Tips Memilih Bengkel Mobil yang Tepat

bengkel mobil

Mobil merupakan satu aset yang harus dirawat dengan baik. Termasuk harus dicarikan bengkel mobil yang berkualitas tinggi. Hendaknya si pemilik tidak boleh menyia-nyiakannya. Kecuali bersedia mengeluarkan budget yang mahal untuk perbaikan bila ada kerusakan.

Sekalipun demikian, ternyata tidak mudah menemukan bengkel yang handal. Apalagi di zaman ini ketika bengkel-bengkel mulai bermunculan. Dan tidak diketahui dengan pasti apakah bengkel tersebut berkualifikasi atau tidak. Makanya pemilik mobil harus waspada terhadapnya.

Asuransi Mobil

Ini Dia Tips Memilih Bengkel Mobil

Terdapat beberapa tips menemukan bengkel mobil yang tepat. Sekaligus mencegah kamu tertipu bengkel yang abal-abal. Kalau ingin mengetahui tips seperti apa, silakan baca di sini. Lalu terapkan jika memang membutuhkannya. Ini dia tipsnya:

1. Pilih Bengkel yang Selalu On Time

Kalau ingin merawat mobil silahkan bawa ke bengkel mobil yang selalu on time. Sehingga si pemilik bisa datang kapan saja untuk melihat kondisi kendaraan yang sedang diperbaiki. Tentunya, tidak akan ada kekhawatiran kalau ada bengkel semacam ini. Dan bisa dipastikan, pelayanan pelanggan yang menjadi prioritasnya.

Sebaliknya, pemilik mobil harus menghindari bengkel yang selalu tutup. Apalagi kalau rumah si pemilik cukup jauh darinya. Karena bisa dipastikan pelayanan tidak akan memuaskan. Apalagi jika mobil sudah di dalam dan tidak mungkin bisa ditarik kembali kecuali bengkel buka.

2. Pilih Bengkel yang Ramai Pengunjung

Pernah melihat orang antri di bengkel? Itu pertanda kalau bengkel tersebut memiliki kualitas tinggi. Nah, kalau ingin merawat mobil, silakan bawa saja ke sana. Kalau soal antri tidak perlu dipikirkan yang penting mobil digarap dengan benar. Begitu juga dengan harga mahal yang ditawarkan.

Jika menemukan bengkel mobil bagus tetapi antri, usahakan stand by lebih dulu. Bahkan, sebelum buka, pemilik mobil harus sudah menunggu. Tentu harapannya, mobil bisa digarap lebih awal. Kalau perlu minta nomor si teknisi supaya bisa diketahui berapa pelanggan yang sedang antri.

3. Meminta Saran dari Masyarakat Sekitar

Jika menemukan bengkel, jangan langsung masuk lalu memasrahkan mobil di sana. Tetapi ketahui terlebih dahulu kualitas dari bengkel tersebut. Baik dari segi harga, kemampuan teknisi, suku cadang yang digunakan, hingga testimoni. Kalau memang semua sudah sesuai ekspektasi maka silahkan mulai menggunakan jasa.

Cara mendapatkan informasi utuh tentang bengkel adalah meminta saran masyarakat sekitar. Terutama pada mereka yang pernah berlangganan di sana. Nantinya, kualitas dari bengkel akan ditemukan. Dan si pemilik bisa membandingkannya dengan bengkel-bengkel yang lain.

4. Pastikan Dulu Mekanik-nya Handal

Jangan memasukkan mobil ke bengkel, kalau di sana tidak ada mekanik yang handal. Kalau perlu si pemilik menanyakan terlebih dahulu apakah mekanik sudah bersertifikat atau belum. Hal ini penting, demi mendapatkan pelayanan yang berkualitas. Apalagi tidak sedikit kasus mobil yang habis diservis malah semakin rusak.

Untuk menilai mekanik handal dan profesional atau tidak, silakan mulai berdiskusi dengannya. Tanyakan kepadanya seputar mobil. Dari jawaban-jawaban yang dikemukakan akan terlihat kehandalan yang bersangkutan. Jika memang sudah meyakinkan maka mulai memasrahkan mobil kepadanya untuk diperbaiki.

5. Masih Lebih Bagus Bengkel Spesialis daripada yang Umum

Gangguan mobil tidak selalu bersifat umum dan lumrah. Tetapi juga ada yang khusus yang hanya bisa diperbaiki secara khusus pula. Untuk itu, jangan asal pilih bengkel apalagi bengkel umum yang semua dikerjakan. Karena biasanya kemampuan mekaniknya masih minim.

Mekanik spesialis di masalah mobil tertentu, pengetahuannya lebih utuh daripada yang semua dipelajari. Fokus keilmuannya juga lebih bagus belum lagi pengalaman kerja yang dimiliki. Semakin sering mekanik bekerja sesuai spesifikasinya, kemampuannya juga semakin bagus. Ini alasan mengapa harus memilih bengkel spesialis saja.

6. Pilih Bengkel yang Menjual Suku Cadang Original

Bengkel kategori besar, biasanya tidak hanya membuka jasa service saja tetapi juga jual beli suku cadang. Jika spare part yang diperjualbelikan termasuk original, berarti bengkel tersebut berkualitas. Paling tidak, si pemilik tahu kalau suku cadang asli-lah yang menentukan kesehatan mobil.

Jangan bawa mobil ke bengkel yang dipenuhi suku cadang imitasi. Karena dikhawatirkan komponen mobil yang rusak akan diganti spare part semacam ini. Memang, mobil bisa kembali digunakan. Namun suku cadang tidak akan tahan lama bahkan bisa menimbulkan gangguan berikutnya.

7. Himpun Testimoni Bengkel

Jangan asal memilih bengkel mobil, jika si pemilik tidak ingin kecewa. Lebih baik himpun dulu testimoninya untuk menilai kualitas. Termasuk meminta pengakuan dari masyarakat yang sempat menjadi langganan. Atau bisa bertanya di medsos untuk mendapatkan jawaban dari masyarakat yang lebih luas.

Jika bisa mengungkap testimoni bengkel dengan jujur, berarti mekanik di sana memang berkualitas. Dan tidak ada jalan lain selain memberikan mobil kepadanya untuk dirawat atau di-service. Tidak pula bimbang dengan harga yang ditawarkan. Karena harga terkadang memang identik dengan kualitas.

Bengkel mobil yang menjadi mitra Cek Premi telah memenuhi syarat seperti tips di atas. Makanya kamu tidak perlu ragu untuk asuransi kendaraan di sini. Dan pihak Cek Premi pasti melayani dengan baik. Termasuk merilis biaya angsuran yang terjangkau.

Pertanyaan Seputar Bengkel Mobil

Mengingat bengkel mobil mulai bermunculan, maka masyarakat harus lebih berhati-hati lagi dengan kredibilitas-nya. Kalau perlu ajukan pertanyaan-pertanyaan berikut:

[sc_fs_multi_faq headline-0=”h6″ question-0=”Apa Sih Ciri-Ciri Bengkel Mobil Berkualitas?” answer-0=”Sejatinya, ciri-ciri bengkel mobil berkualitas itu sederhana. Yaitu, mekaniknya profesional dan bengkelnya tidak pernah sepi dari konsumen.” image-0=”” headline-1=”h6″ question-1=”Mengapa Mobil Harus Di-Service Di Bengkel Yang Berkualitas?” answer-1=”Mobil harus di-service di bengkel yang berkualitas karena termasuk aset berharga. Apalagi harganya sangat mahal hingga ratusan juta rupiah. Untuk itu, perawatan merupakan hal prioritas yang harus diutamakan. ” image-1=”” count=”2″ html=”true” css_class=””]