Jangan Asal, Ini Tips Membeli Mobil Lelang Biar Untung Maksimal!

Jun - 06
2021
tips membeli mobil lelang

Jangan Asal, Ini Tips Membeli Mobil Lelang Biar Untung Maksimal!

Ada banyak jalan menuju Roma alias banyak cara untuk Anda mewujudkan keinginan. Termasuk ketika Anda ingin memiliki mobil walaupun hanya memiliki budget terbatas. Bisa dengan kredit ataupun lelang. Kali ini Cekpremi akan membahas lebih detail tentang tips membeli mobil lelang agar bisa mendapatkan untung maksimal dan harga miring.

Untuk membeli mobil lelang bisa dilakukan di beberapa balai lelang pemerintah maupun swasta. Bahkan saat ini Anda bisa ikut lelang kendaraan secara online lho! Lalu, apa tips dan triknya?

Daftarkan Gratis !

Dapatkan penawaran MENARIK dan diskon BESAR dari kami

I agree to have my personal information transfered to MailChimp ( more information )

I will never give away, trade or sell your email address. You can unsubscribe at any time.

Tips Membeli Mobil Lelang Biar Cuan

mobil lelang murah

Cari Tau Tata Cara Lelang

Setiap balai lelang memiliki tata cara masing-masing dalam melelang kendaraan bekas. Tentunya sebelum mempersiapkan tahap lainnya, Anda perlu mengetahui terlebih dahulu tata cara lelang pada Lembaga tersebut. Cari tau juga bagaimana sistem transaksi keuangannya. Apakah ada uang jaminan, kapan pelunasan, cara pengambilan, dan hal lainnya.

Baca juga: Ikuti Panduan Ini Bila Ingin Membeli Mobil Lelang yang Berkualitas

Pilih Mobil Idaman

Pihak balai lelang biasanya akan membagikan mobil apa saja yang dilelang, berikut dengan jenis, tahun produksi, spesifikasi, dan lainnya. Anda bisa mulai mencari tau dan memilih mana yang menjadi incaran. Untuk lelang offline Anda bisa mengikuti open house atau cek unit secar fisik di pool lokasi unit.

Cek Nomor Rangka dan Nomor Mesin

Setelah menentukan mobil idaman, jangan lupa cek dokumen unit tersebut, seperti BPKB dan STNK. Ini salah satu unsur penting selain melihat interior, eskterior, dan mesin mobil. Nomor rangka dan nomor mesin juga perlu Anda cek kesesuaiannya dengan informasi yang diberikan oleh balai lelang.

Baca juga: Cermati 6 Tips Membeli Mobil Bekas Agar dapat Mobil Berkualitas!

Bandingkan Harga Mobil di Pasaran

Perlu diingat untuk tidak langsung berpatokan harus mengambil mobil incaran. Jangan sampai Anda terjebak over-priced alias kemahalan. Carilah informasi harga mobil yang Anda incar di pasaran sehingga bisa jadi patokan saat melakukan penawaran.

Pilih Lembaga Lelang Terpercaya

Ada banyak Lembaga lelang di Indonesia, mulai dari pihak swasta, seperti IBID Balai Lelang Serasi, Bidwin, dan JBA hingga pemerintahan, seperti KPK atau Lelang Indonesia. Perbedaan dari balai lelang adalah sumber dari mana barang atau mobil itu berasal. Jadi pastikan untuk memilih Lembaga yang terpercaya.

Pastikan Jaringan Stabil

Ada tips membeli mobil lelang online nih! Pastikan jaringan Anda stabil. Jangan sampai mobil incaran lenyap karena jaringan yang error saat proses bidding.

Bawa ke Bengkel Jika Menang Lelang

Apabila dalam proses lelang ternyata Anda adalah salah satu pemenangnya, segera bawa mobil tersebut ke bengkel langganan. Tujuannya adalah untuk mencari tau bagaimana onderdil dalam mobil yang tak kasat mata dan menghindari kerusakan yang lebih besar serta biaya perbaikan yang lebih mahal.

Kelebihan Membeli Mobil Lelang

kelebihan mobil lelang

Harganya Murah

Tentunya mobil lelang memiliki harga lebih murah dibandingkan dealer atau distributor konvensional. Jika dihitung, bahkan bisa hemat hingga 30% lho! Terlebih lagi jika bisa mendapatkan kondisi mobil yang masih mulus, tanpa kerusakan berarti. 

Baca juga: Apa yang Harus Dilakukan Setelah Beli Mobil Bekas? Simak 4 Hal Penting Ini!

Kendaraan Berkualitas 

Pihak balai lelang akan selalu memastikan bahwa mobil-mobil yang dilelang memiliki kualitas tinggi. Jadi bisa dipastikan mobil tersebut siap untuk digunakan tanpa perlu banyak perbaikan ataupun modifikasi. 

Banyak Model Vintage 

Selalu ada peminat untuk mobil-mobil klasik. Nah, banyak orang yang mengincar mobil lelangan karena biasanya banyak mobil-mobil kuno yang dijual. Harapannya adalah bisa membawa pulang mobil kalsik dengan harga yang pas di kantong. 

Bekas Kendaraan Armada

Beberapa perusahaan sering mengadakan pembaruan pada armada mereka setelah beberapa tahun atau beberapa kilometer. Sehingga mobil lelang biasanya masih dalam keadaan prima. 

Tips membeli mobil lelang di atas bisa Anda terapkan untuk mendapatkan mobil idaman dengan harga miring. Jangan lupa untuk menambahkan asuransi mobil untuk melindungi dari kerugian keuangan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *