13 Ide Usaha Franchise Menjanjikan Tahun 2023

Usaha franchise

Terdapat beragam jenis usaha franchise yang bisa Anda manfaatkan sebagai peluang bisnis. Dalam dunia franchise dikenal adanya franchisor atau pemberi waralaba dan franchisee atau penerima waralaba. Keduanya akan sama-sama memperoleh keuntungan.

Ide Usaha Franchise Menjanjikan Tahun 2023 Modal Besar dan Kecil

Ide usaha franchise modal besar dan kecil terus bermunculan. Anda bisa memilih yang sesuai bujet serta keinginan. Pada dasarnya usaha franchise ialah bisnis yang didasari kesepakatan. Artinya Anda sebagai franchisee berkomitmen untuk mengelola juga menjalankan semua aspek yang terdapat dalam usaha tersebut, termasuk operasional dan promosi. Berikut beberapa usaha franchise menjanjikan tahun 2023.

  • Mixue

Merk yang satu ini tentu tidak asing lagi bagi Anda. Terkenal dengan produk es krim dan es tehnya, hingga kini Mixue mampu merajai pasar. Harga produk yang murah mulai dari Rp8.000,00-Rp30.000,00 membuatnya mampu menjangkau pasar lebih luas.

Brand berlogo boneka salju asal China ini rupanya membuka peluang bagi Anda yang ingin menjadi mitra atau franchisee. Akan tetapi, harga franchise Mixue lumayan mahal. Setidaknya Anda harus menyiapkan modal Rp700-Rp800 jutaan. PT. Zisheng Pacific Trading merupakan pemegang hak franchise brand Mixue di Indonesia.

  • Rumah Makan Padang Sederhana

Berikutnya ada franchise Rumah Makan Padang Sederhana yang bernaung di bawah PT Sederhana Citra Mandiri. Mempunyai lebih dari 100 cabang yang tersebar di Indonesia dan luar negeri, rumah makan padang satu ini menjadi salah satu yang terbesar di nusantara. Untuk menjadi mitra Rumah Makan Padang Sederhana, setidaknya Anda harus menyiapkan modal Rp1 miliar.

  • D’Kriuk Fried Chicken

Usaha franchise selanjutnya yang bisa Anda jajal yaitu D’Kriuk Fried Chicken. Terdapat beberapa paket kemitraan yang dapat menjadi pilihan antara lain paket gerobak ekonomis seharga Rp15.000.000,00 khusus Pulau Jawa, Paket gerobak regular seharga Rp17.000.000,00 khusus Pulau Jawa, hingga yang termahal ialah paket mini resto seharga Rp90.000.000,00. Nama franchise ini sempat naik daun usai memenangi battle fried chicken di channel Youtube Tasyi Athasyia.

  • Ayam Gepuk Pak Gembus

Ayam Gepuk Pak Gembus menjadi salah satu franchise yang banyak diminati. Menawarkan menu ayam pedas dan gurih yang pasti disukai oleh sebagian besar orang Indonesia khususnya, Anda perlu menyiapkan modal Rp35-37 jutaan untuk kawasan Jadetabek dan Rp40-42 jutaan untuk kawasan luar Jadetabek. Hingga saat ini sudah ada lebih dari 700 outlet atau gerai Ayam Gepuk Pak Gembus yang tersebar di Indonesia dan luar negeri.

  • Crispy Crab

Usaha franchise yang cukup unik dan dapat Anda coba ialah Crispy Crab. Ini merupakan olahan kepiting laut yang inspirasinya berasal dari jajanan kaki lima Thailand. Untuk bisa bergabung menjadi mitra Anda harus menyiapkan modal setidaknya Rp8.000.000,00.

  • Es The Indonesia

Es teh ialah minuman yang disukai hampir semua kalangan. Tidak heran apabila banyak franchise es teh yang ditawarkan, salah satunya yaitu Es Teh Indonesia. Jika Anda tertarik bermitra maka dana yang harus Anda persiapkan yaitu sebesar Rp130 jutaan. Di dalamnya sudah termasuk lisensi brand, bahan baku, perlengkapan, sampai training karyawan.

  • Warteg Kharisma Bahari

Usaha franchise makanan berupa warteg juga dapat menjadi pilihan Anda. Warteg identik dengan makanan harga murah dan lauk yang enak khas masakan rumah. Tentu semua orang akan familier dengan menu-menu yang tersedia. Kendati umumnya harga jual hidangan warteg cenderung murah, tetapi untuk bisa menjadi mitra atau franchisee dari Warteg Kharisma Bahari, modalnya cukup besar. Anda paling tidak harus mempunyai dana Rp140-Rp448 jutaan.

  • Sambal Bakar Indonesia

Peluang usaha yang satu ini tengah naik daun. Sambal bakar Indonesia yang merupakan bisnis kuliner besutan Benjamin Master Adhisurya atau Iben Ma ini menyediakan beragam lauk dengan aneka macam sambal. Hal yang membuatnya unik dan menarik yaitu hidangan tersebut sebelumnya dimasak menggunakan cobek. Peluang kerjasama kemitraan bersama Sambal Bakar Indonesia memiliki nilai royalty brand Rp 1 miliar.

  • Tahu Go

Anda yang tertarik untuk membuka usaha tahu crispy, tetapi belum menemukan resep tepat dapat mencoba menjadi mitra Tahu Go yang sudah berdiri sejak 2020. Tahu Go menawarkan produk yang kriuk di luar dan lembut di dalam. Citarasa gurih pasti membuat ketagihan. Konsep usaha yang menggunakan gerobak terinspirasi dari para pedagang kaki lima di area sekolah yang senantiasa diminati sehingga mampu bertahan bertahun-tahun. Harga franchise-nya mulai dari Rp21.500.000,00.

  • Jelly Potter

Jika Anda ingin memulai usaha minuman yang unik, Jelly Potter jawabannya. Minuman ini mempunyai rasa buah atau coklat. Racikan jelly yang melimpah dipadukan dengan biji selasih sangat menyegarkan. Jelly Potter coklat mempunyai rasa lebih legit dan creamy. Sementara untuk varian buahnya terasa manis dan segar.

  • Xie-xie Boba

Minuman boba disukai hingga saat ini. Meski trennya mulai menurun, tetapi penggemarnya masih tetap banyak. Menjadi mitra Xie-xie Boba, Anda akan mendapatkan 100% keuntungan. Cukup dengan modal Rp9,9 jutaan Anda bakal dibekali pula dengan perabot dan alat-alat lengkap.

Usaha franchise cocok untuk Anda yang ingin membuka bisnis, tetapi belum menemukan produk yang tepat. Nama dari franchise yang notabene sudah dikenal khalayak pastinya sangat berpengaruh terhadap pendapatan. Anda akan lebih mudah menarik pembeli dan memperoleh pelanggan sebab brand yang telah populer. Jadi, pilihlah franchise sesuai dana Anda.

  • Alfamart

Franchise yang selanjutnya ini juga sudah banyak dikenal yaitu Alfamart, sebuah minimarket yang menjual kebutuhan harian. Peluangnya sangat besar karena produk yang dijual dibutuhkan oleh masyarakat sehari-hari seperti sembako.

Modal yang dibutuhkan untuk membukanya mulai dari Rp300.000.000 sampai Rp500.000.000 tergantung paket yang dipilih. Anda sudah mendapatkan produk lengkap. Proses pendaftarannya pun mudah tinggal mengajukan lokasi, proposal hingga mendapat persetujuan.

  • Indomaret

Satu lagi waralaba dengan konsep minimarket yang terus bersaing dengan Alfamart yaitu Indomaret. Menariknya dari waralaba ini adalah gratis royalti fee sampai penjualan Rp175.000.000 per bulannya.

Anda yang tertarik membuka Indomaret bisa mempersiapkan modal sekitar Rp400.000.000 untuk memulai diluar biaya bangunan. Cara mendaftarnya juga mudah, Anda hanya perlu mengisi formulir pengajuan waralaba yang tersedia di website resminya.

  • Apotek K24

Selain minimarket, ada juga apotek yang merupakan toko obat kini telah dibuka waralabanya. Salah satunya adalah Apotek K24 yang banyak ditemukan di daerah perkotaan. Jika dilihat dari peluangnya, bisnis ini cukup menjanjikan mengingat ketersediaan toko obat belum terlalu banyak di setiap daerah.

Anda yang ingin memiliki satu gerai dari waralaba ini perlu mempersiapkan dana sekitar Rp1.000.000.000. Biaya ini sudah termasuk stok obat, pelatihan karyawan, investasi gerai sampai dengan perabotannya.

  • Griya Farma

Di beberapa kota besar seperti Bandung, apotek Griya Farma pasti familiar terdengar. Apotik ini juga menjadi salah satu model bisnis waralaba yang bisa Anda dapatkan dengan biaya cukup terjangkau.

