Tips Memilih Ban Mobil Terbaik

Ban Mobil
Image Source kiosban.com

Ban menjadi salah satu faktor utama yang menunjang keselamatan kita saat mengemudi. Jadi diperlukan ketelitian saat kita hendak memilih ban mobil yang akan digunakan. Terkadang kita pun cukup dibuat kebingungan saat mencoba membandingkan ban mana yang terbaik.Karena baik saja tidak cukup sebagai tolak ukur ban yang akan digunakan, ban tersebut juga harus tepat dan sesuai dengan mobil kita.

Daftarkan Gratis !

Dapatkan penawaran MENARIK dan diskon BESAR dari kami

I will never give away, trade or sell your email address. You can unsubscribe at any time.

Setelah menemukan yang pas pun tidak hanya sampai disitu perhatian yang kita berikan, ban mobil juga harus terus diperhatikan dan dirawat agar umur ban bisa bertahan lama dan kondisinya tetap bagus. Ada beberapa faktor yang mempengaruhi umur ban seperti cara pemakaian, cara mengemudi, jenis mobil, kondisi jalanan yang sering dilalui, dan cara perawatan ban tersebut, Salah satu hal yang bisa diantisipasi agar umur ban tak cepat habis adalah melalui cara perawatan.

Berikut ini adalah tips memilih ban mobil terbaik dan cara merawatnya.

Membeli Ban Yang Tepat

Ada tiga hal yang perlu dicermati saat membeli ban mobil. Tiga hal tersebut adalah jenis ban, ukuran yang tepat, dan alur ban.

  • Ukuran

Lihat berapa ukuran ban mobil anda pada buku manual mobil, baca dengan teliti. Sebab bila ukuran ban tidak pas akan menimbulkan kerugian dan juga mengancam keselamatan anda. Misalnya jika ukuran ban terlalu kecil akan membuatnya cepat panas dan kelebihan beban. Sedangkan jika ukuran ban terlalu besar akan menggesek komponen disekitarnya, dan pastinya akan merusak bodi mobil dan ban itu sendiri.

  • Jenis

Sesuaikan ban yang anda pilih dengan jenis mobil yang digunakan, jenis ban harus tepat dan sesuai dengan mobil. Misalnya mobil dengan performa tinggi seperti mobil sport, tentu akan membutuhkan jenis ban yang bisa bekerja maksimal pada jalanan kering. Sementara untuk mobil-mobil besar seperti pick-up, dan SUV membutuhkan ban yang lebih besar agar kuat menopang beban yang berat. Hal ini akan terasa jika anda melewati jalan yang berlubang.

  • Alur

Pilih alur ban yang dapat menyesuaikan dengan kondisi lingkungan dan kondisi jalanan. Biasanya ban yang paling cocok digunakan di segala musim adalah ban dengan simbol m+s (mud and snow). Sedangkan untuk kondisi jalanan yang normal kita bisa gunakan ban dengan alur yang normal juga.

Memilih Ban Berdasarkan Kualitas

Buat anda yang tidak ingin direpotkan dengan ini-itu saat memilih ban mobil, anda bisa gunakan peringkat kualitas yang sudah ditetapkan oleh produsen ban untuk memili mana yang terbaik.

Tentu saja untuk menentukan kualitas tersebut, para produsen ban mobil sudah melalui berbagai proses uji-coba yang panjang. Inilah peringkat ban yang bisa menjadi acuan dalam memilih ban mobil yang terbaik.

  • Treadwear : Peringkat kualitas disini memudahkan anda untuk membandingkan umur ban tersebut jika digunakan pada jalanan yang sama dan kondisi yang selalu sama. Semakin tinggi ratingnya berarti memiliki umur pemakaian disbanding dengan rating yang rendah.
  • Traksi : Ada 3 rating yang sudah ditetapkan seperti A, B, dan C. Rating ini berguna untuk menentukan sebarapa bagus ban saat menghentikan mobil dalam kondisi jalanan yang basah, dan ban dengan nilai A lah yang terbaik.
  • Ketahanan Temperatur : Dalam ketahanan temperature ban juga diberi rating khusus oleh produsen ban mobil. Rating tersebut mengukur seberapa bagus ketahanan ban terhadap panas ketika digunakan pada kecepatan tinggi. Rating yang digunakan adalah A, B, dan C. Ban dengan rating adalah yang paling bagus dan tahan panas ketika digunakan dalam kecepatan tinggi..

 

Jangan lupa juga, agar kenyamanan anda selama berkendara tetap terjaga, gunakan asuransi mobil untuk mengantisipasi hal yang tidak diinginkan terjadi.

 

 

asuransi mobil
cek asuransi mobil terbaik anda disini (klik gambar)

Related Post

Leave a Reply

March 21, 2015

Posted In: Automotive

Tags: , , , , ,

Leave a Comment

Popular Post

Latest Post

Kontak Cekpremi

Icon 21 Kebon Jeruk
BLok B no. 17 Jl. Meruya Ilir raya Srengseng - Kembangan
Jakarta Barat, ID 11620
Telp : 021-50517000


2014-2017 © PT. Reventon Mitra Pratama
DMCA.com Protection Status
Ikuti Kami