7 Tips Perencanaan Keuangan yang Efektif bagi Semua Kalangan

Apr - 19
2021
Perencanaan Keuangan

7 Tips Perencanaan Keuangan yang Efektif bagi Semua Kalangan

Salah satu ciri generasi yang melek finansial yaitu memiliki perencanaan keuangan yang matang dan komprehensif. Jika Anda belum melakukannya, simak beberapa tips penting yang bisa Anda ikuti di artikel ini.

Sama seperti sebuah perusahaan, setiap individu juga sudah perlu memiliki catatan keuangannya masing-masing.

Hal ini dilakukan agar pos-pos pengeluaran dan pemasukan tercatat dengan baik sehingga kondisi keuangan pun bisa tetap terjaga.

Ingat, tanpa perencanaan keuangan yang baik, Anda akan selalu merasa kekurangan tak peduli berapa pun pemasukan yang didapatkan.

Jika Anda ingin kondisi finansial yang lebih positif, yuk praktikkan segera beberapa tips perencanaan keuangan penting berikut ini.

7 Tips Perencanaan Keuangan Penting untuk Dipraktikkan Segera

1. Tentukan Tujuan Finansial Anda

Hal pertama yang harus Anda lakukan untuk memiliki perencanaan keuangan yang baik yaitu dengan mengetahui tujuan finansial di masa depan.

Apakah Anda ingin memiliki kendaraan pribadi tiga tahun lagi? Apakah Anda ingin memiliki rumah pribadi lima tahun mendatang?

Jika tujuan sudah didapatkan, berikutnya Anda bisa lebih mudah dalam merancang strategi, langkah yang dibutuhkan, hingga pengalokasian dari pendapatan bulanan. 

2. Buat Catatan Keuangan yang Komprehensif

Setelah memahami tujuan finansial Anda di masa depan, berikutnya Anda perlu melakukan pencatatan keuangan secara terperinci.

Selain mencatat seluruh pemasukan yang didapatkan, sangat penting juga untuk mencatat setiap pengeluaran yang timbul, sekecil apa pun nilainya.

Catatan yang baik dan terperinci akan sangat membantu akuntabilitas kondisi finansial Anda yang tentunya dapat membuat perencanaan keuangan semakin matang.

3. Biasakan Hidup Hemat

Sebesar apa pun pemasukan yang didapatkan, Anda mungkin akan selalu merasa tak cukup jika tak membiasakan hidup hemat.

Perencanaan keuangan yang efektif membutuhkan pengorbanan. Dalam hal ini, pengorbanan yang perlu Anda lakukan yaitu membatasi pengeluaran yang tak dibutuhkan.

Fokuskan pengeluaran untuk kebutuhan, kurangi pemenuhan keinginan, dan batasi alokasi untuk ongkos kesenangan mulai dari sekarang juga.

4. Segera Lunasi Utang Anda

Hal paling utama agar dapat memiliki perencanaan keuangan yang matang yaitu membatasi utang agar arus kas tetap positif.

Utang memang membantu mempermudah berbagai hal dalam jangka pendek. Namun, di sisi lain bisa menjadi beban yang cukup memberatkan secara jangka panjang.

Jika masih ada tanggung jawab utang yang belum tuntas, lebih baik dahulukan melunasinya sebelum mengalokasikan uang tersebut untuk kebutuhan lainnya.

5. Mulai Berinvestasi

Tahukah Anda, selain dari kalangan pengusaha, banyak miliuner di dunia yang juga kaya berkat investasi?

Artinya, jika Anda ingin berkembang secara finansial, Anda juga perlu mulai berinvestasi.

Untungnya saat ini sudah tersedia banyak pilihan investasi yang bisa Anda coba dengan mudah, bahkan dengan harga yang terjangkau.

Anda bisa memilih investasi saham, reksa dana, P2P, hingga investasi properti.

6. Alokasikan Dana Darurat

Tidak ada yang tahu pasti apa yang akan terjadi di masa depan. Itulah kenapa Anda perlu mengalokasikan dana darurat ke dalam perencanaan keuangan bulanan.

Dana darurat ini nantinya bisa Anda pakai untuk berbagai kebutuhan mendadak yang tak terduga semisal kebutuhan pendidikan, usaha bangkrut, atau bahkan musibah sakit.

Idealnya, tabungan dana darurat ini mengambil porsi 5-10% dari total pendapatan Anda.

7. Beli Asuransi untuk Proteksi Ekstra

Tips terakhir dalam menyusun perencanaan keuangan yang efektif yaitu menyediakan asuransi sebagai perlindungan ekstra bagi diri sendiri dan keluarga.

Ada banyak jenis asuransi yang bisa Anda pilih, mulai dari asuransi kesehatan, asuransi kecelakaan, hingga asuransi jiwa yang lebih menyeluruh.

Silakan pilih jenis asuransi yang paling Anda butuhkan dan paling sesuai dengan kemampuan Anda.

***

Itulah beberapa tips perencanaan keuangan penting yang perlu Anda ketahui.

Jika membutuhkan proteksi ekstra, Anda bisa membeli produk asuransi jiwa untuk melindungi Anda dan keluarga di masa depan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

banner asuransi covid