Usaha Rental Mobil: Hal yang Perlu Dipahami Saat akan Merintisnya

usaha rental mobil

Artikel ini akan membahas usaha rental mobil. Usaha rental mobil semakin berkembang seiring kebutuhan banyak orang terhadap mobil. Mobil merupakan kendaraan yang cukup banyak diminati oleh masyarakat setelah motor. Selain nyaman, dengan mengendarai mobil kamu tidak perlu khawatir akan kepanasan ataupun kehujanan. Namun, tidak semua orang bisa memiliki kendaraan tersebut. Selain harga yang lebih tinggi dari motor, terkadang banyak masyarakat yang tidak memiliki lahan parkir. Kebutuhan terhadap mobil cukup tinggi, masyarakat bisa menghadiri acara di luar kota, liburan dan lain sebagainya.

Hal tersebut yang menjadi alasan utama munculnya usaha rental mobil. Tentu, dengan banyaknya minat masyarakat terhadap penggunaan mobil usaha rental mobil sangat banyak dicari terutama di kota-kota besar.

Besarnya minat masyarakat terhadap penggunaan mobil, tentu akan mendatangkan keuntungan besar bagi pengusaha rental mobil. Bagaimana apakah kamu tertarik membuka usaha rental mobil? Alangkah lebih baiknya kamu jangan tergesa-gesa, perhatikan beberapa hal agar usahamu berjalan baik.

Alasan Memilih Usaha Rental Mobil

Berikut penjelasan mengapa usaha rental mobil menjadi usaha yang patut dicoba. Yuk simak penjelasannya di bawah ini.

1. Memungkinkan Usaha Tanpa Modal

Usaha rental mobil bisa dikatakan sebagai bisnis yang tidak memerlukan modal awal yang besar. Bahkan, kamu bisa membuka usaha ini tanpa adanya modal. Hal tersebut dapat kamu lakukan dengan menjadi perantara antara pemilik mobil dengan pelanggan.

2. Jangkauan Pasar Luas

Usaha rental mobil memang sangat banyak, sehingga persaingannya cukup ketat. Namun, kamu tidak perlu khawatir karena jangkauan usaha ini sangatlah luas. Terlebih jika kamu membuka usaha rental mobil ini di kota-kota besar maupun kota wisata. Untuk memperkecil persaingan, bermitralah dengan perusahaan taksi daring.

3. Mudah Dikelola

Usaha rental mobil memiliki sistem yang tidak begitu rumit. Kamu cukup menyediakan kantor kecil sebagai tempat transaksi dengan konsumen. Agar kamu tidak perlu menyewa tempat, manfaatkanlah rumahmu. Usaha ini memiliki sistem yang sederhana. Penyewa hanya perlu mengisi formulir penyewaan selanjutnya membayar sejumlah uang sesuai harga sewaan.

Selain itu, kamu hanya perlu meminta kartu identitas ataupun salinan SIM A untuk dijadikan jaminan agar penyewa tidak kabur.

4. Keuntungan yang Menggiurkan

Tentu bonus usaha yang sangat dinantikan adalah keuntungan atau laba. Usaha rental mobil ini dapat mendatangkan keuntungan yang cukup besar. Selain pengelolaan yang tidak ribet, penyediaan jasa rental mobil ini sangat dicari oleh masyarakat.

Tips Memulai Usaha Rental Mobil

Dalam memulai bisnis apapun, kamu harus memperhatikan dan memahami beberapa hal agar tidak salah langkah. Tentunya agar usahamu tidak mudah gulung tikar. Berikut tips yang perlu kamu perhatikan ketika akan membuka usaha rental mobil.

1. Memilih Mobil

Agar usaha rental mobilmu sukses, hal pertama yang perlu kamu perhatikan adalah jenis mobil yang disewakan. Sediakan mobil-mobil yang banyak disukai masyarakat. Kamu harus pintar dalam memilih mobil yang akan kamu sewakan. Lihatlah banyaknya muatan serta keiritan bahan bakarnya.

Karena, masyarakat akan memilih mobil yang dapat memuat banyak penumpang namun berbahan bakar irit.

