Tips Mudah Mengganti Lampu Motor

Lampu Motor
Image Source sidomi.com

Salah satu komponen penunjang keselamatan anda pada saat mengendarai sepeda motor adalah lampu atau headlamp. Memang headlamp tidak berkaitan langsung dengan kinerja mesin motor atau skill berkendara anda, tapi headlamp akan membantu secara visual jika anda berkendara pada malam hari atau saat dalam keadaan gelap.

Sinaran headlamp pada motor anda bisa terpengaruh dari bagaimana cara pemasangannya, jika cara dan letak pemasangannya salah, maka hal tersebut dapat membahayakan diri anda dan orang pengendara lain disekitar anda. Jadi mulai dari memilih lampu yang tepat sampai cara menggantinya diperlukan ketelitian dan juga sedikit rasa peduli dari para pemilik sepeda motor.

Dikutip dari portal berita okezone.com , seorang pakar otomotif memberikan tips singkat mengganti lampu sepeda motor seperti berikut ini :

1. Pilih lampu yang memiliki penerangan cukup dan memadai, jangan yang terlalu menyilaukan. Supaya lebih meyakinkan jangan ragu untuk bertanya pada petugas bengkel meski lampu yang anda pilih sudah standar.

2. Agar bisa langsung di test, usahakan beli lampu pada saat senja. Jadi anda dapat langsung menilai warna, terang, jangkauan, dan fokusnya. Ukur juga lebar sudut cahayanya guna menghindari ketidak samaan lebar sudut cahaya dengan sudut pandang mata anda. Sangat tidak disarankan mengganti lampu motor pada siang hari dan di tempat sempit.

Problem utama saat mengganti headlamp sepeda motor adalah sudut pencahayaan yang tidak sama. Untuk itu perlu juga diamati sudut penerangan lampu yang lama, ketahui bagaimana kadar cahaya, fokusnya, dan juga lebar sudutnya. Usahakan agar tidak menggerakan sepeda motor agar lebih mudah mengingatnya.

Setelah anda mengingatnya barulah mulai mengganti lampu sambil pastikan posisi motor atau setang tidak bergeser. Jika lampu baru sudah terpasang dengan benar, lakukan pengetesan seperti yang tadi sudah dijelaskan. Dengan mengetahui fokus, dan jangkauan lampu yang baru anda pun dapat mengetahui kualitas lampu yang dibeli.

Penting untuk menyesuaikan fokus dan juga kualitas pencahayaan lampu motor kita, agar tidak mengganggu visual pengendara lainnya di jalan. Nah, supaya lebih aman dan nyaman saat berkendara gunakan juga asuransi motor untuk sepeda motor kesayangan anda.

Lampu Motor
Cek asuransi motor termurah mulai dari Rp 100 ribu per tahun (Klik Gambar)

Related Post

Anak Jadi Pelaku Begal, Bentuk Kegagalan Orang Tua Image Source annida-online.com Aksi kriminal yang kahir-akhir ini menyita perhatian masyarakat Jabodetabek adalah pembegalan, kejadian ini sudah t...
Jangan Menyetir Mobil Jika Tubuh Anda Lelah Saat P... Image Source mommyish.com Beberapa hari lagi seluruh umat Muslim khususnya di Indonesia akan memasuki bulan Ramadhan, dimana pada saat itu, seluru...
Cara Unik Menghilangkan Gangguan Mendengkur Image Source sloshspot.com Mendengkur adalah gangguan tidur klasik yang biasa dialami oleh manusia, mungkin si penderita tidak akan terganggu oleh...

Leave a Reply

April 10, 2015

Posted In: Automotive, Tips & Tricks

Tags: , , ,

Leave a Comment

Kontak Cekpremi

Icon 21 Kebon Jeruk
BLok B no. 17 Jl. Meruya Ilir raya Srengseng - Kembangan
Jakarta Barat, ID 11620
Telp : 021-50517000


2014-2017 © PT. Reventon Mitra Pratama
DMCA.com Protection Status
Ikuti Kami