5 Tips Kredit Motor agar Proses Kredit Berjalan Lancar!

tips kredit motor

Last Updated on December 22, 2021 by Rhandy Verizarie

Motor memang sudah terbukti berguna untuk kehidupuan kita sehari-hari, tanpa adanya motor tentunya kita akan sulit melakukan aktivitas harian. Namun, harga motor yang tidak lah murah tentunya menyulitkan kita ketika ingin membeli dengan cash keras. Untungnya, ada metode kredit motor bisa dijadikan pilihan alternatif pembayaran. Pastikan Anda memperhatikan 5 tips kredit motor berikut ini agar proses kredit berjalan lancar dan aman!

Tips Beli Motor secara Kredit

Berikut ini adalah tips kredit motor bagi Anda yang ingin membeli motor impian dengan metode pembayaran ini. Dengan menerapkan sejumlah tips berikut ini, diharapkan kredit motor berjalan lancar dan Anda terhindar dari berbagai masalah di kemudian hari, termasuk kredit macet.

Apa saja tips-tips tersebut?

1. Pilih Dealer yang Terpercaya

dealer motor terpecaya

Tips pertama adalah dengan membeli motor di dealer yang terpercaya dan sudah punya reputasi. Pastikan jika dealer yang kamu kunjungi adalah dealer resmi sehingga bisa terhindar dari tindak penipuan.

2. Sesuaikan Harga Motor dengan Anggaran yang Dimiliki

Jika kalian sudah menemukan dealer yang terpercaya, maka selanjutnya adalah memilih harga motor yang sesuai dengan kemampuan finansial kalian. Hal ini dilakukan agar kalia terhindar dari hutang berkepanjangan hanya karena tidak mampu membayar cicilan motor.

3. Pilih Leasing yang Terbaik dan Terpercaya

leasing motor

Pastikan kalian memilih leasing yang sudah mempunyai reputasi tinggi dan terbukti memberikan suku bunga yang tidak besar. Seringkali dealer sudah memberikan daftar leasing yang sudah tersedia, nah dari daftar listing tersebut kalian bisa melakukan survey dengan mendatangi kantor leasing ataupun mencari informasi tentang leasing tersebut di internet. Pastikan angka bunga yang diberikan wajar dan tidak terlalu besar.

4. Hitung Kembali Biaya yang Diperlukan untuk Membeli Motor Kredit

Setelah semua biaya sudah diketahui, maka sesuaikan kembali dengan kekuatan finansial kalian Pastikan uang muka tidak menganggu kebutuhan pokok kalian dan juga biaya cicilan mampu kalian bayarkan setiap bulannya dengan lancar.

5. Berikan Asuransi pada Motor

asuransi motor

Jika Anda masih ada dana lebih, ada baiknya memberikan proteksi berupa asuransi kepada motor kesayangan kalian. Dengan memberikan asuransi, maka segala resiko kerugian biaya akibat kerusakan motor dapat ditanggung oleh perusahaan asuransi, jadi keuangan Anda akan lebih aman.

Anda bisa membandingkan berbagai asuransi motor terbaik di CekPremi dan memilih yang paling sesuai dengan kebutuhan. Selain itu, nikmati juga berbagai diskon premi dan promo-promo menarik lainnya.

Kelebihan dan Kekurangan Kredit Motor

Kredit motor tentunya memiliki kelebihan dan kekurangan. Mengetahui apa saja kelebihan dan kekurangan membeli motor secara kredit menjadi penting agar Anda tidak salah dalam mengambil langkah.

Berikut ini kelebihan dan kekurangan kredit motor secara umum:

1. Kelebihan Membeli Motor secara Kredit

  • Biaya uang muka yang dikeluarkan tidak terlalu mahal
  • Bisa memilih biaya cicilan yang sesuai dengan kemampuan finansial
  • Tidak perlu harus dilunasi terlebih dahulu, motor bisa langsung dibawa pulang

2. Kekurangan Membeli Motor secara Kredit:

  • Ada bunga yang harus dibayarkan sehingga harga motor kredit lebih mahal sedikit
  • Harus disiplin dalam membayar cicilan, jika tidak ingin terkena bunga

Itu dia informasi mengenai tips kredit motor beserta kelebihan dan kekurangannya yang perlu Anda ketahui. Semoga bermanfaat, ya!

About Andrian

Passionate SEO person, and love to bring people the right information that they want. Please enjoy our article and hopefully the information that we serve is fulfilling your needs :)

View all posts by Andrian →