Tujuh Tanda Pengelolaan Keuangan Kamu Buruk

Pengelolaan Keuangan
Image Source homeownership.ca

Ada senyum yang tersungging di bibir para pekerja saat memasuki tanggal gajian, tapi senyum tersebut hilang dan seolah-olah nge-flush saat memasuki akhir bulan. Lalu apakah sebenarnya sirkulasi keuangan yang seperti ini bisa dikatakan baik sehat untuk kondisi finansial kamu ? Berikut adalah tujuh tanda pengelolaan keuangan kamu buruk :

Kartu Kredit Limit

Kemudahan yang diberikan Kartu kredit sering kali membuat si pemilik kalap saat menggunakannya, banyak orang yang justru menggunakan kartu kredit untuk membeli barang-barang yang tidak dibutuhkan. Padahal transaksi yang kartu kredit yang bisa dicicil itu seharusnya digunakan untuk memenuhi kebutuhan yang tidak dapat dipenuhi dari penghasilan kamu bekerja selama satu bulan.

Terlambat membayar

Banyak orang yang mengesampingkan pembayaran tagihan kartu kredit, listrik, air, dan lainnya karena dianggap bukan sebuah prioritas utama. Seharusnya hal tersebutlah yang harus diutamakan, bukan berarti di awal gajian kamu tidak boleh makan enak. Namun tetap kewajiban pembayaran tagihan harus diutamakan.

Tidak punya rencana

Saat mulai memasuki ‘tanggal tua’ kamu malah mempertanyakan kemanakah uang gajian kamu dihabiskan. Hal ini sering terjadi akibat kamu tidak punya perencanaan keuangan yang baik selama satu bulan .

Tidak punya simpanan

Simpanan amat dibutuhkan saat ada keadaan-keadaan darurat yang berkaitan dengan uang kamu. Bisa jadi biaya berobat, biaya renovasi, atau biaya-biaya tidak terduga lainnya yang datang. Jika kamu tidak memiliki simpanan, maka bersiaplah untuk terombang-ambing kebingungan saat kondisi-kondisi tersebut menyerang kamu, apalagi jika hal tersebut terjadi di akhir bulan.

Tidak sabar

Pernahkah kamu bertanya kepada diri kamu sendiri kenapa selalu tidak sabar menanti tanggal-tanggal gajian ? Padahal beberapa hari sebelumnya kamu baru saja menerima uang gaji tersebut dua hari yang lalu. Jelas hal tersebut berarti kondisi keuangan kamu sudah berada di zona merah.

Tidak dipercaya

Kondisi kesehatan keuangan kamu juga bisa dilihat dari bagaimana linkungan sekitar memandang kamu, jika mereka enggan memberikan pinjaman uang atau sejenisnya. Bisa jadi mereka melihat bahwa sisi keuangan kamu tidak baik. Bahkan, hingga bank dan kerabat terdekat kamu enggan memberikan pinjaman uang berarti itu menandakan kondisi keuangan kamu sedang lemah akibat dari pengelolaan keuangan yang buruk.

Tidak suka menabung

Banyak manfaat yang bisa kita dapatkan dari hasil menabung, namun ada saja godaan yang datang selama kita menabung uang yang disisihkan dari penghasilan kamu. Pada akhirnya hasil menabung yang sudah dijalankan selama bertahun-tahun lamanya harus habis dalam sekejap karena tidak mampu mengontrol pengeluaran.

Demikian tujuh tanda yang menggambarkan bahwa pengelolaan keuangan buruk, adakah salah satu tanda tersebut yang kamu alami ?

 

Pengelolaan Keuangan
Yukkk pilih asuransi terbaik anda disini (klik gambar)

Leave a Reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

September 7, 2015

Posted In: Financial, Tips & Tricks

Tags: , , , , , ,

Leave a Comment

Kontak Cekpremi

Icon 21 Kebon Jeruk
BLok B no. 17 Jl. Meruya Ilir raya Srengseng - Kembangan
Jakarta Barat, ID 11620
Telp : 021-50517000


2014-2016 © PT. Reventon Mitra Pratama
DMCA.com Protection Status
Ikuti Kami