Trik Aman Mengemudi Jarak Jauh ke Luar Kota

Mar - 27
2019
Tip Aman Mengemudi Jarak Jauh ke Luar Kota

Trik Aman Mengemudi Jarak Jauh ke Luar Kota

Mengemudi jarak jauh bukanlah hal asing bagi masyarakat modern. Apalagi kini sudah banyak jalur jalan tol baru  yang diresmikan di berbagai penjuru tanah air. Dukungan infrastruktur tersebut membuat aktivitas mengemudi ke luar kota terasa semakin praktis.

Apakah Anda termasuk orang yang sering mengemudi jarak jauh hingga ke luar kota?

Daftarkan Gratis !

Dapatkan penawaran MENARIK dan diskon BESAR dari kami

I will never give away, trade or sell your email address. You can unsubscribe at any time.

Bila iya, berarti Anda harus memahami beberapa trik ini. Jadikan trik-trik tersebut sebagai pedoman untuk mengemudi secara aman ke mana pun Anda pergi:

Istirahat Cukup sebelum Mengemudi

Anda harus beristirahat yang cukup sebelum mengemudi jarak jauh. Usahakan untuk tidur selama tujuh sampai delapan jam demi menjaga stamina tubuh. Kalau Anda sudah tidur cukup, Anda akan lebih bersemangat dan mudah berkonsentrasi selama mengemudikan mobil. Istirahat cukup juga menjadi hal yang sangat penting kalau Anda mengemudi sendiri tanpa ada yang menggantikan.

Memeriksa Kondisi Mobil secara Cermat

Jangan mengabaikan kondisi mobil bila akan melakukan perjalanan jauh. Mungkin selama ini mobil Anda tidak pernah bermasalah. Namun, bukan berarti Anda tak perlu memeriksanya sebelum perjalanan jauh. Anda harus memeriksa beberapa bagian secara cermat, mulai dari kondisi ban, sistem pengereman, sistem kelistrikan, wiper, hingga AC mobil. Kerusakan sekecil apa pun harus segera ditangani supaya tidak mengganggu perjalanan panjang ke luar kota.

Harus Mempersiapkan Bahan Bakar

Sebaiknya Anda mengisi bahan bakar mobil sampai penuh sesaat sebelum pergi ke luar kota. Dengan demikian, Anda tak akan direpotkan oleh mobil yang kehabisan bahan bakar ketika melewati daerah sepi. Di samping itu, kondisi kemacetan parah juga akan mempengaruhi penggunaan bahan bakar. Anda tentu tak ingin kan mobil Anda mogok di perjalanan hanya karena kehabisan bensin?

Memilih Rute Paling Aman

Rute tercepat tak harus selalu menjadi pilihan Anda. Walaupun Anda pasti ingin cepat sampai ke kota tujuan. Usahakan untuk memilih rute dengan karakteristik jalan paling aman. Daripada memilih jalan pintas yang curam atau rusak, alangkah lebih baik bila Anda melewati jalur reguler saja. Sehingga risiko kecelakaan akibat kelalaian manusia atau bencana alam dapat diminimalkan. Anda juga bisa menggunakan aplikasi GPRS untuk memilih rute aman yang tidak terlalu macet.

Cermat Membuat Estimasi Waktu

Meskipun Anda sedang terburu-buru agar lekas sampai di kota tujuan, Anda tetap harus tenang ketika mengemudi. Jangan sampai kecepatan mobil yang berlebihan malah meningkatkan risiko kecelakaan lalu lintas. Buatlah estimasi waktu perjalanan secara cermat dengan memperhitungkan kondisi macet dan hambatan lainnya. Sehingga kemungkinan besar Anda tidak terlambat sampai di kota tujuan.

Selalu Membawa Perkakas Mobil

Pastikan bahwa Anda selalu membawa perkakas mobil ketika bepergian, termasuk saat melakukan perjalanan jarak jauh. Beberapa peralatan sederhana seperti ban mobil cadangan, dongkrak, air radiator, dan berbagai kunci serta obeng tak boleh dikeluarkan dari mobil. Ban cadangan harus selalu dalam keadaan siap dipakai untuk menggantikan ban mobil yang bocor atau sobek. Kalaupun mobil Anda mengalami kerusakan di kawasan terpencil, Anda bisa memperbaikinya sendiri atau meminta bantuan orang lain tanpa harus mencari bengkel.

Menggunakan Pakaian yang Nyaman

Jangan mengabaikan pengaruh pakaian terhadap perjalanan Anda. Saat mengemudi, Anda wajib menggunakan pakaian yang nyaman supaya leluasa bergerak. Sehingga Anda tak merasa risih atau sulit bergerak dalam perjalanan jauh. Selain pakaian yang nyaman, Anda juga harus memperhatikan alas kaki yang Anda gunakan. Alas kaki yang tidak terlalu tebal dan tidak licin wajib menjadi prioritas Anda. Supaya kaki Anda tidak mudah pegal dan leluasa bergerak menginjak pedal-pedal mobil.

Persiapan matang untuk mengemudi jarak jauh ke luar kota akan meminimalkan risiko kecelakaan lalu lintas. Namun, Anda juga tak boleh lupa menyiapkan asuransi mobil all risk untuk melindungi mobil kesayangan Anda. Asuransi mobil all risk termurah kini bisa memberikan manfaat yang sebanding dengan kebutuhan Anda. Masalah kecelakaan, kerusakan (akibat bencana alam, terorisme, dan lainnya), dan pencurian mobil tak akan menjadi beban pikiran Anda lagi.

Berbekal asuransi mobil all risk termurah andalan Anda, proteksi mobil kesayangan jadi semakin maksimal dan tidak membebani kondisi finansial di masa mendatang. Sudahkah Anda menentukan asuransi mobil terbaik untuk mobil kesayangan?

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *