Tips Membeli Mobil Matic Bekas Agar Tidak Rugi di Kemudian Hari

beli mobil bekas

Mobil sudah menjadi kebutuhan yang mendukung mobilitas sehari-hari. Banyak masyarakat yang mencari mobil sesuai kebutuhannya, baik beli mobil bekas maupun baru. Contohnya mobil matic bekas.

Contohnya seperti mobil matic bekas yang cocok untuk dibawa bepergian karena matic terkenal dengan mudah dibawa karena tidak membuat kaki pegal.

Apa saja sih yang harus kamu perhatikan saat membeli mobil matic bekas?

Tips Membeli Mobil Matic Bekas 

  • Ketahui Harga Mobil Matic Murah Di Pasaran

Sebelum kamu membeli mobil, kamu perlu memperhatikan hal-hal lain seperti harga jenis mobil yang diinginkan. Kamu bisa cek/riset harga di pasaran online maupun tempat jualan mobil lainnya.

Dengan kamu menggunakan cara ini, kamu bisa mengetahui perbandingan harga mobil matic bekas di pasaran dan mengurangi resiko penipuan.

Tak jarang juga ditemukan banyak penjual yang menjual mobil matic bekasnya dengan harga standar di pasaran, tetapi ternyata mobil yang dijual itu rusak bahkan ada yang tidak layak pakai. 

Karena jika kamu membeli murah dan tidak mengetahui kondisinya, kamu akan rugi di masa depan. Bisa saja kamu kan bolak-balik bengkel.

Jadi kamu harus tetap hati-hati ya!

  • Teliti Memeriksa Kondisi Mobil

Setelah memilih jenis mobil yang diinginkan. Selanjutnya kamu harus mengecek kondisi mobil bekas itu dengan teliti.

Selain mengecek bodi mobil, kamu juga perlu mengecek komponen lain seperti lampu, ban, kaca, dan aksesoris lain, hingga yang penting adalah kondisi mesinnya.

  • Cek Kondisi Mesinnya

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, kamu sangat perlu mengecek kondisi mesinnya. Untuk memeriksa kondisi mesin, kamu harus menghidupkan mobil tersebut. Biasanya ketika mesin mobil dinyalakan akan terlihat mobil matic bekas yang kamu akan beli tersebut masih berfungsi normal atau tidak. Nantinya kamu akan mengetahui perbedaan mesin mobil bekas yang layak pakai maupun tidak. 

  • Jangan Lupakan Untuk Memeriksa Bagian Interior 

Selain memeriksa bagian luar mobil, kamu juga harus memeriksa interior mobil matic bekas tersebut. 

Bagian interior mobil yang bisa kamu periksa yaitu AC, rem tangan, lampu kabin, lampu hazard, dashboard, speedometer, audio,  sabuk pengaman, dan komponen lainnya.

Dengan kamu melakukan pemeriksaan secara menyeluruh, kamu bisa mengetahui mobil matic bekas tersebut masih layak digunakan atau tidak. 

  • Perhatikan Nomor Seri dan Nomor Rangka

Langkah selanjutnya yang harus dilakukan sebelum membeli mobil matic bekas yaitu memeriksa nomor seri dan nomor rangkanya. 

Jika kamu menemukan ketidakcocokan atau kesalahan antara nomor rangka dan nomor mesin dengan surat-suratnya, hati-hati ya! bisa jadi itu hasil curian orang lain.

  • Periksa Surat-Surat Resmi

Hal penting yang perlu kamu lakukan adalah memeriksa surat-surat resmi kendaraan tersebut.

Surat-surat resmi ini meliputi BPKB dan STNK. Kedua surat tersebut harus sesuai dengan plat nomor dan nama pemiliknya.

Ini bisa menghindari kerugian dan penipuan.

  • Lebih Baik Lakukan Test Drive 

Untuk lebih memastikan mobil matic bekas yang ingin kamu beli masih layak pakai dan mesin masih berfungsi, sebaiknya kamu melakukan test drive sebelum membeli mobil tersebut.

Metode lain yang sama pentingnya adalah memeriksa kilometer pada speedometer mobilnya. Banyak orang memilih mobil otonom murah dengan nomor speedometer rendah.

  • Siapkan Dana Cadangan

Kadang kita menemukan mobil yang kita inginkan namun nyatanya  mobil itu sudah bekas lebih dari 5 tahun. Nah, kamu bisa menyiapkan dana cadangan atau dana lebih untuk biaya lanjutan dari pemakaian mesin yang sudah mau rusak.

Keuntungan Beli Mobil Bekas

  • Harga Mobil Bekas Lebih Murah

Keuntungan beli mobil bekas yang pertama adalah harga lebih murah. Umumnya Mengalami penurunan harga sekitar 15% hingga 25% persen setiap lima tahunnya. 

Oleh karena harga yang terjangkau itu, beberapa pemilik usaha seperti catering atau rental mobil rumahan banyak yang mengandalkan mobil bekas sebagai armadanya. 

Ketika kamu beli mobil bekas, ternyata bisa lho  mengajukan kredit. 

Bahkan beberapa lembaga keuangan atau perbankan banyak memberikan program penawaran kredit mobil bekas. Seperti uang muka rendah, bunga rendah, hingga hadiah langsung.

  • Nego Harga

Keuntungan lain yang bisa kamu rasakan adalah menego hargaya. 

Misalnya kendaraan dengan bodi sudah tidak mulus, interior ada yang rusak, serta surat-surat tidak lengkap, itu bisa dibandrol dengan harga yang murah. 

Kalau kamu pintar dalam bernegosiasi apalagi dibidang jual-beli, kamu bisa mendapatkan harga yang hampir mendekati budget mu.

  • Bisa Langsung Digunakan

Berbeda dengan mobil baru yang perlu menunggu beberapa minggu atau bahkan sampai bulanan untuk mendapat dokumen seperti STNK dan BPKB. 

Mobil bekas yang kamu beli bisa langsung digunakan. Setelah melakukan pembayaran, kamu bisa langsung jalan-jalan.

Oleh karenanya, buat kamu yang ingin buru-buru naik mobil sendiri bisa banget beli mobil bekas. 

  • Lebih Variatif

Keuntungan lainnya ketika kamu membeli mobil bekas adalah pilihan yang lebih bervariatif. Mulai dari merek, jenis, tipe, tahun keluaran, hingga harganya.  Kamu bisa memiliki kebebasan dalam memilih mobil bekas dengan kriteria yang lebih sesuai dengan budget serta kebutuhan kamu.

Itu tadi hal-hal yang harus kamu perhatikan dan keuntungan dari membeli mobil matic bekas. Selain mengetahui hal-hal yang diperhatikan dan keuntungan dari membeli mobil matic bekas, kamu juga perlu memberikan perlindungan seluruhnya terhadap mobil kamu dengan menggunakan asuransi mobil pada kendaraan yang kamu miliki. Cek laman Cekpremi yang akan membantu merekomendasikan beberapa asuransi mobil yang kamu butuhkan.

Pertanyaan seputar Asuransi Mobil

Apa yang dimaksud dengan asuransi mobil?

Dilansir dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK), asuransi kendaraan atau asuransi mobil merupakan pemberian manfaat dari perusahaan asuransi berupa ganti rugi atas kerugian dan atau kerusakan pada kendaraan bermotor.

Apa saja manfaat asuransi mobil?

Saat kamu mengalami kejadian yang mengharuskan asuransi mobil dibutuhkan, manfaat yang akan kamu dapatkan jika mengikuti asuransi mobil yaitu membantu proteksi kendaraan, mengurangi kerugian, investasi kendaraan, dan lain-lain.