Selain dari dua alasan tersebut, kamu juga perlu memperhatikan biaya perawatan yang akan kamu keluarkan untuk setiap mobil. Pilihlah mobil yang tidak perlu memakan banyak biaya perawatan.

2. Hindari Mobil Bekas

Untuk membuka usaha rental mobil sebaiknya kamu tidak menggunakan mobil bekas. Karena sebagus apapun kondisi mobil bekas, performanya tidak akan sebaik mobil baru. Jangan sampai kamu mempertaruhkan kenyamanan konsumen dengan membeli mobil bekas.

Karena faktanya, mobil bekas lebih sering masuk bengkel. Hal tersebut disebabkan karena kondisi spare part yang sudah usang. Bukannya menekan modal, justru biaya perawatan yang akan membengkak.

3. Regulasi Rental Mobil

Usaha rental mobil memang terlihat mudah dikelola, namun memiliki risiko yang cukup tinggi.Bahkan tidak jarang terjadi kasus penggelapan mobil sewaan. Agar hal tersebut tidak menimpamu, kamu perlu menerapkan beberapa hal berikut.

  • Buatlah surat kesepakatan antara kamu dengan penyewa, kemudian surat kesepakatan tersebut dibubuhi materai agar berkekuatan hukum.
  • Meminta jaminan berupa KTP penyewa.
  • Meminta penyewa mengisi formulir yang berisi alamat lengkap serta nomor kontak yang bisa dihubungi.
  • Memasang alat pendeteksi lokasi atau GPS pada mobil, hal tersebut dilakukan agar kamu dapat memantau pergerakan mobil.

4. Strategi Marketing

Dalam melakukan penyusunan strategi, kamu perlu mengetahui target pasar, harga sewa dan denda serta cara melakukan promosi yang tepat. Agar usahamu berkembang kamu perlu menentukan strategi pemasaran yang tepat. Tentunya agar usaha rental mobilmu dapat dikenal oleh banyak kalangan.

Berhubung saat ini semuanya serba digital, maka kamu harus bisa memanfaatkan media digital yang ada. Kamu bisa melakukan promosi melalui Google, Website, Facebook, Instagram dan media digital lainnya. Buatlah promosi yang menarik untuk memikat calon pelanggan baru.

5. Daftarkan Asuransi

Asuransi menjadi hal penting dalam usaha rental mobil. Perusahaan asuransi akan memberikan perlindungan apabila terjadi kerusakan unit, kecelakaan ataupun kehilangan. Dengan mendaftarkan mobil ke perusahaan asuransi akan membuatmu lebih tenang. Setidaknya ada pihak yang dapat melindungi kamu jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Bagaimana apakah kamu sudah memahami hal apa saja yang perlu kamu siapkan untuk membuka usaha rental mobil?

Dengan memperhatikan dan memahami hal-hal tersebut, tentu akan membuat usaha rental mobilmu sukses.

Untuk melindungi mobil-mobilmu kamu bisa mendaftarkannya asuransi. Kunjungi cekpremi, disana kamu akan menemukan banyak tawaran asuransi mobil aman dan terpercaya. Dapatkan cashback terbaik.

Pertanyaan Seputar Usaha Rental Mobil

Berikut beberapa pertanyaan yang sering ditanyakan seputar usaha rental mobil.

[sc_fs_multi_faq headline-0=”h6″ question-0=”Apakah usaha rental mobil menjanjikan?” answer-0=”Usaha rental mobil akhir-akhir ini dianggap sangat menjanjikan, karena menjalankan usaha ini cukup praktis. Harga mobil yang cukup mahal dan biaya tambahan yang mengikutinya membuat banyak orang enggan membeli mobil.” image-0=”” headline-1=”h6″ question-1=”Berapa modal membuka usaha rental mobil?” answer-1=”Setidaknya modal awal yang harus kamu sediakan adalah Rp 52.090.000. Kamu bisa memulai usaha rental mobil ini dengan menjadi penghubung antara pelanggan dan pemilik mobil.” image-1=”” count=”2″ html=”true” css_class=””]