10 Usaha yang Langka tapi Menguntungkan Ini Patut Dicoba

Usaha yang langka tapi menguntungkan

Membuka usaha yang langka, tapi menguntungkan tentu menjadi peluang emas yang tak boleh disia-siakan. Saat ini terdapat berbagai pilihan usaha mulai dari franchise atau waralaba sampai food truck. Tentu masing-masing mempunyai keunggulan serta kekurangan.

Sebelum membuka usaha berbagai persiapan harus dilakukan. Bukan hanya modal, tetapi juga ilmu serta keterampilan berkomunikasi. Anda pun tidak boleh sembarang dalam memilih bisnis atau usaha yang hendak dijalankan.

Pilihlah bisnis yang familiar dengan Anda. Sebagai contoh, apabila Anda senang memasak, usaha kuliner merupakan pilihan tepat. Berikut merupakan beberapa jenis usaha yang langka, tapi menguntungkan yang cocok bagi pemula.

Ragam Usaha yang Langka tapi Menguntungkan Ini Sangat Cocok untuk Pemula

Memilih usaha yang langka, tapi menguntungkan harus dipertimbangkan dengan matang. Lakukan riset terlebih dahulu sebelum mengambil keputusan. Ketahui apakah sudah ada orang yang membuka usaha tersebut di kota Anda, siapa target pasarnya, berapa harga jualnya, hingga ketersediaan bahan baku. Inilah ragam usaha yang dapat Anda pilih.

  • Jasa Sewa

Membuka jasa sewa pakaian sangat cocok bagi Anda yang mempunyai beragam koleksi busana. Bisnis ini amat menguntungkan dan pangsa pasarnya pun cukup luas. Mulai dari remaja, mahasiswa, sampai pekerja kantoran, dapat menjadi target potensial. Sebelum memulai usaha tentukan peraturan yang lengkap tentang sistem sewa hingga denda yang dikenakan apabila barang mengalami kerusakan.

  • Jasa Cuci Sepatu

Usaha yang langka tapi menguntungkan

Jasa cuci sepatu juga termasuk salah satu usaha yang langka, tapi menguntungkan. Banyak orang memerlukan jasa ini sebab merasa malas mencuci alas kaki yang kotor akibat menginjak kotoran, terkena noda, hingga lumpur.

Anda bisa menawarkan jasa sampingan selain cuci sepatu seperti mencuci sandal, tas, hingga perawatan alas kaki. Tentukan tarif yang ramah kantong di awal untuk menarik minat pengguna jasa.

  • Pet Shop

Saat ini usaha pet shop atau toko hewan juga kian diminati. Bukan sebatas menjual berbagai keperluan hewan peliharaan hingga pakan, tetapi kebanyakan pet shop pun menyediakan layanan salon, konsultasi dokter hewan, grooming, hingga hotel untuk jenis peliharaan seperti anjing serta kucing.

  • Bisnis Barang Antik

Bagi Anda yang gemar mencari maupun mengoleksi barang antik, cobalah membuka usaha di bidang ini. Menjual dan membeli barang-barang antik dapat menjadi peluang usaha yang langka, tapi menguntungkan.

Namun, Anda harus memastikan kualitas dan kondisi barangnya terlebih dahulu. Jangan sampai menjual barang antik di bawah standar yang nantinya malah tidak sesuai ekspektasi pembeli. Bangun kepercayaan dan berikan pelayanan terbaik sehingga para kolektor akan kembali berbelanja di toko Anda.

  • Jasa Membersihkan Dinding

Selanjutnya adalah jasa membersihkan dinding. Ini termasuk salah satu jenis usaha yang belum banyak pesaing. Akan tetapi, ketika membuka usaha ini pastikan Anda memiliki tingkat ketelitian yang tinggi sebab dinding harus dipastikan benar-benar bersih agar dapat meraih kepuasan pengguna jasa. Selain pembersihan, Anda pun bisa menawarkan jasa pembuatan mural atau lukisan guna mempercantik dinding tersebut.

