8 Cara Mendapatkan Penghasilan Tambahan dari Rumah

Oct - 16
2021
penghasilan tambahan

8 Cara Mendapatkan Penghasilan Tambahan dari Rumah

Last Updated on October 16, 2021 by Andini

Hari libur bukan berarti cuma rebahan saja, loh. Anda bisa mendapatkan penghasilan tambahan dari rumah dengan pekerjaan yang cukup fleksibel. Menariknya, Anda dapat bekerja sesuai dengan keinginan Anda dan mengatur jadwal berdasarkan seberapa besar Anda ingin meningkatkan penghasilan Anda.

Keuntungan lain dari memiliki pekerjaan dan penghasilan ekstra adalah Anda akan mendapatkan beberapa keterampilan baru untuk ditambahkan ke resume dan CV Anda, sehingga Anda bisa menjadi kandidat yang lebih baik untuk pekerjaan di masa depan.

Beberapa pekerjaan sampingan di bawah ini juga bisa membuat Anda sukses, loh, bahkan bisa menjadi pekerjaan utama.

Tips Mencari Penghasilan Tambahan

penghasilan tambahan dari rumah

Sebelum menyimak cara mendapatkan pekerjaan sampingan agar mendapatkan pendapatan ekstra, di bawah ini adalah tips mencari penghasilan tambahan dari rumah tanpa harus mengorbankan pekerjaan utama dan kuliah atau sekolah Anda.

Bersikap Realistis

Dalam pencarian Anda untuk pekerjaan kedua, pikirkan tentang jadwal Anda saat ini. Apakah jam atau shift Anda dapat berkomitmen untuk pekerjaan kedua?

Misalnya, jika Anda bekerja penuh waktu selama lima hari kerja atau jadwal kuliah Anda terlalu padat, Anda dapat mempersempit pencarian Anda ke pekerjaan yang sesuai dengan jadwal yang tersedia, misalnya pada akhir pekan atau pada malam hari.

Demikian pula, jika saat ini Anda sudah bekerja paruh waktu dan memiliki jadwal yang fleksibel, cari pekerjaan kedua yang sesuai dengan jam paruh waktu Anda saat ini.

Jaga Kesehatan dan Siap Capek

Mencari uang tambahan pasti akan menguras energi sehingga sangat disarankan untuk menjaga kesehatan dengan rutin minum vitamin, berolahraga, dan menjaga jam tidur. Karena Anda bakal melakukan pekerjaan lebih selain pekerjaan utama Anda, Anda harus menyiapkan fisik supaya kuat. Komitmen juga harus tetap Anda pegang demi hidup yang lebih sejahtera.

Tetapkan Tujuan Pencarian Pekerjaan Anda

Tetapkan tujuan yang menjabarkan apa yang perlu Anda capai untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Misalnya, tetapkan tujuan untuk berapa banyak CV yang Anda dikirim setiap hari atau berapa orang yang akan Anda temui tentang lowongan pekerjaan tambahan tersebut. Tetapkan tujuan untuk membantu Anda tetap pada tujuan Anda.

Carilah Sesuatu yang Berbeda

Perluas pencarian Anda untuk memasukkan pekerjaan di luar industri atau bidang Anda saat ini karena dapat membantu Anda mendapatkan pengalaman lebih dari bidang lain. Keuntungan utamanya adalah Anda dapat mengembangkan keterampilan baru dan menambah pengalaman tersebut ke CV agar semakin menarik.

Manfaatkan Internet

Dewasa ini, Anda harus lebih kreatif dalam menggunakan internet. Di internet Anda bisa menemukan banyak peluang untuk menghasilkan uang. Tapi jangan mudah tergoda, ya. Pastikan peluang tersebut bukanlah tipuan.

Berbisnis dengan Teman Dekat atau Keluarga

Anda pasti tidak bisa terlalu sibuk atau malas mengurusi bisnis. Nah, Anda bisa mengajak keluarga atau teman dekat untuk membangun bisnis bersama. Tapi ada catatan penting, ajak yang memang bisa dipercaya, bahkan jika itu keluarga sendiri. Pastikan yang Anda ajak untuk berbisnis adalah orang yang jujur karena kurang pintar bisa belajar tapi kalau tidak jujur menjadi tidak lagi bisa dipercaya.

Cara Mudah Mendapatkan Penghasilan Tambahan dari Rumah

penghasilan tambahan dari rumah dan internet

Yuk, simak kumpulan cara mendapatkan penghasilan lebih dari rumah dari CekPremi di bawah ini.

Membuat Kursus Online

Sekarang ini semua orang mendapatkan informasi baru secara online. Salah satu cara untuk mendapatkan penghasilan lebih dari rumah adalah dengan membuat kursus online di internet. Ini bisa memberikan kesempatan bagi Anda untuk berbagi wawasan karena mungkin Anda memiliki pengetahuan yang dapat berguna bagi orang lain.

Keuntungan besar membuat kursus online lainnya adalah untuk mendapatkan pendapatan pasif. Biasanya membuat kursus online hanya sulit di awal saja, tapi pada perjalanannya Anda nantinya tidak perlu lagi  melakukan banyak hal, bahkan Anda bisa mendelegasikan pekerjaan Anda ke orang lain sembari menunggu keuntungan mengalir ketika orang-orang berlangganan kelas online Anda.

Menjadi Penerjemah

Jika Anda dapat berbicara lebih dari satu bahasa, