6 Tips Menabung yang Efektif untuk Mencapai Financial Freedom

tips menabung

Last Updated on January 4, 2022 by Rhandy Verizarie

Menabung tidak hanya urusan menyisihkan uang saja. Ada banyak faktor yang harus kalian kendalikan agar rutinitas menabung berjalan dengan baik, terutama nafsu untuk belanja. Selain itu, ada hal-hal lain yang harus diterapkan agar menabung kamu efektif. Bagi kalian yang ingin menabung, simak tips menabung berikut ini!

Tips Menabung yang Efektif

Menabung merupakan suatu hal yang penting untuk masa depan, namun kebanyakan dari kita seringkali lupa untuk menyisihkan pendapatan kita untuk ditabung. Ya, banyak orang yang justru sering tergoda untuk berbelanja ataupun menghabiskan uang pendapatannya untuk nongkrong di cafe.

Padahal, manfaat menabung sangatlah penting bagi masa depan kita, tentunya semakin bertambahnya umur kemampuan kita untuk menghasilkan uang akan berkurang. Dengan menabung artinya kalian sudah mempersiapkan hari tua kalian dengan baik.

1. Tentukan Tujuan Menabung

Menabung tanpa adanya tujuan tentunya sangat sulit untuk dilakukan. Akibatnya jika kalian tidak memiliki tujuan menabung, bisa saja kalian kehilangan motivasi untuk menabung. Pastikan kalian memiliki tujuan yang jelas agar bisa terus konsisten menabung.

2. Alokasikan dana Dengan Baik dan Terstruktur

Pastikan kalian sudah mempunyai berapa besaran uang yang akan disisihkan untuk menabung. Kami sarankan untuk membagi porsi pendapatan kalian menggunakan satuan persen. Misalnya 50% untuk keperluan sehari-hari, 30% untuk hiburan dan 20% untuk menabung.

3. Kontrol Nafsu Belanja

Seringkali nafsu kita untuk berbelanja menyebabkan pengeluaran menjadi tidak terkendali. Jika kalian ingin rutin menabung, maka pastikan kalian mengontrol nafsu kalian, ya! Usahakan jangan terlalu sering melihat situs e-Commerce agar tidak tergoda untuk membeli barang yang tidak perlu.

4. Gunakan Aplikasi Pengatur Keuangan

Tips selanjutnya yang bisa kalian lakukan adalah menggunakan aplikasi keuangan. Banyak pilihan aplikasi yang bisa kalian pilih, biasanya aplikasi ini mempunyai fitur lengkap yang membantu kalian agar kondisi keuangan terjaga.

5. Membuat Rekening Khusus untuk Menabung

Cara selanjutnya adalah dengan membuat rekening baru, dengan kalian memiliki rekening baru, maka otomatis kalian tidak bisa menarik uang hanya karena ingin berbelanja. Jika uang di rekening utama sudah habis, maka kalian segera sadar bahwa pengeluaran sudah melebihi batas.

6. Alokasikan Dana untuk Investasi

Jangan hanya andalkan menabung, usahakan juga untuk investasi. Dengan kalian investasi, maka uang kalian akan terus terjaga dan tidak tergerus inflasi. Instrumen investasi bisa banyak bentuknya seperti asuransi, saham, reksa dana dan juga emas.

About Andrian

Passionate SEO person, and love to bring people the right information that they want. Please enjoy our article and hopefully the information that we serve is fulfilling your needs :)

View all posts by Andrian →