Mari Simak 9 Komponen Rem Tromol pada Mobil beserta Fungsinya!

Apr - 19
2021
komponen rem tromol

Mari Simak 9 Komponen Rem Tromol pada Mobil beserta Fungsinya!

Rem tromol merupakan salah satu komponen penting yang harus dijaga performanya. Jika rem tromol tidak dirawat dengan baik, maka kemungkinan besar dapat menyebabkan terjadinya kecelakaan. Oleh karena itu, mari kita simak ada apa saja komponen rem tromol yang terdapat pada mobil!

1. Sepatu rem dan kampas

Sepatu rem merupakan tempat yang digunakan untuk menyimpan kampas rem. Bentuk dari kampas rem sendiri menyerupai lingkaran. Kampas rem biasanya terbuat dari bahan keramik.

2. Backing plate

Terletak tepat di belakang sistem rem tromol, kompinen ini berperan sebagai pelindung dari bagian rem tromol lainnya. Bentuknya yang memiliki banyak lubang dan tonjolan berfungsi agar semua komponen dari rem tromol dapat bekerja semaksimal mungkin.

3. Silinder roda

Fungsi utama dari silinder roda itu sendiri adalah untuk mengubah tekanan fluida menjadi gerakan mekanis. Silinder roda yang digunakan pada rem tromol adalah tipe wheel cylinder. Fungsi penggunaan silinder roda di rem tromol adalah untuk memastikan sistem pengereman berjalan dengan baik.

4. Brake shoe holder

Komponen satu ini adalah komponen pelengkap untuk sepatu rem pada rem tromol. Gunanya dari brake shoe holder adalah untuk memastikan sepatu rem tromol bekerja dengan efektif.

5. Brake shoe adjuster

Terletak di bawah rem tromol, komponen ini berfungsi untuk penyetel celah antara kampas rem tromol dengan permukaan tromol saat pedal rem tidak ditekan.

6. Return spring

Return spring berfungis untuk mengembalikan posisi sepatu rem setelah proses pengereman berlangsung. Terdapat 2 bagian dari return spring yaitu upper spring yang berguna untuk mengembalikan posisi sepatu rem ke posisi awal dan lower spring yang berguna untuk menjaga posisi dua buah sepatu rem tromol agar bisa menekan bagian adjuster

7. Parking brake lever

Komponen satu ini merupakan yang membedakan antara rem tromol pada mobil dan pada motor. Di dalam sistem kerjanya parking brake lever terbagi menjadi 2 yaitu park brake lever dan brake shoe link.

8. Rem tromol

Komponen selanjutnya yang kita bahas adalah rem tromol itu sendiri. Terbuat dari baja tuang, fungsi utama rem tromol adalah sebagai media gesekan bersama dengan kampas rem dengan tujuan untuk bisa menghentikan perputaran roda.

9. Parking brake cable

Kabel baja ini berfungsi untuk menarik sistem rem tromol dan selain itu juga kabell ini menjadi penghubung antara gerakan tuas rem parkir dengan parking brake lever yang terdapat pada sistem rem tromol.

Berikan proteksi kepada mobil kesayangan anda!

Setelah membaca artikel tentang apa saja bagian dari rem tromol, ada baiknya kalian memberikan perlindungan lebih kepada mobil kalian dengan asuransi. Pastikan kalian terhindar dari segala resiko kerusakan mobil yang membuat dana kalian tentunya terkuras. Pilih dan bandingkan berbagai pilihan produk asuransi mobil hanya di Cekpremi!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

banner asuransi mobil cekpremi