Titik-Titik Jalur Mudik dengan Potensi Macet Parah 2017

Mudik, adalah sebuah istilah yang digunakan untuk menyebut sebuah tradisi yang ada di bulan Ramadan. Mudik juga adalah ketika beberapa titik lalu lintas menjadi padat merayap dengan kendaraan-kendaraan yang dikemudikan menuju kampung halaman masing-masing. Banyaknya kendaraan itu  membuat mudik juga identik dengan kemacetan dan tidak jarang juga kasus kecelakaan.

Daftarkan Gratis !

Dapatkan penawaran MENARIK dan diskon BESAR dari kami

I will never give away, trade or sell your email address. You can unsubscribe at any time.

Pada umumnya, yang melakukan mudik adalah masyarakat perkotaan, terutama Jakarta. Sedangkan, untuk tujuan mudiknya sendiri beragam yaitu bisa menuju ke daerah Jawa Tengah, Jawa Timur, Jawa Barat, hingga ke luar pulau Jawa. Hal ini tidak lain dan tidak bukan disebabkan oleh Jakarta sebagai ibu kota Indonesia yang menjadi pusat begitu banyak hal di Indonesia sehingga penduduk dari berbagai macam daerah di Indonesia mendatangi Jakarta, dan tidak jarang pula yang menetap di sana. Nah, di waktu seperti bulan puasa seperti ini lah yang seolah menjadi momen bagi sebagian besar orang untuk kembali ke kampung halamannya masing-masing.

Walaupun kampung halaman atau tujuan mudik itu beragam, jalur yang dilewati pada dasarnya bisa sama, sama-sama melalui tol-tol tertentu hingga lalu lintas tersebut menjadi titik-titik kemacetan. Tidak terkecuali untuk mudik pada tahun 2017 ini.

Beikut ini telah dirangkum titik-titik jalur mudik dengan potensi macet yang parah di tahun 2017:

Untuk Jawa Tengah sendiri, ada setidaknya 160 titik kemacetan dengan 106 titik rawan kecelakaan, terutama di tol Brebes exit Timur yang tahun lalu mengalami kemacetan yang sangat parah pada arus mudiknya. Tidak heran jika berdasarkan pengalaman tahun lalu itu, Brebes menjadi salah satu jalur mudik dengan potensi kemacetan yang besar untuk tahun ini juga.

Selain itu, wilayah Pantura Tegal dan Pantura Pekalongan juga cukup memiliki potensi macet yang parah. Titik kemacetan lainnya yang patut diwaspadai juga adalah wilayah Gringsing, kabupaten Batang. Wilayah Brebes selatan seperti kecamatan Tojong, Linggapura, juga cukup berpotensi.

Untuk mengantisipasi kemacetan tersebut, pemerintah sudah melakukan beberapa upaya seperti membangun lebih banyak flyover, seperti Dermoleng, Klonengan, Kesambi, dan Kretek untuk mengatasi atau mengurangi dampat kemacetan yang luar biasa di daerah Brebes.

Jalur mudik yang menuai kemacetan parah seperti itu bagaimanapun memang harus diantisipasi untuk setidaknya mengurangi atau meminimalisir resiko yang bisa terjadi. Selain upaya dari pemerintah, Anda sebagai pemudik juga bisa menyiapkan antisipasi seperti mempersiapkan keperluan mudik sebaik mungkin sebelum berangkat dan juga mengecek jalur mudik-jalur mudik mana kira-kira yang berpotensi macet parah dan apakah ada jalan atau jalur alternatif untuk Anda lewati. Menggunakan asuransi juuga bisa menjadi salah satu rekomendasi paling baik untuk Anda perjalanan mudik yang aman.

Untuk tahun 2017 ini, Anda juga harus tahu jika menggunakan jalur mudik Pantura masih menjadi jalur mudik utama yang bisa Anda gunakan, meskipun semuanya pada selanjutnya tetap tergantung pada tempat tujuannya.

Related Post

5 Hal Yang Harus Dilakukan Sebelum Mudik Lebaran Image source: travelsia Mudik ketika lebaran seperti sudah menjadi sebuah kebiasaan atau ritual tahunan yang wajib dilakukan, selain agar bisa berku...
Hal-Hal yang Perlu Disiapkan Menjelang Lebaran Menjelang lebaran, banyak hal yang perlu dipersiapkan. Hari raya Idul Fitri atau lebaran juga seringkali disebut dengan hari kemenangan: setelah m...
Tips Mudik Menggunakan Sepeda Motor Image source aktualpost Menjelang lebaran di Indonesia, maka kita tak hanya akan berbicara persiapan menuju hari raya umat Muslim tersebut. Sala s...

Leave a Reply

June 20, 2017

Posted In: Features

Tags: , ,

Leave a Comment

Kontak Cekpremi

Icon 21 Kebon Jeruk
BLok B no. 17 Jl. Meruya Ilir raya Srengseng - Kembangan
Jakarta Barat, ID 11620
Telp : 021-50517000


2014-2017 © PT. Reventon Mitra Pratama
DMCA.com Protection Status
Ikuti Kami