Tips Memilih Peredam Suara Mobil yang Bagus

peredam suara

Mobil akan terlihat elegan jika aksesoris di dalamnya sangat lengkap. Sedangkan salah satu yang harus dimiliki ialah peredam suara mobil. Ada banyak alasan mengapa fitur ini perlu ada. Salah satunya supaya suara mobil tidak terdengar bising dan supir bisa menyetir dengan nyaman. 

Pemilik mobil harus mengenali fitur peredam suara bahkan sebelum mulai memilikinya. Kalau sudah tahu manfaatnya, silakan mulai memilih aksesoris peredam yang berkualitas. Atas dasar itulah, di artikel ini akan dijelaskan hal tersebut. Sedangkan di akhir akan diulas cara memilih aksesoris peredam suara yang bagus. Ini ulasannya: 

Apa Itu Peredam Suara Mobil?

Peredam suara mobil adalah komponen atau aksesoris kendaraan. Biasanya, alat ini dipakai untuk menghilangkan suara bising. Atau mencegah suara berisik di luar masuk ke dalam. Makanya, orang yang ingin menyetir dengan senyap, biasanya memasang alat ini di mobilnya. 

Bisa dikatakan peredam suara mobil adalah komponen untuk menghilangkan suara. Ini tidak hanya menghilangkan suara mobil sendiri tetapi juga dari mobil lain. Terutama mobil-mobil besar yang menyalip atau sedang mendahului. Suara dari kendaraan ini tidak akan sampai masuk ke dalam mobil yang sedang dikendarai. 

Suara senyap adalah syarat supir bisa menyetir mobil dengan nyaman. Sebaliknya, suara yang terlalu bising bisa menghilangkan konsentrasi. Dan ini bisa membahayakan si pengemudi dan penumpang lainnya. Maka dari itu, silahkan cegah dengan memasang alat peredam suara. 

Tips Memilih Peredam Suara Mobil

Sekalipun peredam suara kendaraan merupakan komponen penting, pemilik tidak boleh memilih alat sembarangan. Tetap ada tips-tips tertentu yang harus diterapkan ketika memilih. Sehingga komponen yang didapatkan memang memiliki kualitas yang tinggi. Ini dia tips yang dimaksud:

1. Pilih Bobot Peredam yang Ringan

Alat peredam suara kendaraan yang berkualitas biasanya memiliki ciri-ciri bobot yang ringan. Sedangkan alat yang berat biasanya mempercepat terjadinya pengeroposan pada komponen lain. Selanjutnya tergantung pemilik akan menggunakan yang mana. Kalau ingin mobil tahan lama, tentu alat peredam ringan yang harus diprioritaskan. 

Kalau menggunakan alat peredam yang ringan, beban penopang kendaraan juga tidak terlalu besar. Sehingga laju kendaraan lebih stabil, bahkan bahan bakar juga irit. Sekalipun demikian, pemilik mobil tidak perlu khawatir dengan kualitas alat. Sekalipun berbobot ringan kemampuannya menyerap suara bising masih sangat baik. 

2. Sesuaikan Jumlah Alat dengan Kebutuhan

Selain mengukur kualitas alat peredam suara, pemilik juga harus mengalkulasi jumlahnya. Karena jika terlalu banyak, beban mobil juga semakin berat. Sebaliknya kalau terlalu sedikit, kemampuan alat menyerap suara juga tidak akan maksimal. Untuk itu, silakan pasang 7 lapis saja dengan pemetaan di pintu ada 5 dan di lantai ada 2 alat. 

Jika masih ragu dengan kebutuhan akan alat peredam, maka silakan minta saran ke montir. Karena biasanya, kebutuhan antar mobil itu berbeda. Jadi daripada membeli yang tidak sesuai dengan kebutuhan lebih baik konsultasi saja. Apalagi kalau hanya sekadar bertanya-tanya, tidak perlu biaya kecuali mulai memasangnya. 

3. Pasang Alat Peredam di Lokasi yang Tepat

Yang menjadi penentu kinerja alat peredam suara di mobil bukan hanya alatnya saja. Tetapi, lokasi pemasangannya juga menjadi prasyarat berikutnya. Makanya, tips berikutnya ialah memperhatikan tempat yang akan dipasangkan alat. Silakan tanyakan juga ke mekanik, kalau pemilik mobil kurang memahaminya. 

Kalau lokasi pemasangan alat sudah diketahui, maka pemilik tinggal menghitungkan jumlahnya saja. Silakan beli sesuai jumlah yang ada dan tidak melebihinya supaya nilai fungsi alat semakin jelas. Jangan hanya karena ingin suara mobil yang bersih, lalu membeli alat peredam secara jor-joran. Tentunya ini tidak bagus dan boros. 

4. Gunakan Alat Peredam Berbahan Toxic Free yang Khusus Mobil

Alat peredam suara mobil dibuat dari berbagai density bahan. Pemilik mobil harus memilih bahan yang sekiranya bagus dan tahan lama. Termasuk memperhatikan kadar ketebalannya. Biasanya alat yang bagus terbuat dari bahan toxic free yang bebas racun dan memiliki ketahanan suhu yang ideal. 

Sekalipun harganya lebih murah, tetapi pastikan tidak memilih alat peredam rakitan. Tetapi gunakan alat yang memang dibuat khusus untuk kendaraan. Terutama yang original dan bukan barang bekas. Ini untuk daya tahan alat serta kualitasnya ketika diaktifkan. 

5. Beli Alat Peredam sesuai Ketersediaan Uang

Tips memilih alat peredam suara mobil yang berikutnya ialah membeli alat sesuai ketersediaan uang. Kalau memang budget masih belum ada, mungkin bisa ditunda dulu pemasangannya. Dan ingat harga dari alat ini memang cukup mahal. Jadi bijaksanalah serta kalau bisa pilih yang standar tetapi berkualitas. 

Kalau tidak ingin kebingungan tentang budget untuk membeli alat peredam suara mobil  di masa depan, silakan asuransikan saja. Pilih Cek Premi yang pasti memberikan pelayanan asuransi terbaik. Di sini, proses menjadi nasabah sangat mudah, biaya preminya juga murah. Bahkan transaksi dengan admin bisa dilakukan secara online

Pertanyaan Seputar Peredam Suara Mobil

Sebelum mulai membeli dan memasang alat peredam suara mobil, kamu harus tahu dulu jawaban-jawaban dari pertanyaan berikut:

Apa Fungsi alat Peredam Suara Mobil?

Peredam suara mobil berfungsi untuk mencegah suara bising masuk ke dalam mobil. Sehingga dengannya, supir bisa menyetir dengan nyaman serta konsentrasi menyetir juga tinggi.

Apakah Peredam Suara Mobil harus Dipasang Sendiri?

Untuk keamanan lebih baik pasangkan alat peredam suara mobil ke mekanik atau ahli mesin mobil. Karena aksesoris ini cukup mahal dan kalau salah pemasangan bisa mengganggu komponen mobil yang lain.