Tips Menabung Buat Anda Yang Berpenghasilan Pas-pasan

tips menabung
image source huffingtonpost

Menabung adalah salah satu kegiatan positif yang bisa anda lakukan dan selalu diajarkan dari kecil oleh orang tua anda di rumah, ataupun juga dengan guru anda di sekolah. Karena kegiatan menabung dapat mengajarkan anda agar bisa lebih di siplin dan juga bisa membuat anda belajar menata hidup anda dengan baik. Salah satu hal positif yang bisa anda dapatkan dari menabung adalah anda dapat mengelola uang anda dengan baik terhindar dari pemborosan yang biasa dilakukan oleh kebanyakan orang lainnya.

Terlebih lagi jika anda mempunyai penghasilan yang pas – pasan tetapi mempunyai keinginan di masa depan, dengan  menabung adalah cara yang paling tepat untuk merealisasikan impian anda di masa yang akan datang.

Daftarkan Gratis !

Dapatkan penawaran MENARIK dan diskon BESAR dari kami

I will never give away, trade or sell your email address. You can unsubscribe at any time.

Berikut ini tips menabung untuk anda yang mempunyai penghasilan yang pas – pasan:

1. Mencatat Pengeluaran Anda

ketika uang Anda tidak terlalu banyak, saat itu, Anda pasti tidak akan kesulitan mencatat pengeluaran Anda. Buatlah catatan kecil selama waktu satu bulan. Dari sanalah Anda bisa mempelajari pengeluaran mana yang tidak penting dan yang penting supaya Anda bisa lebih hemat.

2. Menggaji Diri Sendiri

Walaupun Anda sudah mendapatkan gaji, tetapi ada cara unik yang bisa Anda lakukan agar Anda bisa tetap menabung, yaitu gaji pribadi. Anda bisa menggaji diri Anda dari total penghasilan yang Anda dapatkan.

3. Lunasi Hutang

Jika Anda punya hutang, terlebih dahulu lunasi hutang Anda sampai lunas. Terkadang sulit memang menabung disaat kita punya hutang. Dan jika hutangnya sudah lunas, lebih baik jangan mencoba berhutang lagi agar anda bisa lebih fokus menabung.

4. Hemat Pengeluaran

Masih terkait dengan poin nomor satu tadi, hemat merupakan jalan paling simple supaya dapat menabung dari penghasilan yang terbatas. Anda bisa menghemat dengan mengesampingkan kebutuhan yang tidak perlu untuk Anda.

5. Berani Disiplin

Kalau sudah punya niat ingin menabung, lakukan untuk melatih diri Anda menjadi lebih disiplin. Jangan ingkari komitmen Anda sendiri dan berusaha disiplin menabung untuk menjaga kestabilan keuangan a kestabilan keuangan Anda.

6. Motivasi Diri Sendiri

Biasanya menabung juga perlu motivasi agar Anda tetap semangat untuk rutin melakukannya. Buat motivasi apapun di dalam diri Anda agar Anda bisa menabung secara konsisten.

7. Membuka Rekening di Bank Terdekat

Buatlah rekening bank supaya bisa menjaga uang Anda dengan lebih aman. Apalagi menabung di bank juga akan memberikan bunga yang tinggi apabila tabungan Anda semakin banyak. Uang di rekening juga bisa Anda cairkan jika tengah dibutuhkan dalam keadaan darurat.

8. Buat Celengan Koin

Anda pasti sering mendapatkan kembalian dari warung atau dari toko berupa uang koin. Coba buat celengan di rumah dan sisihkan uang-uang kembalian yang berupa koin. Walaupun jumlahnya tidak seberapa, tetapi, jika sedang ada kebutuhan uang ini akan sangat membantu.

9. Simpan dengan Baik Uang Anda

Tujuan menabung di rekening bank lainnya adalah agar Anda tidak bisa dengan mudah menggunakan uang hasil dari tabungan anda untuk kebutuhan sehari-hari. Anda harus memisahkan jatah sendiri untuk kebutuhan sehari-hari.

10. Bersikap Dermawan

Meskipun penghasilan Anda terbatas, namun jangan lupa untuk selalu bersikap baik hati kepada yang membutuhkan. Perbanyak beramal agar penghasilan yang Anda dapatkan bisa mendapat berkah dari-Nya.

Related Post

Leave a Reply

May 27, 2016

Posted In: Financial

Tags: ,

Leave a Comment

Popular Post

Latest Post

Kontak Cekpremi

Icon 21 Kebon Jeruk
BLok B no. 17 Jl. Meruya Ilir raya Srengseng - Kembangan
Jakarta Barat, ID 11620
Telp : 021-50517000


2014-2017 © PT. Reventon Mitra Pratama
DMCA.com Protection Status
Ikuti Kami