Tradisi Melepaskan Burung Pipit Saat Imlek

Imlek
Image Source Okezone.com

Bagi-bagi angpao pada saat adalah tradisi yang biasa dijumpai pada saat imlek, akan tetapi selain bagi-bagi angpao rupanya ada satu lagi tradisi yang biasa dilakukan pada saat perayaan imlek. Yaitu melepas burung pipit dihalaman vihara.

Seperti biasa masyarakat tionghoa menjelang peryaan imlek mengunjingi vihara atau klenteng untuk memanjatkan doa. Namun beberapa dari jemaat melakukan tradisi melepas sekumpulan burung pipit di halaman vihara .

Daftarkan Gratis !

Dapatkan penawaran MENARIK dan diskon BESAR dari kami

I will never give away, trade or sell your email address. You can unsubscribe at any time.

Seperti yang di lakukan beberapa jemaat di vihara dharma bhakti yang merupakan vihara tertua di Jakarta, tepatnya di kawasan glodok, kota, Jakarta barat, rabu (18/2/2015). Biasanya sekumpulan burung pipit didalam sebuah kotak persegi panjang di bawa oleh jemaat hingga satu persatu burung pipit beterbangan ke angkasa.

Menurut salah satu pengurus di vihara dharma bhakti, melepas burung pipit ini memang memiliki makna dan sebuah harapan. Filosopi dari tradisi melepas burung pipit ini adalah sebagai simbol melepaskan masalah manusia, karena setiap manusi pasti memeiliki masalah. Burung-burung pipit tersebut di analogikan sebagai masalah, jadi dengan dilepaskannya maka diharapkan masalah yang menghinggapi manusiapun bisa terbang jauh.

 

 

Related Post

Leave a Reply

February 19, 2015

Posted In: Hot News

Tags: , , , ,

Leave a Comment

Popular Post

Latest Post

Kontak Cekpremi

Icon 21 Kebon Jeruk
BLok B no. 17 Jl. Meruya Ilir raya Srengseng - Kembangan
Jakarta Barat, ID 11620
Telp : 021-50517000


2014-2017 © PT. Reventon Mitra Pratama
DMCA.com Protection Status
Ikuti Kami