Tips Mudik Menggunakan Sepeda Motor

mudik
Image source aktualpost

Menjelang lebaran di Indonesia, maka kita tak hanya akan berbicara persiapan menuju hari raya umat Muslim tersebut. Sala satu tradisi yang cukup banyak menyita perhatian menjelang lebaran adalah pulang ke kampung halaman atau yang biasa kita kenal dengan mudik.

Libur lebaran yang cukup panjang dimanfaatkan para perantau yang mencari nafkah di kota-kota besar untuk kembali ke kampung halamannya, berkumpul, serta bersilaturahmi dengan sanak saudara dan keluarga besarnya. Sudah tentu ini menjadi momen yang amat sangat dinantikan oleh para perantau ditengah penatnya fikiran saat bekerja mencari nafkah dan menahan rindu akan keluarga di kampung halaman.

Demi memanfaatkan kondisi tersebut, maka beberapa diantaranya bahkan sampai ada yang rela berjejalan berebut kursi angkutan umum hanya demi sampai di kampung halaman sebelum lebaran tiba. Beberapa diantaranya juga ada yang lebih memilih, mudik dengan menggunakan kendaraan pribadi seperti mobil bahkan sepeda motor.

Mudik dengan mobil dan menempuh jarak yang cukup jauh sepertinya adalah hal yang sudah biasa yang dilakukan banyak orang. Tapi pulang kampung dengan sepeda motor inilah pilihan penggunaan transportasi yang cukup riskan, mengingat banyaknya kasus kecelakaan pada saat mudik yang melibatkan sepeda motor.

Meski telah dilarang, namun masih tetap saja banyak pemudik yang memilih sepeda motor sebagai transportasi untuk pulang kampung. Mereka beralasan pulang kampung dengan sepeda motor lebih cepat sampai ketimbang naik transportasi lainnya, ada juga yang berkata sayang jika sepeda motor yang sudah dibeli dari hasil jerih payah selama di kota tidak bisa dinikmati bersama keluarga di kampung halaman.

Supaya anda tetap aman meski mudik dengan sepeda motor, berikut ini adalah tipsnya :

Persiapkan kondisi fisik dan mental anda

Menempuh jarak yang jauh dengan mengendarai sepeda motor memang bukan perkara mudah. Dibutuhkan fisik dan mental yang kuat selama anda berada di perjalanan. Setidaknya dengan kondisi fisik yang baik maka akan membentuk fokus dan konsentrasi yang terus terjaga selama dalam perjalanan. Jadi tetap jaga kondisi fisik anda apabila ingin pulang kampung dengan menggunakan sepeda motor.

Servis sepeda motor anda di bengkel sebelum berangkat

Setelah fisik anda dirasa sudah sangat siap untuk mudik dengan motor, maka berikutnya yang harus dipersiapkan adalah kondisis sepeda motor anda. Usahakan seminggu atau sekurang-kurangnya 3 hari sebelum pulang kampung, anda memeriksa kondisi sepeda motor anda ke bengkel. Jika ada yang perlu diperbaiki maka perbaikilah. Ingat selain dari diri anda sendiri, keselamatan selama dalam perjalanan juga ditentukan oleh kondisi dari sepeda motor anda.

Jangan membawa barang-barang terlalu banyak

Tentu anda tidak ingin pulang ke kampung halaman dengan tangan hampa. Pasti ada sesuatu yang akan anda beri kepada sanak famili di kampung agar usaha anda selama merantau tidak sia-sia. Biasanya itulah yang dilakukan para pemudik saat pulang ke kampung halamannya untuk merayakan Idul Fitri. Biasanya mereka membawa kelengkapan persiapan untuk lebaran ke kampung mereka masing-masing.

Sebenarnya sah-sah saja jika hendak melakukan hal tersebut, namun yang perlu diketahui bagi anda yang pulang kampung dengan sepeda motor adalah, kapasitas barang bawaan anda di sepeda motor sangat terbatas. Jika terlalu overload konsekuensinya adalah akan membahayakan diri anda sendiri.

Jadi bawalah barang-barang bawaan anda secukupnya, namun jika dirasa terlalu banyak maka anda bisa menggunakan jasa pengiriman ke kampung halaman.

Tentukan rute yang akan anda lalui

Demi efisiensi waktu maka anda dapat menentukan rute mana yang akan anda lalui. Namun sebelum itu, kenali dulu medan jalannya. Karena semua akan menentukan kenyamanan anda selama berkendara, jangan lupa juga hindari-hindari wilaya yang akan diprediksi mengalami kemacetan yang cukup parah. Maka dari itu tentukan juga rute yang akan anda lalui sebelum anda berangkat pulang ke kampung halaman.

Gunakan asuransi

Untuk menjaga kenyamanan dan keamanan anda selama dalam perjalana cobala gunakan asuransi. Ada dua jenis asuransi yang bisa anda gunakan, yaitu asuransi kecelakaan diri dan asuransi motor. Dengan begitu anda tidak akan khawatir lagi akan resiko-resiko yang bisa saja menimpa anda selama dalam perjalanan nanti.

 

 

Leave a Reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

July 14, 2015

Posted In: Automotive, Tips & Tricks

Tags: , , , , , , ,

Leave a Comment

Kontak Cekpremi

Icon 21 Kebon Jeruk
BLok B no. 17 Jl. Meruya Ilir raya Srengseng - Kembangan
Jakarta Barat, ID 11620
Telp : 021-50517000


2014-2016 © PT. Reventon Mitra Pratama
DMCA.com Protection Status
Ikuti Kami