Perhatikan Tips Penting Membeli Motor Bekas

tips membeli motor bekas

Membeli motor bekas bisa dijadikan pilihan menguntungan bagi kalian yang tidak memiliki cukup uang untuk membeli motor baru. Namun dikarenakan kalian membeli motor bekas pastinya banyak yang harus kalian perhatikan. Mulai dari legalitas, kondisi mesin dan juga kondisi bodi motor. Jika kalian salah memilih motor bekas, bisa-bisa kerugian yang kalian dapatkan. Simak tips membeli motor bekas terupdate 2021 di artikel ini ya!

Tips Membeli Motor Bekas

– Pilih jenis motor yang akan dibeli dan ketahui harga pasaran motor

Hal pertama yang harus kalian lakukan adalah mengetahui harga pasaran motor. Jika kalian sudah tahu jelas, maka otomatis kalian bisa memilih harga motor yang masuk di akal. Pastikan juga kalian terus mencari harga yang paling murah agar mendapatkan keuntungan maksimal.

– Cek kelengkapan surat kendaraan

Setelah menentukan motor yang ingin dibeli, tips selanjutnya adalah dengan mengecek kelengkapan surat motor. Hal ini dilakukan agar kalian tidak membeli motor hasil curian atau bodong. Tentunya kalian tidak mau bukan saat razia polisi motor kalian diambil pihak kepolisian? Pastikan BPKB dan STNK lengkap dan pajak masih terus dibayarkan.

– Cocokkan nomor rangka dan nomor mesin

Hal ini merupakan salah satu hal penting yang harus kalian cek. Jika nomor rangka dan nomor mesin tidak sesuai kemungkinan besar motor tersebut adalah hasil curian. Selalu cocokkan nomor rangka dan nomor mesin agar di kemudian hari kalian tidak repot sendiri jika ada razia polisi.

Baca juga artikel kami seputar sepeda motor lainnya di:

Ternyata Begini Cara Agar Tarikan Gas Motor Enteng!

– Cek berapa jarak yang sudah ditempuh oleh motor

Seringkali jarak yang ditempuh merupakan indikator kuat yang dapat mempengaruhi harga sebuah motor bekas. Jika jarak yang sudah ditempuh melebihi 40.000 km biasanya harga motor jauh lebih murah. Meskipun lebih murah kalian harus cek kondisi mesin apakah penjual selalu merawat mesin atau tidak.

– Pastikan body motor tidak ada lecet dan sparepart masih orisinil

Bagi sebagian orang hal ini adalah hal penting yang harus di cek. Jika ada lecet, maka kalian bisa melakukan nego ulang harga ke penjual. Pastikan saja kondisi body motor masih mulus dan enak dipandang. Untuk masalah sparepart kalian bisa mengajak montir kepercayaan atau saudara yang mengerti soal mesin untuk membantu. Pastikan seluruh suku cadang masih orisinil.

– Cek kondisi mesin dan indikator pada dashboard motor

Untuk melakukan cek mesin, kalian bisa menyalakan mesin dan mendengar suara yang dihasilkan oleh mesin. Pastikan suara masih halus dan motor nyaman saat dikendarai. Lihat pula bagian indikator motor agar dan pastikan semua fungsi indikator masih berfungsi.

– Pastikan kondisi listrik di motor tidak ada masalah

Hal ini juga merupakan salah satu hal penting yang harus diperhatikan, cara mengeceknya adalah dengan menyalakan lampu depan, lampu sein, lampu rem dan klakson semua nya berfungsi dengan baik. Pastikan juga starter listrik berfungsi dengan lancar.

Berikan perlindungan lebih ke motor bekas kalian

Membeli motor bekas artinya kalian siap dengan segala resiko biaya servis yang harus dilakukan. Meskipun ada motor bekas yang tidak perlu di servis, tetap saja kebanyakan motor bekas memerlukan servis ulang.Untuk membeli asuransi, kalian bisa kunjungi Cekpremi untuk berbagai pilihan produk asuransi motor yang terpercaya dan menguntungkan! Dapatkan berbagai keuntungan dengan menghubungi tim sales kami ya!