Tips Makanan Sehat Saat Di Kantor

makan sehat
image source nyata.co.id

Mengkonsumsi makanan sehat saat di tempat kerja merupakan tantangan tersendiri bagi banyak orang. Penyebab utamanya adalah kesibukan saat di kantor yang membuat tidak adanya waktu untuk menikmati/menyantap makanan sehat, makanan yang umumnya dijual bebas diluar biasanya makanan yang praktis (instan) dan tidak memiliki kandungan gizi yang cukup baik, dan tantangan lainnya karena makanan sehat biasanya tidak disukai dan dikalahkan dengan makanan cepat saji. Namun, pada makanan tidak sehat tentu dapat merongrong kesehatan Anda disamping itu dapat membuat kelebihan berat badan.

Solusi untuk makanan sehat Anda. Walaupun terlihat lebih sulit dan tak gampang, tetapi Anda bisa membenahi pola makan Anda menjadi lebih baik, dari sebelumnya. Berikut adalah beberapa solusi praktis untuk Anda yang sibuk saat bekerja.

Sarapan Pagi

Sarapan akan bisa meningkatkan produktivitas karena dapat mengurangi kelelahan tubuh, rasa kantuk dan membantu agar Anda dapat berkonsentrasi dalam berfikir dengan baik. Pada saat Anda bangun tidur, metabolisme otak meningkat sehingga dibutuhkan glukosa sebagai tenaga untuk tubuh. Glukosa dalam tubuh pada pagi hari menurun karena Anda tidak makan semalaman ketika tidur.

Menu sarapan yang baik adalah makanan yang memerlukan waktu untuk dicerna oleh tubuh, misalnya roti gandum dengan telur dadar, atau masih banyak lagi makannan sehat yang bisa kita buat sendiri.

Makan Siang

Makan siang di tempat kerja sangatlah penting karena selain untuk mengisi perut, makan disaat siang jug merupakan waktu agar tubuh Anda beristirahat sejenak disaat lelah bekerja.

Perhatikan juga menu pada makan siang yang kita pilih. Boleh saja sesaat sesekali Anda makan siang di pinggir jalan ataupun restoran dengan menu yang kurang sehat. Tetapi, janganlah setiap hari agar tubuh selalu tetap sehat. Makan di luar boleh-boleh saja, dengan syarat tetap dapat memenuhi kebutuhan pada tubuh terhadap serat, protein dan karbohidrat sesuai porsinya sendiri. Menu makan siang yang baik ialah 50% sayur dan buah, 25% protein dan 25% karbohidrat. Cukup untuk menjaga asupan gizi untuk tubuh Anda saat bekerja.

Makanan Ringan/Cemilan

Menikmati cemilan mungkin timbul karena adanya rekan kerja Anda yang membawa makanan kecil tersebut atau kue-kue yang disediakan ketika meeting ditempat kerja. Diet sehat bukan berarti tidak pantang menikmati cemilan, jadi boleh-boleh saja ngemil asal tahu aturannya.

Aturan ngemil ialah memperhatikan porsi dan kalori pada cemilan. Hindari juga makanan yang digoreng karena mengandung lemak yang berlebih. Menu cemilan yang sehat ialah makanan yang direbus seperti ubi atau pisang rebus, biskuit gandum, manfaat youghurt atau dark chocolate.

Teh dan Kopi

Teh dan kopi biasa menemani Anda keseharian di kantor Anda. Bagi sebagian orang meminum teh dan kopi sudah menjadi kebiasaan. Bahkan, tubuh terasa bisa saja tidak bertenaga jika belum minuman ini. Mengkonsumsi teh atau kopi boleh-boleh saja asal tidak terlalu banyak dan sesuai porsi, tidak berlebihan.

Porsi teh atau kopi yang diperbolehkan ialah 1 sendok teh atau kopi dengan gula setengah dari sendok dan tidak melebihi 2 cangkir sehari. Akan tetapi lebih baik jika tidak dicampur creamer atau gula karena akan meningkatkan kalori pada tubuh.

Makan malam

Untuk makan malam, porsi karbohidrat dapat dikurangi. Jika Anda harus lembur dan lebih memilih untuk makan di rumah, untuk menahan rasa lapar, Anda dapat memilih snack/makanan ringan yang sehat atau buah-buahan. Menu makan malam yang disarankan adalah berupa sayuran, protein atau buah-buahan.
Makan dengan porsi dan komposisi yang tepat, akan membantu Anda memiliki cukup energy pada tubuh untuk melakukan hari-hari yang sibuk, dapat terhindar dari penyakit, menjaga berat badan agar tetap ideal dan penampilan fisik tetap terjaga. Sehingga terhindar dari ancaman terserang penyakit.

 

Bunga
Tips makanan sehat anda saat dikantor. Lengkapi perlindungan kesehatan anda dengan asuransi kesehatan . Cek premi termurahnya disini (klik gambar)

Leave a Reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

May 13, 2015

Posted In: Health, Lifestyle

Tags: , , ,

Leave a Comment

Kontak Cekpremi

Icon 21 Kebon Jeruk
BLok B no. 17 Jl. Meruya Ilir raya Srengseng - Kembangan
Jakarta Barat, ID 11620
Telp : 021-50517000


2014-2016 © PT. Reventon Mitra Pratama
DMCA.com Protection Status
Ikuti Kami