Tips Merawat AC Agar Tidak Cepak Rusak

Image Source www.kesekolah.com
Image Source www.kesekolah.com

Cuaca yang panas merupakan hal yang sangat menggangu, akibatnya suhu udara menjadi tinggi. Suhu udara yang tinggi oleh sebagian orang menjadi masalah yang sangat serius. Oleh karena itu, saat ini banyak perusahaaan yang memproduksi barang-barang elektronik untuk mengatasi cuaca panas. Mulai dari kipas angin, hingga pendingin udara atau yang lebih dikenal dengan sebutan AC.

AC atau Air Conditioner adalah mesin yang dirancang untuk menstabilkan suhu udara dan kelembapan untuk suatu area. Saat ini, AC merupakan seperangkat alat elektronik yang sangat penting dan menjadi barang kebutuhan rumah tangga, terutama bagi masyarakat yang tinggal didaerah perkotaan dengan iklim panas. Kota yang padat penduduk, banyak bangunan gedung-gedung bertingkat dan tingkat polusi udara yang cukup tinggi. Hal itu terjadi karena banyaknya kendaraan bermotor dan bangunan pabrik yang beroperasi. Sehingga, peran AC menjadi sangat penting dalam rumah tangga untuk membuat penghuninya menjadi nyaman saat tinggal di rumah tersebut. Agar suhu AC tetap dingin dan tidak menjadi sarang bakteri maupun virus, maka perawatan AC sangat diperlukan.

Berikut ini Tips Merawat AC Agar Tidak Cepat Rusak.

Sebelum Anda membeli mesin AC, sebaiknya disesuaikan dengan besarnya ruangan. Anda dapat bertanya kepada penjualnya yang lebih paham untuk ukuran-ukurannya. Biasanya, untuk AC di rumah menggunakan  setengah sampai 2 PK. Gunakan ukuran yang sesuai, jangan sampai kebesaran atau kekecilan agar suhu udara ruangan juga tetap dingin.

Sebelum menyalakan AC, jangan lupa tutup semua jendela, ventilasi dan juga pintu untuk menghindari masuknya udara dari luar. Dengan begitu, suhu dingin dari AC dapat maksimal. Setelah AC sudah dimatikan, maka segera membuka jendela dan pintu lebar-lebar. Cara mudah merawat AC agar tetap awet ini agar pergantian udara dalam ruangan menjadi lebih sehat.

Selalu mematikan AC jika sudah tidak memerlukan atau Anda ingin berpergian sehingga dapat menghemat energi. Membiasakan untuk menyalakan timer saat menggunakan AC, tentunya dengan menyesuaikan kebutuhan. Apakah Anda ingin menggunakan 1 jam, 2 jam atau 3 jam. AC maksimal dinyalakan dalam waktu 5 jam, setelah itu biarkan AC mati agar mesinnya menjadi dingin terlebih dahulu, baru kemudian dinyalakan kembali.

Cara mudah merawat AC agar tetap awet lainnya yaitu AC harus dibersihkan secara rutin, dengan membersihkan bagian dalam caranya dengan membuka tutup AC. Kemudian bersihkan filternya, dicuci dengan air sampai bersih. Untuk daerah yang kondisi debunya lebih banyak, sebaiknya bersihkan AC minimal seminggu sekali. Sedangkan untuk daerah yang tidak terlalu banyak debu, Anda dapat membersihkannya 1 sampai 2 kali dalam sebulan. Saat membersihkan AC, usahakan selalu memeriksa freon, apakah sudah kosong, masih penuh atau mungkin terjadi kebocoran. Untuk pengecekan tersebut dapat dilakukan kurang lebih 6 bulan sekali.

Untuk bagian luar AC harus dibersihkan secara rutin, dengan membersihkan bagian seka-seka AC agar bersih dari debu. Dengan begitu, AC dapat beroperasi dengan baik tanpa terganggu bagian rongga untuk perputaran udaranya. Remot AC juga harus dirawat dengan baik, karena remot berfungsi untuk mengatur suhu AC. Remot AC sering rusak karena sering terbentur atau terjatuh, sehingga ada bagian yang rusak dan tidak dapat digunakan.

Itulah cara mudah merawat AC agar tetap awet yang dapat dilakukan sendiri, dengan begitu akan lebih menghemat budget pengeluaran. Dengan melakukan perawatan AC yang baik secara rutin, maka suhu AC akan tetap dingin dan mesin AC juga menjadi tidak cepat rusak.

Leave a Reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

October 20, 2015

Posted In: Intermezzo, Tips & Tricks

Tags: , ,

Leave a Comment

Kontak Cekpremi

Icon 21 Kebon Jeruk
BLok B no. 17 Jl. Meruya Ilir raya Srengseng - Kembangan
Jakarta Barat, ID 11620
Telp : 021-50517000


2014-2017 © PT. Reventon Mitra Pratama
DMCA.com Protection Status
Ikuti Kami