Tips Memilih Ban Mobil dengan Tepat Agar Berkendara Aman dan Nyaman

Ban Mobil dari Dekat

Salah satu faktor keselamatan dalam berkendaraan adalah memilih ban mobil. Ban mobil terbaik dapat berpengaruh pada peningkatan fungsi pengereman, peredam guncangan, memperbaiki fungsi setir mobil, sampai menjadi penopang seluruh beban yang ada pada mobil. Memilih ban mobil terbaik bertujuan dapat membuat perjalanan Kamu aman, nyaman dan menyenangkan.

Banyak hal yang harus kita perhatikan dalam pemilihan ban mobil terbaik yaitu cuaca, kondisi jalan, gaya mengemudi, dan jenis mobil. Berikut ini tips memilih ban mobil berdasarkan jenis mobil, berikut beberapa jenis ban mobil yang umumnya sering digunakan oleh perusahaan otomotif dunia. 

  • All Terrain / AT

Tipe ban all terrain atau sering disebut ban AT adalah ban yang dapat digunakan dalam berbagai medan untuk melintas baik on-road maupun off-road. Ban AT memiliki kontur tapak yang cukup kasar tapi masih memungkinkan untuk digunakan pada jalanan aspal. 

Adapun kelebihan lainnya dari ban ini adalah memiliki cengkraman yang lumayan kuat pada medan offroad dan tidak terlalu bising jika digunakan pada medan on road akan tetapi jenis ban ini sangat tidak cocok digunakan pada medan full off road seperti lumpur, bebatuan, dan medan berair. Ban tipe ini sangat cocok untuk Kamu yang memiliki mobil jenis SUV atau JEEP.

  • Mud Terrain / MT (Off-Road)

Ban tipe ini mirip dengan ban tipe all Terrain hanya saja ban ini dirancang khusus untuk medan full offroad, jika alur tapak ban pada all terrain dibuat untuk memecah genangan air maka pada ban MT dibuat dengan alur yang lebih longgar adalah untuk membantu cengkraman saat melewati jalan bebatuan dengan sifat menggaruk dan memberikan efek mendayung pada jalan berlumpur atau berair. Ban ini juga cocok digunakan mobil jenis SUV atau JEEP.

  • Highway Terrain / HT

Ban highway terrain diperuntukkan untuk digunakan pada mobil yang lebih banyak melintas di jalan yang beraspal karena kontur tapak dari ban ini lumayan rapat sehingga hambatannya minim dibandingkan tipe ban yang telah disebutkan sebelumnya. Hasilnya, kinerja mesin jadi lebih ringan yang membuat mobil melaju lebih cepat, dan juga tipe ban ini dapat membuat ban lebih senyap ketika digunakan di jalan beraspal. Tipe ban ini sering kita temukan di jalanan perkotaan seperti mobil City Car, Hatchback, MPV atau pun mobil sedan dan juga tidak jarang ditemukan pada mobil balap. Selain itu tipe ban ini juga layak dipasangkan pada mobil jenis SUV dan JEEP

  • Comfort

Jenis ban ini hampir mirip dengan ban HT hanya saja tipe ban ini memiliki kontur tapak ban melintang dan menyambung dengan jarak yang rapat serta cenderung lebih lurus yang bertujuan untuk meredam kebisingan. Ban jenis ini didesain dengan karet tebal dan lebar untuk mengurangi goncangan dan memungkinkan ban melaju mulus di atas permukaan jalan.

  • Performance

Tidak hanya ban highway terrain yang bisa digunakan pada mobil balap, tapi jenis ban yang satu ini juga banyak digunakan pada mobil balap yang dikhususkan untuk membuat kendali mobil lebih stabil. Hal ini karena ban ini memiliki alur yang lebih sedikit agar ban tetap ngegrip nempel ke aspal. Namun ban ini tidak cocok digunakan saat hujan atau jalan yang berair karena sedikit alir pada ban yang membuat ban licin.

  • Eco

Ban ini khusus dirancang untuk menghemat bahan bakar dengan terdapat lapisan silika sehingga grip daya cengkraman ban ke jalan menjadi lebih baik. Lapisan silika membuat ban rolling resistance berkurang sehingga membuat mobil gampang melaju tanpa membuat bahan bakar menjadi boros.

  • Tubeless

Tipe ban yang satu ini memiliki banyak manfaat yaitu lebih tangguh dan tak mudah kempes saat digunakan, ban tubeless juga dapat mencengkram permukaan lebih kuat pada saat menikung atau bermanuver pada kecepatan tinggi, ban tubeless juga tahan bocor, stabil pada kecepatan tinggi, dan walaupun bocor ban tubeless masih dapat digunakan setidaknya untuk pergi ke tukang tambal ban. Dibalik banyaknya manfaat yang diberikan ban dengan tipe ini memiliki kekurangan yaitu harga yang relatif lebih mahal dibanding dengan ban tipe tubetype. Selain itu ban tubeless relatif memiliki umur yang singkat yaitu dibawah satu tahun penggunaan.

Itulah beberapa tips memilih ban mobil yang sesuai dengan kebutuhan Kamu agar pengalaman berkendaraan Kamu aman dan menyenangkan. 

Setelah mengetahui bagaimana memilih ban terbaik untuk mobil Kamu tidak menutup kemungkinan terjadinya hal yang tidak diinginkan pada saat berkendara, seperti mobil Kamu tergores, hilang, bahkan rusak akibat kecelakaan. Oleh sebab itu lebih baik mobil Kamu sudah terdaftar asuransi. Cekpremi menyediakan beberapa kompensasi seperti biaya perbaikan bahkan ada jaminan penggantian untuk mobil Kamu. 

Yuk daftarkan asuransi mobilmu di cekpremi

Pertanyaan Seputar Ban dan Asuransi  Mobil Terbaik

Banyak pertanyaan yang muncul seputar ban mobil dan asuransi mobil. Berikut hal yang sering dipertanyakan terkait kedua hal tersebut.

Berapa lama usia pakai ban mobil ?

Pemakaian ban mobil yang ideal itu adalah selama 3 tahun untuk ban jenis tubetype dan 1 tahun untuk ban jenis tubeless.

Apa itu asuransi mobil ?

Asuransi mobil adalah jaminan yang diberikan dalam bentuk perlindungan atau produk proteksi dari kerugian, kerusakan, hingga kehilangan atas kendaraan bermotor akibat terjadinya risiko yang menimpa mobil.