Tips Mengatasi Kenaikan Harga Bahan Pokok Menjelang Lebaran

Operasi Psar Murah
Source : Pedomanan Nusantara

Cekpremi Blog – Kurang dari 1 Minggu lagi seluruh umat islam yang ada di dunia ini akan merayakan hari kemenangannya setelah berpuasa selama satu bulan penuh. Sudah menjadi tradisi menyambut hari kemenangan khususnya masyarakat Indonesia selalu mempersiapkan makanan – makanan khas lebaran, salah satunya adalah, ketupat, opor ayam, dan masih banyak lainnya. Tapi tahukah anda kesempatan itu juga kerap di manfaatkan oleh para pedagang di pasar mereka suka sesuka hati menaikan kebutuhan pokok demi merauk keuntungan semata.

Nah disini saya akan berikan tips untuk mengatasi kenaikan harga bahan pokok menjelang lebaran:.

1. Menyeimbangkan Produksi dengan Kebutuhan
Setelah kita menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadhan kemudian dilanjutkan dengan Hari Raya Idul Fitri, masyarakat kita biasanya mulai bersiap-siap menyambutnya dengan mulai mencari semua kebutuhan pokok untuk persediaan. Hal ini yang menyebabkan pola konsumsi di masyarakat mengalami perubahan.

Daftarkan Gratis !

Dapatkan penawaran MENARIK dan diskon BESAR dari kami

I will never give away, trade or sell your email address. You can unsubscribe at any time.

Peristiwa itu membuat kenaikan harga – harga barang sudah sering terjadi berulang setiap tahunnya. Untuk mencegah peristiwa kenaikan harga – harga dibutuhkan Peranan penting dari sektor produksi barang kebutuhan untuk masyarakat, kepentingan sektor produksi merupakan meningkatkan jumlah produksi barang kebutuhan masyarakat pada saat ini terjadinya beberapa peningkatan konsumsi masyarakat.

2. Operasi Pasar
Menjelang puasa, pasti harga kebutuhan mulai mengalami kenaikan drastis. Guna menekan kenaikan harga kebutuhan pangan, pemerintah seharusnya meningkatkan volume operasi pasar terutama pada daerah yang rawan dengan kenaikan harga. Operasi pasar ini wajib dilaksanakan, untuk mencegah para oknum menaikkan harga semaunya. Tujuannya adalah melindungi masyarakat, agar tidak terbebani kenaikan-kenaikan harga sembilan bahan pokok (sembako).

3. Pengendalian Stok
Kenaikan harga pangan di dunia ternyata sangat berimbas harga pangan di dalam negeri. Apalagi sekarang ini sepengetahuan saya hampir semua bahan pangan yang ada di pasar – pasar diperoleh dari impor.

Karena itu, menurut saya selagi indonesia masih bergantung pada pasokan impor, kenaikan harga pangan dunia yang dipastikan akan terus terjadi pada setiap tahunnya akan berujung pada tambahan beban masyarakat, ditambah lagi kebijakan dari pemerintah yang memberikan pengadaan bahan pangan kepada mekanisme pasar yang membuat harga barang kebutuhan pokok selalu mengalami pelonjakan. Hal itu terjadi pada setiap menjelang hari besar keagamaan seperti puasa dan lebaran.

Itulah ketiga tips yang seharusnya bisa berguna dan berjalan dengan baik agar pada setiap lebaran atau hari besar keagamaan lainnya datang, harga kebutuhan pokok tetap dan masih bisa terkendali dengan aman. Karena jika terus menurus hal ini yang terjadi bukan tidak mungkin akan banyak masyarakat khususnya rakyat kecil akan mengalami keterpurukan.

Dan semua itu adalah tugas – tugas dari pemerintah kita untuk terus bisa mensejetahterakan rakyatnya. Semoga artikel diatas barusan bisa bermanfaat untuk kita semua.

Cekpremi
Portal Asuransi Online Terlengkap

Leave a Reply

June 28, 2016

Posted In: Uncategorized

Leave a Comment

Popular Post

Latest Post

Kontak Cekpremi

Icon 21 Kebon Jeruk
BLok B no. 17 Jl. Meruya Ilir raya Srengseng - Kembangan
Jakarta Barat, ID 11620
Telp : 021-50517000


2014-2017 © PT. Reventon Mitra Pratama
DMCA.com Protection Status
Ikuti Kami