Tips Liburan Ala Backpacker yang Nyaman dan Aman

liburan backpacker

Banyak orang yang menganggap jika berlibur harus membutuhkan biaya yang besar. Jika kamu menginginkan berlibur dengan biaya yang hemat, kamu dapat mencoba liburan ala backpacker.

Lalu, kenapa liburan backpacker dapat dikatakan lebih menghemat biaya? Simak penjelasan dan tipsnya berikut ini, yuk!

5 Tips Liburan Ala Backpacker

Liburan backpacker jika diartikan adalah liburan ala ransel, namun pengertian sederhananya adalah, liburan tanpa harus mengeluarkan banyak biaya. Karena kamu hanya cukup membawa ransel dan dapat pergi berlibur kemana saja sesuai keinginan.

Berlibur ala backpacker juga dianggap lebih sederhana, dan tidak serumit liburan pada umumnya. Selain tidak perlu membawa banyak barang bawaan, dan lebih praktis, namun kamu tidak dapat menganggap remeh.

Karena dibutuhkan kehati-hatian ketika kamu akan berlibur, sehingga liburan akan terasa aman dan juga nyaman. Berikut ini adalah tips liburan ala backpacker, yaitu:

1. Memastikan Barang Bawaan Secukupnya

Saat berlibur ala backpacker, kamu tidak membawa barang bawaan yang banyak. Sehingga kamu perlu memastikan apa saja barang bawaan yang akan dibawa.

Pastikan barang yang akan kamu bawa apakah sesuai dan cukup selama waktu kamu berlibur. Jangan lupakan barang penting seperti obat-obatan pribadi, dan lain sebagainya. Meskipun sederhana, namun jangan lupakan barang penting kamu, ya.

2. Memilih Destinasi Ramah Backpacker

Tidak seluruh destinasi wisata dapat dikatakan aman untuk kamu melakukan liburan ala backpacker. Sehingga pastikan dan pilih lokasi yang tepat sebelum berlibur.

Jika kamu memilih tempat tujuan yang ramah untuk backpacker, dapat membuat liburan terasa lebih aman dan nyaman. Sehingga kamu tidak merasa kesulitan dan terhindar dari tindak kriminal.

3. Mencari Informasi Terkait Tempat Tujuan Selengkap Mungkin

Hal ini dapat membantu kamu untuk mengetahui informasi terkait lokasi tujuan berlibur. Sehingga kamu tidak akan tersesat, atau merasa bingung dan terhindar dari hal yang tidak diinginkan.

Jika kamu mengetahui informasi selengkap mungkin, kamu dapat merasa aman karena secara tidak langsung kamu telah cukup banyak mengetahui tempat tujuan yang menjadi lokasi berlibur.

4. Mencari Tempat Penginapan yang Murah

Sesuai dengan istilah backpacker, yaitu tidak membutuhkan biaya yang besar, maka kamu dapat mencari tempat penginapan yang murah pada lokasi tujuanmu. Hal ini tentu bertujuan untuk menghemat pengeluaran selama berlibur.

Kamu dapat mencari informasi mengenai penginapan yang memiliki harga murah, namun keamanan tetap terjaga. Saat ini kamu dapat menemukan tempat penginapan yang terjamin keamanannya dengan harga terjangkau.

5. Menggunakan Transportasi Umum

Menggunakan transportasi umum tentunya dapat menghemat pengeluaran saat berlibur. Kamu dapat mencari informasi terkait transportasi umum yang tersedia di destinasi yang akan dikunjungi.

Sehingga kamu dapat mengetahui biaya yang harus dikeluarkan untuk berkeliling, serta keamanan dari transportasi umum tersebut. Jika memungkinkan, kamu juga dapat berjalan kaki saat berkeliling untuk menikmati suasana sekitar dan membuat tubuh sehat.

Kamu juga dapat bersosialisasi dengan masyarakat setempat, selain menambah pengalaman, hal tersebut juga dapat membuat kamu dekat dengan mereka. Sehingga secara tidak langsung kamu akan merasa aman saat berlibur di tempat tersebut.

Memastikan hal-hal tersebut sangat penting kamu lakukan, agar liburan tetap terasa aman dan nyaman. Salah satu hal lain yang dapat membuat kamu merasa aman saat berlibur, yaitu jika kamu menggunakan asuransi.

Kamu dapat memilih produk asuransi yang ingin digunakan melalui bantuan Cekpremi. Apakah kamu ingin menggunakan asuransi untuk diri sendiri, selain itu jika kamu dapat menggunakan asuransi perjalanan.

Sehingga kamu akan diberikan perlindungan selama melakukan perjalanan, baik di dalam maupun luar negeri. Kamu juga dapat mendapat perlindungan dari resiko seperti penundaan atau pembatalan penerbangan, serta kehilangan bagasi.

Pertanyaan Seputar Liburan Ala Backpacker

Meskipun liburan jenis ini dikenal sebagai liburan hemat dan praktis, namun kamu harus tetap melakukan perencanaan yang matang saat berlibur. Berikut ini adalah beberapa pertanyaan seputar liburan ala backpacker, yaitu:

[sc_fs_multi_faq headline-0=”h6″ question-0=”Bagaimana menjadi seorang backpacker?” answer-0=”Kamu cukup membawa barang seperlunya, serta tidak mengeluarkan biaya berlebih seperti untuk menginap, atau gunakan transportasi umum dan berjalan kaki agar dapat menghemat biaya. ” image-0=”” headline-1=”h6″ question-1=”Apa tujuan dari backpacker?” answer-1=”Kelebihan perjalanan backpacker, yaitu kamu dapat meminimalisir pengeluaran untuk berlibur. Selain itu, kamu bisa mendapatkan pengalaman menarik. ” image-1=”” count=”2″ html=”true” css_class=””]