya ternyata tidak begitu yang terjadi jika menurut beberapa pengalaman orang-orang, nyatanya malah pengeluaran pada bulan puasa bisa bertambah menjadi 2 hingga 3 kali lipat. Hal itu tentu, karena banyak godaan yang ingin dinikmati, seperti memberi takjil atau lain sebagainya.

Jika demikian niat untuk berhemat selama bulan puasa pun tidak jadi dan akhirnya libur lebaran pun membuat Anda semakin berat, karena tidak menghemat dari awal. Maka itu, untuk membantu Anda sekalian, kami akan menyampaikan beberapa cara yang bisa dilakukan agar bisa berhemat selama bulan puasa.

Berikut ini tips hemat bulan puasa agar libur lebaran Anda lebih ringan, yaitu:

– Membuat menu selama 1 bulan
Tips pertama yang bisa Anda lakukan adalah dengan membuat menu berbuka atau sahur selama 1 bulan. Dengan begitu, Anda akan tahu berapa banyak pengeluaran Anda selama 1 bulan kedepan. Dengan membuat menu selama 1 bulan penuh juga akan mendorong Anda untuk mengolah makanan sendiri, selain lebih murah dan hemat, mengolah makanan sendiri pun lebih sehat untuk Anda.

– Belanja sebelum lebaran
Umumnya, mendekati lebaran harga-harga bahan pokok akan melonjak tinggi, bahkan untuk harga seperti baju, celana dan sepatu pun ikut melonjak. Agar tidak memberatkan Anda, kami menyarankan untuk belanja jauh sebelum lebaran. Sehingga, Anda lebih puas belanja dengan harga-harga yang murah, tidak menutup kemungkinan pula ada beberapa pusat perbelanjaan yang tawarkan potongan harga untuk Anda.

– Jangan terlalu banyak jajan saat bulan puasa
Salah satu godaan paling berat banyak orang adalah banyaknya cemilan saat bulan puasa, sehingga mendorong mereka untuk membeli makanan-makanan tersebut, namun akhirnya jadi mubazir. Jadi, kami menyarankan kepada Anda agar jangan terlalu banyak makan diluar saat bulan puasa, agar bisa membantu dalam berhemat.

– Batasi berbuka puasa di luar
Sama halnya dengan jajan di luar, berbuka puasa diluar oleh teman-teman juga merupakan godaan terbesar untuk beberapa orang. Sehingga, sangat sulit untuk menolaknya. Berbuka bersama dengan teman-teman memang boleh, akan tetapi ada baiknya Anda membatasinya jika ingin berhemat.

– Disiplinlah dalam menabung
Tips terakhir yang bisa Anda ikuti adalah dengan mulai mendisplinkan diri Anda sendiri dalam menabung. Semua hal tersebut, bisa Anda yakinkan pada diri sendiri, karena semua dimulai dari diri sendiri. Jika Anda berusaha dengan baik, tentu Anda akan dapat berhemat.

Demikian beberapa tips hemat selama bulan puasa yang bisa Anda lakukan, selamat mencoba semoga berhasil. Dan, selamat menunaikan ibadah puasa untuk Anda yang merayakan.

Leave a Reply

May 19, 2017

Posted In: Inspirational, Must See

Tags: ,

Leave a Comment

Kontak Cekpremi

Icon 21 Kebon Jeruk
BLok B no. 17 Jl. Meruya Ilir raya Srengseng - Kembangan
Jakarta Barat, ID 11620
Telp : 021-50517000


2014-2017 © PT. Reventon Mitra Pratama
DMCA.com Protection Status
Ikuti Kami