Hampir seperti minimarket, modal yang Anda butuhkan yaitu sekitar Rp375.000.000. Modal ini bisa kembali dengan sekitar 2 sampai 3 tahunan jika dikelola dengan baik.

  • Kimia Farma

Franchise apotek yang tentu sudah sangat dikenal. Kimia Farma Menerapkan sistem KSO (Kerjasama Operasional). Anda sebagai pebisnis hanya perlu mempersiapkan tempat saja dan tidak perlu mengeluarkan biaya lagi. Mengingat Kimia Farma yang akan merenovasi sampai mengatur operasional sesuai standar yang dimiliki.

Peluang dari bisnis ini cukup menjanjikan karena Anda bisa mendapatkan keuntungan 3% dari omset diluar pajak. Apalagi dengan merk yang sudah dikenal dan dipercaya masyarakat, membuka apotik Kimia Farma bisa memberikan keuntungan yang pasti.

  • Kopi Kenangan

Waralaba kopi atau minuman kopi saat ini juga masih naik daun. Salah satunya adalah merk Kopi Kenangan yang sudah muncul dari tahun 2017 ini terus melebarkan sayapnya di bisnis waralaba. Oleh karena itu sampai saat ini Kopi Kenangan sudah memiliki 672 gerai lebih di seluruh kota di Indonesia.

Soal waralaba, Kopi Kenangan memiliki konsep yang berbeda. Anda bisa bergabung untuk memiliki sahamnya karena sudah dibuka untuk umum. Jika Anda sudah memiliki modal maka tinggal menghubungi saja manajemen Kopi Kenangan dan bergabung sebagai pemodal.

  • Kopi Janji Jiwa

Tidak ada yang mengecewakan dari waralaba minuman karena menjadi tren untuk membeli minuman ini di kalangan anak muda. Jadi tidak heran jika peluang bisnisnya cukup menjanjikan di masa depan. Seperti waralaba Kopi Janji Jiwa yang sudah dikenal banyak masyarakat.

Dibandingkan dengan waralaba lain, Kopi Janji Jiwa ini hanya membutuhkan modal sekitar Rp150.000.000 sampai dengan Rp200.000.000. Uang yang Anda keluarkan ini sudah termasuk peralatan yang nilainya sekitar Rp85.000.000. Support yang diberikan Kopi Janji Jiwa juga dapat memudahkan Anda untuk mengoperasionalkannya sendiri.

  • Kopi Lain Hati

Terakhir, Anda bisa memilih franchise murah dari Kopi Lain Hati. Brand ini sudah hadir sejak tahun 2018 dan sudah memiliki lebih dari 500 gerai yang tersebar di seluruh Indonesia. Jadi tidak heran jika Anda familiar dengan merk ini dan tertarik untuk bermitra.

Soal modal, Anda hanya perlu mempersiapkan dana Rp75.000.000 ditambah dengan royalti Rp1.500.000 per bulannya. Namun keuntungan yang bisa Anda raup dengan memiliki bisnis ini kira-kira mencapai Rp42.000.000 penghasilan kotor per bulannya.

Selain minuman ada juga franchise makanan yang bisa Anda pilih yang mereknya sudah banyak dikenal. Ada banyak sekali yang harus Anda persiapkan dalam memulai bisnis waralaba meskipun operasional nantinya akan dibantu oleh perusahaan pusat.

Salah satunya adalah soal asuransi employee benefit atau asuransi kesehatan untuk karyawan. Beberapa perusahaan franchise ada yang tidak memberikan asuransi kesehatan ini, sehingga Anda sebagai pemilik bisnis harus mempersiapkannya.

Oleh karena itu lebih baik untuk memilih asuransi kesehatan ini sejak dini sebelum rekrutmen karyawan. Pengecekan asuransi yang tepat bisa dilakukan melalui cekpremi.com.

Dalam bisnis ini Anda pasti membutuhkan lokasi yang strategis. Namun, Anda pun harus memberikan perlindungan kepada tempat usaha dengan menggunakan asuransi properti. Jadi, ada jaminan apabila terjadi kebakaran atau ledakan pada lokasi usaha. Ragam pilihan asuransi mulai dari asuransi jiwa, kendaraan bermotor, hingga asuransi properti bisa Anda dapatkan di cekpremi.com. Lindungi tempat usaha yang merupakan aset atau properti bisnis Anda.

Sumber referensi:

Rumah

Konsultanku

Jakarta Insider

Glints

Tempo

Populix

Detik

Kompas

Gobiz