  • Usaha Bahan Makanan Siap Masak

Usaha yang langka, tapi menguntungkan berikutnya yaitu menyediakan bahan makanan siap masak. Masyarakat modern menyukai segala sesuatu yang praktis. Termasuk soal makanan. Meningkatnya permintaan bahan makanan siap masak bisa menjadi peluang usaha potensial.

Usaha jenis ini sangat tepat bagi Anda yang yang senang memasak atau ibu rumah tangga dengan keterampilan memasak mumpuni. Ini pun tergolong usaha yang dibutuhkan orang setiap hari.

  • Usaha Sewa Alat Pendakian

Mendaki gunung adalah salah satu hobi yang menyenangkan sekaligus memicu adrenalin. Bukan hanya fisik prima, pendakian juga membutuhkan peralatan lengkap. Sebut saja tenda, sepatu, kompor camping, hingga carrier.

Orang yang tidak sering mendaki atau hanya sesekali melakukan aktivitas ini, umumnya enggan membeli perlengkapan sebab harganya relatif mahal. Oleh karena itu, membuka usaha sewa alat pendakian bisa dijajal. Usaha yang belum banyak pesaing ini dapat mendatangkan keuntungan lumayan besar.

  • Food Truck

Usaha food truck kian diminati anak-anak muda. Kendati food truck semakin menjamur, tetapi ini bisa menjadi peluang usaha yang menguntungkan di desa maupun kota. Anda hanya tinggal memilih produk unik dan berbeda. Sebut saja, kuliner tradisional nusantara beserta camilan mancanegara.

  • Jasa Sewa Perlengkapan Bayi

Usaha satu ini cukup langka, tetapi dapat memberi keuntungan besar. Tatkala mempunyai bayi, banyak orang tua enggan membeli perlengkapan seperti tempat tidur bayi, stroller, hingga ayunan khusus bayi.

Karena itu, jasa sewa perlengkapan bagi bisa menjadi pilihan. Sebelum membuka usaha ini, buatlah peraturan yang jelas. Termasuk besaran denda ketika barang yang digunakan mengalami kerusakan.

  • Jasa Sewa Mobil

Membuka usaha rental mobil juga dapat menjadi peluang emas. Terlebih apabila di daerah Anda tidak banyak orang yang memilikinya, tetapi selalu membutuhkan kendaraan roda empat di berbagai kesempatan. Selain memberi pelayanan prima, tarik pula sopir profesional untuk bergabung dengan Anda.

Usaha yang langka, tapi menguntungkan dapat Anda coba sebagai peluang baru yang potensial. Akan tetapi, sebelum menentukan jenis usaha yang cocok sebaiknya lakukan pengamatan atau riset terlebih dahulu.

Sebutlah Anda ingin membuka usaha sewa atau rental mobil di desa. Selain menyediakan kendaraan yang nyaman, Anda juga harus memastikan aset maupun kendaraan terlindungi dari berbagai risiko seperti kecelakaan, pencurian, hingga kerusakan.

Oleh sebab itu, carilah asuransi mobil terbaik yang bisa memberikan proteksi pada kendaraan Anda. Bila masih bingung dalam mencari, kunjungi saja cekpremi.com. Ini merupakan portal asuransi online tepercaya di Indonesia yang telah bekerja sama dengan puluhan perusahaan asuransi profesional. Proses yang mudah, praktis, data terlindungi, juga tidak adanya biaya tambahan merupakan beberapa keunggulan cekpremi.

Untuk produk asuransi mobil tersedia dalam tiga tipe. All risk yang merupakan asuransi paket lengkap ditambah biaya perlindungan (kecelakaan, gempa, banjir, hingga tanggung jawab pihak ketiga). Lalu ada tipe comprehensive yang menjamin kerugian akibat kerusakan besar maupun kecelakaan misalnya penyok atau lecet.

Terakhir adalah TLO yang menjamin kerugian karena kerusakan atau kehilangan. Anda dapat memilih sesuai kebutuhan dan dana yang dimiliki. Jadi, jangan ragu untuk mencari asuransi mobil terbaik di cekpremi!

Sumber referensi:

UKM Sumut

I News

The Cronut Project