Tips Menabung Dengan Cara Sistematis

tips menabung secara sistematisUang? Tahukah anda apa arti uang dan manfaat uang bagi kehidupan anda? Uang menjadi salah satu faktor utama penunjang kehidupan anda sehari – hari. Bahkan ada sebagian orang yang sangat mendewakan uang atau mempunyai pikiran apapun bisa didapat dengan uang. Walaupun uang memang penting untuk kita, tetapi tidak semua hal bisa dibeli dengan uang.

Perlu anda ketahui seberapa besarpun pendapatan anda perbulannya, pastinya akan terasa kurang jika anda tidak memiliki rasa bersyukur yang baik. Sebagai contoh para pejabat negara yang rata – rata memiliki pendapatan gaji hampir Rp. 20 juta perbulan terkadang masih ada saja yang terlibat kasus korupsi atau penggelapan uang negara. Padahal dengan pendapatan sebesar itu bisa terbilang sangat cukup untuk seorang karyawan swasta. Sekarang bisa dikatakan berapapun pendapatan anda perbulannya jika anda tidak mempunyai rasa bersyukur dan tidak bisa mengatur kebutuhan anda selama sebulan dengan baik pasti uang anda akan habis sebelum waktunya.

Kebutuhan hidup yang semakin hari semakin mahal memang terkadang membuat kepala ini menjadi pusing. Akan ada saja beberapa kebutuhan yang dibeli. Tetapi itu semua tergantung pada diri kita sendiri. Apabila kita dapat berpikir dengan jernih, bijak dan tidak memikirkan gengsi kami rasa segala kebutuhan pokok anda akan terpenuhi. Cukupliah kebutuhan yang memang benar – benar penting saja dengan kata lain anda harus lebih dituntut menjadi dewasa dalam memilih.

Selain itu memiliki tabungan adalah hal yang sangat penting. Bagaimana tidak? Kita hidup di zaman yang sudah sangat maju. Segala kemungkinan yang mengharuskan anda membayar sesuatu di kemudian hari bukanlah hal yang tidak mungkin. Sebagai contoh jika anda mengalami kesehatan dan mengharuskan anda membayar biaya rumah sakit, tabunganlah yang akan membantu anda. Tidak ada salahnya jika anda sudah memulai menabung dari sekarang.

Berikut tips menabung dengan cara sistematis:

1. Menabung dengan skala uang yang semakin bertambah

Maksudnya adalah pada minggu pertama anda menabung Rp. 100.000 dalam saeminggu. Walaupun sedikit jika dilakukan terus menurus suku nilai tabungan anda akan semakin bertambang. Manusia pastinya memiliki rasa tidak puas yang cukup tinggi. Selanjutnya anda bisa memulai di minggu kedua dengan Rp. 200.000 begitu seterusnya. Setelah 6 bulan atau satu tahun kedepan bisa anda bayangkan berapa jumlah tabungan yang anda miliki. mulailah menabung sedikit demi sedikit. Kuncinya sabar dan tidak cepat puas diri dalam menabung akan menjadi salah satu kunci kesuksesan anda.

2. Melihat peluang

Disini maksud dalam melihat peluang adalah dimana kita bisa memilih menabung tetapi menabung dengan pintar yang mampu menaikan nilai tabungan anda dengan baik dan yang pastinya dengan cara yang halal. Menabung bukan hanya bisa dilakukan dengan menyimpan uang. Kalua anda menabung dengan uang. Nilai tukar uang semakin hari akan semakin sama saja tidak memiliki peningkatan. Tetapi cobalah dengan menabung emas. Harga emas memang terkadang naik turun. Tetapi bisa dikatakan emas salah satu barang yang harganya terus melonjak naik, misal anda mempunyai emas yang banyak di tahun ini dengan hanya membelinya dengan harga Rp. 10 juta. Bukan hal yang tidak mungkin satu tahun kedepan jika anda menjual emas anda harganya bisa dua kali lipat.

3. Hidup sederhana

Memiliki kehidupan yang sederhana bukanlah hal yang buruk. Dengan kita hidup sederhana pastinya pengeluaran anda tidak akan melonjak naik. Anda bisa menekan pengeluaran yang sekiranya tidak perlu anda beli dalam satu bulan. Tetapi pastikan anda juga tidak akan susah jadi secukupnya dan sewajarnya adalah hal yang paling indah dan nikmat dalam menjalani hidup.

Leave a Reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

April 13, 2016

Posted In: Tips & Tricks

Tags: , ,

Leave a Comment

Kontak Cekpremi

Icon 21 Kebon Jeruk
BLok B no. 17 Jl. Meruya Ilir raya Srengseng - Kembangan
Jakarta Barat, ID 11620
Telp : 021-50517000


2014-2016 © PT. Reventon Mitra Pratama
DMCA.com Protection Status
Ikuti Kami