Tips Praktis Berkendara Aman dan Nyaman di Jalan Tol

Mar - 25
2019
Tips Berkendara Aman dan Nyaman di Jalan Tol

Tips Praktis Berkendara Aman dan Nyaman di Jalan Tol

Berkendara di jalan tol dianggap sebagai solusi terbaik untuk memangkas waktu tempuh dan menghindari kemacetan. Apalagi kini banyak ruas tol baru yang bisa dilewati ketika bepergian ke luar kota. Anggapan tersebut memang benar. Namun, nyatanya masih ada saja kecelakaan mobil di jalan tol yang terjadi akibat kelalaian.

Jadi, apa yang harus dilakukan agar bisa berkendara aman dan nyaman di jalan tol?

Daftarkan Gratis !

Dapatkan penawaran MENARIK dan diskon BESAR dari kami

I will never give away, trade or sell your email address. You can unsubscribe at any time.

Yuk simak dulu ulasan tipsnya berikut ini!

Menyiapkan Kondisi Mobil Sebelum Menempuh Perjalanan

Kondisi mobil jelas menjadi faktor penentu keselamatan berkendara di jalan raya. Anda wajib memeriksa beberapa komponen mobil seperti ban, sistem kelistrikan, dan sistem rem. Mobil yang kondisinya prima akan meminimalkan risiko kecelakaan di jalan tol. Anda pun bisa mengendarainya secara leluasa ketika menempuh perjalanan dalam waktu lama.

Kondisi Fisik Pengemudi Juga Penting

Selain kondisi mobil, kondisi fisik pengemudi juga tak kalah penting ketika berkendara di jalan tol. Fisik yang kurang prima akan membuat Anda mudah lelah dan gampang kehilangan konsentrasi. Padahal, Anda harus berkonsentrasi penuh selama mengemudi. Pengemudi mobil harus berada dalam kondisi sehat, tidak mengantuk saat menyetir mobil, dan tidak terlalu kenyang ketika akan mengendarai mobil.

Bila kondisi fisik Anda sedang prima, Anda bisa menempuh perjalanan dalam waktu singkat. Karena Anda mampu berkonsentrasi penuh selama mengendarai mobil.

Mengendarai Mobil dengan Kecepatan Standar

Batas kecepatan mobil yang diperbolehkan di jalan tol berkisar antara 60 hingga 80 km per jam. Kecepatan standar tersebut akan membantu menjaga jarak aman mobil Anda dengan mobil-mobil lainnya. Mengendarai mobil dengan kecepatan standar di jalan tol akan meminimalkan risiko kecelakaan beruntun. Anda pun masih sempat mengerem jika mobil di depan Anda berhenti secara mendadak. Di samping itu, Anda pun mudah menstabilkan kondisi mobil di tikungan atau turunan jika kecepatannya tidak berlebihan.

Jangan Hanya Fokus dengan Pandangan ke Depan

Memandang ke depan terus-menerus saat melewati jalan tol memang membuat pengemudi rentan mengantuk. Hal inilah yang sering menyebabkan kecelakaan lalu lintas di jalan tol. Supaya Anda tidak mudah mengantuk saat berkendara, usahakan untuk melihat ke arah lain secara teratur. Melirik spion dan mengalihkan pandangan selama beberapa detik akan membuat Anda tetap fokus. Sehingga Anda tidak mudah mengantuk meskipun harus menempuh perjalanan panjang selama berjam-jam.

Berhenti untuk Beristirahat Sejenak

Rasa lelah selama berkendara membuat Anda tak perlu ragu berhenti sejenak ketika melintasi jalan tol. Anda dapat berhenti setiap satu hingga dua jam sekali untuk mengembalikan stamina. Manfaatkan waktu rehat tersebut untuk tidur sebentar atau melakukan peregangan otot. Bila Anda sudah kembali segar, Anda dapat melanjutkan perjalanan. Jika memungkinkan, Anda juga bisa mengemudi secara bergantian dengan penumpang mobil lainnya.

Jangan Terlalu Sering Berpindah Jalur

Berpindah jalur terlalu sering dapat meningkatkan risiko kecelakaan di jalan tol. Apalagi bila kondisi jalan tol sedang padat merayap. Oleh sebab itu, usahakan untuk menjaga jarak aman dan berkendara di jalur kiri. Kecuali bila Anda memang berniat menambah kecepatan dan menyalip kendaraan lain. Pastikan bahwa jarak antar mobil berada dalam keadaan aman untuk berpindah jalur.

Menyalakan Lampu yang Tepat sesuai Kondisi Jalan Tol

Berkendara di jalan tol tetap membuat Anda harus cermat menyalakan lampu mobil. Anda tetap harus menyalakan lampu sein ketika akan mendahului mobil lain. Demikian pula halnya dengan lampu jauh yang harus dinyalakan saat hujan atau cuaca berkabut. Menyalakan lampu merupakan tanda penting bagi pengendara mobil lain untuk siaga dan menjaga jarak aman.

Bila Anda sering mengemudi di jalan tol, kepemilikan asuransi mobil akan membuat Anda lebih leluasa dan merasa aman. Apalagi bila Anda memilih asuransi mobil ACA. Karena bengkel rekanan asuransi ACA sangat profesional dan tersebar di berbagai wilayah. Jumlah bengkel rekanan asuransi ACA yang terbilang banyak akan membuat proses perbaikan mobil berlangsung lebih cepat.

Selain ACA, masih banyak produk asuransi mobil lainnya yang tak kalah berkualitas. Jadi, sisihkan sedikit waktu Anda untuk memilih asuransi mobil terbaik demi melindungi mobil kesayangan. Risiko tak terduga akibat kecelakaan atau pencurian mobil akan ditanggung oleh asuransi andalan Anda.

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *