Tips Memastikan Pembalut Yang Aman

Pembalut
health.kompas

Jika diurutkan kebutuhan pokok wanita, maka salah satu yang akan menempati urutan teratas adalah pembalut. Saking pentingnya, sekitar 67 juta wanita usia subur di Indonesia membuat persediaan pembalut setiap bulannya. Karena mereka setidaknya membutuhkan 1,4 miliar pembalut perbulannya. Mengingat amat dibutuhkannya pembalut, maka dibutuhkan kebijakan dalam hal memilih dan menggunakannya.

Namun akhir-akhir ini ada kabar kurang mengenakan mengenai produk pembalut yang beredar dipasaran. Belakangan ditemukan pembalut yang menggunakan bahan berbahaya klorin oleh Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI). Tidak tanggung-tanggung hasil penelitan YLKI mengungkapkan ada 9 jenis pembalut yang berbahaya.

Jadi, sekarang bagi para wanita dituntut harus lebih selektif lagi memilih pembalut yang aman. Diperlukan informasi serta pengetahuan yang cukup saat hendak memilih dan membeli pembalut. Untuk sedikit meringankan anda pada saat memilihnya, berikut ini adalah tips memastikan pembalut yang aman.

Memiliki izin edar

Semua produk resmi yang beredar dipasaran tentunya memiliki izin edar yang dikeluarkan oleh Departemen Kesehatan (Depkes) RI, atau juga Kemenkes RI. Nomor izin tersebut bisa anda lihat pada kemasan. Tentu saja Depkes RI dan Kemenkes RI memiliki standar kualitas tertentu, dan juga mutunya lebih terjaga yang sudah diuji di laboratorium. Jadi dengan memilih produk yang memiliki izin edar tentunya keamanan akan lebih terjaga.

Berwarna putih

Pembalut yang sudah Standar Nasional Indonesia (SNI) adalah berwarna putih dan bersih. Jadi diperlukan proses pemutihan bahan atau biasa disebut bleaching saat pembuatannya. Akan tetapi, proses tersebut harus dilakukan sesuai dengan standar keamanan yang berlaku.

Kemasan utuh saat dibeli

Tentu ada sedikit keganjilan apabila kita membeli sesuatu namun ukurannya tidak sesuai atau sudah tidak utuh lagi. Selain itu penting juga untuk memperhatikan kondisi kemasan saat membeli, jika ditemukan kemasannya sudah rusak bisa dipastikan bahwa pembalut tersebut sudah tidak steril lagi untuk digunakan. Jangan lupa juga untuk mengecek tanggal kadaluarsa yang tertera di depan kemasan.

Di atas adalah trik sederhana untuk memastikan bahwa pembalut yang akan anda beli aman untuk anda. Namun hal yang paling utama sebenarnya adalah menjaga kesehatan diri anda sendiri.

 

Pembalut
Lindungi kesehatan anda dengan asuransi kesehatan. Cek premi termurahnya disini (klik gambar)

Leave a Reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

July 9, 2015

Posted In: Health, Tips & Tricks

Tags: , , ,

Leave a Comment

Kontak Cekpremi

Icon 21 Kebon Jeruk
BLok B no. 17 Jl. Meruya Ilir raya Srengseng - Kembangan
Jakarta Barat, ID 11620
Telp : 021-50517000


2014-2016 © PT. Reventon Mitra Pratama
DMCA.com Protection Status
Ikuti Kami