Tips Mengatasi Mobil Yang Terbakar

Mobil
Image Source m.tribunnews.com

Selain kecelakaan, kejadian menyeramkan lain yang bisa saja ketika anda berada di dalam mobil adalah terbakarnya mobil anda secara tiba-tiba. Kejadian ini belakangan sering ditemukan di jalan-jalan besar Indonesia, khususnya Jakarta. Dalam keadaan berhenti atau pada saat berjalan mobil tiba-tiba saja terbakar.

 

Tak bisa dideteksi apa penyebabnya, yang jelas terbakarnya mobil bisa ditandai dengan muncul kepulan asap dari bagian mesin atau salah satu bagian mesin anda. Tidak hanya mobil pribadi, kendaraan umum seperti Transjakarta pun pernah mengalami hal ini.

 

Lalu bagaimana cara mengatasi mobil yang tiba-tiba terbakar? Berikut ini adalah tipsnya :

 

1. Seperti yang sudah dijelaskan diatas bahwa gejala mobil akan terbakar adalah dengan munculnya asap secara tiba-tiba. Saat itu terjadi diharapkan jangan panik, tetap tenang dan kendalikan diri anda. Dalam keadaan yang bisa membahayakan diri anda kepanikkan hanya akan membuat anda sulit untuk berfikir dan mengambil tindakkan yang tepat.

 

2. Jangan berusaha menolong orang lain padahal keadaan anda sendiri terancam, untuk itu pastikan diri anda aman terlebih dahulu. Hal ini dilakukan demi menghindari jatuhnya korban lebih banyak karena kehabisan oksigen.

 

3. Setelah diri anda aman, barulah mulai melakukan tindakan menyelamatkan orang lain. Jika di dalam mobil tersebut ada anak-anak, maka mereka harus jadi prioritas. Begitupun lansia, karena dalam keadaan seperti itu mereka amat rentan kehabisan oksigen.

 

4. Waspadai komponen-komponen di dalam mobil anda yang mudah terbakar dan meledak, seperti minyak rem, coolant, oli power steering, reservoir coolant dan bahan bakar mobil itu sendiri. Jadi segera menjauh dari mobil jika api sudah mulai membesar.

 

5.  Jangan tunggu lebih lama lagi, segera hubungi pemadam kebakaran terdekat. Namun jika dirasa api tidak terlalu besar, mungkin anda bisa memadamkannya sendiri dengan alat pemadam kebakaran

 

Jika mobil yang terbakar adala mobil pribadi, tentu kerugian yang anda alami pastinya akan sangat besar. Bayangkan bila seluruh bagian mobil anda terbakar? Pastinya mobil tidak dapat digunakan lagi. Ada baiknya jika anda menggunakan asuransi mobil dari sekarang, karena mobil yang terbakar akan masuk kedalam tanggungan pihak asuransi. Khususnya untuk asuransi TLO, jika mobil anda terbakar dan sudah tidak bisa digunakan lagi, maka perusahaan asuransi akan memberikan uang untuk penggantiannya.

 

Mobil yang terbakar
Cek asuransi mobil terbaikmu disini (klik gambar)

Leave a Reply

February 13, 2015

Posted In: Automotive, Tips & Tricks

Tags: , ,

Leave a Comment

Kontak Cekpremi

Icon 21 Kebon Jeruk
BLok B no. 17 Jl. Meruya Ilir raya Srengseng - Kembangan
Jakarta Barat, ID 11620
Telp : 021-50517000


2014-2017 © PT. Reventon Mitra Pratama
DMCA.com Protection Status
Ikuti Kami