Toyota GR 86, Perbedaan dengan Subaru BRZ

mobil sport 2 pintu toyota 86

Toyota GR 86 merupakan mobil sport yang didesain super mewah dan modern. Mobil ini adalah salah satu hasil kolaborasi dengan merek mobil lain yaitu Subaru. Hasil kolaborasi mereka yang lainnya adalah mobil Subaru BRZ. Keduanya meluncur ke pasar Indonesia dalam waktu bersamaan.

Asuransi Mobil

Toyota memang dikenal gemar berkolaborasi. Produsen mobil asal Jepang itu telah berkolaborasi dengan beberapa produsen mobil lainnya seperti Daihatsu hingga produsen mobil mewah asal Jerman, BMW. Proyek yang dihasilkan pun cukup banyak, antara lain; Toyota Avanza – Daihatsu Xenia, Toyota Rush – Daihatsu Terios, Toyota Calya – Daihatsu Sigra, Toyota Agya – Daihatsu Ayla hingga mobil sport Toyota Supra – BMW Z4.

Meski Toyota 86 dan Subaru BRZ adalah hasil dari product sharing yang mana dikembangkan secara bersamaan dan punya banyak kemiripan, namun masing-masing dari keduanya tetap memiliki perbedaan dan keunikannya tersendiri. Nah, berikut adalah informasi perbedaan dari keduanya. Simak sampai selesai ya.

  • Desain Wajah

Secara sekilas keduanya memang susah untuk dikenali. Namun kalau diperhatikan dengan seksama lagi, terdapat pembeda diantara keduanya. Perbedaan yang paling jelas ada pada desain wajah mobil. Logo pada kedua mobil tersebut sudah pasti berbeda karena dikeluarkan oleh produsen yang berbeda pula. Selain itu, grill pada kedua mobil juga berbeda. Keduanya punya bentuk lesung pipit yang beda sudut wajah mobil. 

Lampu depan mobil juga berbeda diantara keduanya. Subaru dilengkapi LED DRL (Day-time Running Lights) sampai ke alis, sehingga menjadikan mobil ini punya kumis yang sedikit lebih proporsional penempatannya. Sedangkan Toyota hanya menghias garis mata bagian kelopaknya saja, sehingga membuat ruang menaruh plat nomor kendaraan jadi terlihat seperti kumis dipotong pendek kedua sisinya. 

  • Bobot Mobil

Tentunya, bobot mobil sangat berperan penting terhadap performa. Mobil Toyota memiliki bobot yang lebih ringan sekitar 7 kg dari mobil Subaru. Hal ini telah diklaim oleh Toyota bahwa mobil sport ekonomis yang mereka ciptakan terbuat dari material ringan yang bisa menghemat bobot kendaraan. Perbedaan ini tidak terdengar begitu besar. Namun pada mobil kembar identik seperti ini, perbedaan bobot sedikit saja memiliki makna yang pasti berarti.

  • Performa Mesin

Kedua mobil ini berbagi mesin yang sama yakni memiliki mesin boxer yang berkapasitas 2,4 liter. Namun, keduanya mempunyai spesifikasi rasio kompresi yang berbeda. Toyota memiliki rasio kompresi dengan versi 12,5:1. Sedangkan Subaru mempunyai rasio kompresi dengan versi 13,5:1. 

Dengan menggunakan mesin boxer 4-silinder 2,4 liter buatan Subaru, Toyota merilis mendapatkan hasil tenaga 232 hp pada 7.000 rpm dengan torsi puncak 250 Nm pada 3.700 rpm. Sedangkan Subaru BRZ hanya menghasilkan tenaga 228 hp. Performa ini lebih rendah 4 h dibandingkan Toyota 86. Selain itu, ditambah dengan bobot yang lebih ringan 7 kg dari Subaru, Toyota mampu melesat dari posisi diam sampai 100 km / jam dalam 6,3 detik. Sedangkan Subaru BRZ terpaut sedikit lebih lambat dengan catatan 6,5 detik.

  • Interior

Kedua mobil mempunyai bagian dalam yang terbilang tak ada bedanya. Mereka menganut layout dashboard dan tata letak instrumen yang sama. Keduanya juga dibekali dengan sistem multimedia layar sentuh 8 inci yang sama. Namun, ternyata ada perbedaan sedikit dari keduanya yaitu interior dan jok Subaru BRZ sudah dilapis material kulit dan Alcantara. Sementara, opsi ini tidak semua tersedia pada varian Toyota 86. 

Selain itu, jangan lupa untuk gunakan layanan asuransi mobil. Salah satu manfaat yang didapat, kamu tidak perlu khawatir ketika mengemudikannya. Karena jika mobil mengalami kerusakan seperti baret pada body, maka biaya perbaikan akan ditanggung pihak asuransi.

Kamu bisa gunakan layanan asuransi mobil dari Cekpremi. Layanan yang diberikan telah bekerja sama dengan Mitra yakni perusahaan asuransi ternama seperti; Simas Insurtech dan Mega Insurance. Asuransi Simas Insurtech memiliki dua polis yang ditawarkan, yaitu Total Loss Only (TLO) dan Comprehensive (all risk). Batas usia kendaraan yang bisa diasuransikan juga cukup lama. Untuk Comprehensive sampai dengan usia 10 tahun, dan untuk TLO sampai dengan usia 20 tahun. Sedangkan Mega Insurance, juga menyediakan dua polis. Proses klaim asuransi ini cukup mudah, karena sudah dilengkapi aplikasi Mega Insurance Assistant.

Kamu juga bisa gunakan Intra Asia atau Staco Mandiri sebagai pilihan asuransi kendaraanmu. Yuk kunjungi Cekpremi dan dapatkan cashback dalam jumlah menarik.

Pertanyaan Terkait 

Toyota GR 86 merupakan hasil kolaborasi siapa?

Toyota GR 86 merupakan mobil hasil kolaborasi antara produsen mobil asal Jepang yakni Toyota dengan produsen mobil Subaru. Mobil lainnya yang dikeluarkan adalah Subaru BRZ. Keduanya muncul di pasar Indonesia dalam waktu bersamaan.