Tips Menghilangkan Rasa Nyeri Pada Punggung

Sakit punggung
Imagesource : Awaykeren

Punggung meruapakan sususan rumit yang mengagumkan penuh dengan otot ligamen, tendon dan rangka yang memungkinkan untuk menunduk, berjalan, berenang dan bergerak, bagian atas dan bawah punggung bergantung bagian-bagian kecil yang bekerja sama dengan kompak.

Namun sering kali nyeri punggung menyerang masyarakat luas pada saat sekarang ini, dahulu nyeri punggung menyerang usia lanjut, tapi sekarang usia muda pun sangat mudah terserang nyeri punggung, banyak penyebabnya seperti cidera otot, posisi tidur yang salah, terlalu lama berdiri, kelelahan otot pada punggung belakang, sampai stress fisik karena terlalu banyak pikiran, tapi untuk saat ini kita juga akan membahas bagaimana menghilangkan rasa nyeri pada punggung,

Kebanyakan penderita selalu mengobati rasa nyeri dengan berbagai macam obat, yang mengakibatkan dapat membuat kita menjadi ketergantungan dengan obat, nyeri punggung sendiri terbagi menjadi 2 yaitu nyeri punggung akut, yang berlangsung kurang dari 6 minggu dan nyeri punggung kronik biasanya nyeri atau rasa sakit ini lebih dari 6 minggu dengan gejala-gejala bervariasi dapat bersifat ringan dan berat.

Namun anda tak perlu kwatir karena ada banyak cara untuk mengatasi dan menghilangkan rasa nyeri pada punggung anda dengan tidak harus ketergantungan dengan obat.

Berikut cara mengatasi nyeri yang mungkin anda rasakan :

  1. Istirahat yang teratur ketika tubuh merasakan sterss atau lelah
  2. Tidurlah dalam posisi tetap dan nyaman, dan tidak menimbulkan peregangan berlebihan pada bagian punggung anda, pilihlah juga kasur yang tidak terlalu keras
  3. Untuk anda yang wanita hindari penggunaan sepatu bertumit tinggi pada saat nyeri pada punggung
  4. Menjaga berat badan dalam batas normal
  5. Ambilah sikap postur tubuh yang tepat selagi duduk, berdiri maupun ada saat bergerak
  6. Hindari tindakan mengangkat barang berat pada saat rasa nyeri melanda, bila mengharuskan mengangkat barang lakukan dengan lutut menekuk dan punggung tetap tegak
  7. Lakukan olahraga teraratur untuk memperkuat tulang punggung dan otot punggung (pilihlah olahraga yang ringan tidak berat dan tidak beresiko menimbulkan cidera)
  8. Merubah posisi tubuh sesering mungkin selagi duduk atau berdiri dalam waktu yang cukup lama untuk menghindari peregangan pada otot.
  9. Menghilangkan rasa nyeri pada punggung juga dapat dilakukan dengan pemijatan, kompres hangat dan dingin, obat gosok serta menggunakan koyo. (Sumber : Tempo)

Itulah beberapa tips cara menghilangkan rasa nyeri pada bagian punggung yang saat sekarang ini sering sekali menyerang usia muda, apabila sudah melakukan kesemuanya anda masih sering juga merasakan nyeri pada bagian tersebut, di anjurkan untuk terapi dengan obat oral atau obat AINS serta obat relaksasi otor, ada baiknya juga penggunaannya dibantu dengan konsultasi dokter terlebih dahulu, agar bisa di pandu dan rasa nyeri pada bagian punggung anda bisa hilang secara total.

asuransi kesehatan
pilih asuransi kesehatan terbaik yang menjamin anda dari resiko penyakit osteoporosis, klik disini.

Leave a Reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

January 19, 2016

Posted In: Health, Hot News, Tips & Tricks

Tags: , , ,

Leave a Comment

Kontak Cekpremi

Icon 21 Kebon Jeruk
BLok B no. 17 Jl. Meruya Ilir raya Srengseng - Kembangan
Jakarta Barat, ID 11620
Telp : 021-50517000


2014-2016 © PT. Reventon Mitra Pratama
DMCA.com Protection Status
Ikuti Kami