Tips Menghindari Begal Motor di Jalan

Begal Motor
Image Source depoklik.com

Sebelum nya sudah dijelaskan bahwa asuransi kendaraan bermotor menjamin resiko kehilangan kendaraan akibat tindakan pembegalan (baca : asuransi kendaraan jamin resiko pembegalan). Meskipun begitu, akan lebih baik jika kita menghindari resiko tersebut. Selain untuk keamanan sepeda motor, juga untuk keamanan diri anda sendiri.

 

Berikut ini adalah tips menghindari aksi begal motor di jalan :

 

1. Hindari Area Rawan
Cara yang paling utama untuk menghindari aksi begal motor adalah dengan menghindari tempat-tempat yang rawan terhadap aksi pembegalan. Misalnya jalan yang sepi, atau jalan dengan penerangan yang redup. Tempat-tempat tersebut biasanya jadi lahan basah bagi para pelaku pembegalan. Tentu area yang sepi dan gelap jarang dilewati warga, dan si pelaku bisa dengan mudah menjalankan aksinya tanpa takut dihakimi masa.

 

Selain itu, cobalah hindari berkendara di malam hari. Di jam-jam tengah malam hingga dini hari, kebanyakan orang pasti sedang terlelap, jalanan pun sepi. Nah, situasi seperti inilah yang akan dimanfaatkan oleh para pelaku.

 

2. Berombongan

Jika anda terpaksa berkendara di malam hari, usahakan jangan pernah lakukan itu sendiri. Cobalah beriringan dengan pengendara lainnya, dengan beriringan si pelaku tentu akan berfikir dua kali untuk menjalankan aksinya. Tapi tetap berhati-hati, karena pelaku pembegalan menjalankan aksinya bukan hanya seorang diri.

 

3. Waspada

Waspada juga menjadi kunci utama pada saat anda berkendara, gunakan insting anda terhadap hal apapun yang mengundang kecurigaan. Cek kondisi kendaraan anda agar tidak terjadi sesuatu yang dapat membuat anda berhenti sebentar, seperti ban bocor atau kempes ditengah jalan. Jika anda melihat ada orang yang tidak dikenal membuntuti anda, segera cari pos polisi terdekat, laporkan apa yang terjadi, dan tunggu sampai situasi aman dari pihak kepolisian.

 

4. Membawa Pengaman

Tidak ada salahnya anda untuk mempersenjatai diri anda, jika aksi pembegalan terjadi setidaknya anda bisa membela diri dengan senjata tersebut. Singkirkan rasa takut yang menyelimuti anda, dan jika sudah berhasil memukul mundur para pembegal segera pergi menjauh dari tempat kejadian, atau lapor ke kantor polisi terdekat.

 

5. Tidak Panik

Dalam kondisi terancam biasanya akan timbul kepanikkan, panik adalah hal yang malah akan menyudutkan anda. Karena pada saat panik kita tidak akan bisa berpikir dengan jernih. Tarik nafas dalam dan jangan terlalu tegang, dengan ketenangan yang anda miliki anda pasti dapat menghindari tindak pembegalan.

 

Begal Motor
Cek asuransi motor terbaik anda mulai dari harga termurah (klik gambar)

3 Comments

  • Mungkin sebaiknya siapaun kita lebih hati2 terutama berada di jalanan sepi
    terimakasih mass infonya, insyaAllah sanagat bermanfat sekali bagi para pembacanya. Izin copas di Blog saya. syukran

    • bagaimana kalau kita mempersenjatai diri tapi saat ada razia tengah malam malahan kita yg dianggap pembegal?

      • Jangan gunakan senjata yang mencolok dan menarik perhatian. Nah supaya lebih amannya lagi gunakan asuransi motor, pilih yang terbaik dan termurah disini. Kami siap melayani anda kapan pun termasuk pada saat mengajukan klaim

Leave a Reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

February 4, 2015

Posted In: Tips & Tricks

Tags: , ,

3 Comments

Kontak Cekpremi

Icon 21 Kebon Jeruk
BLok B no. 17 Jl. Meruya Ilir raya Srengseng - Kembangan
Jakarta Barat, ID 11620
Telp : 021-50517000


2014-2016 © PT. Reventon Mitra Pratama
DMCA.com Protection Status
Ikuti Kami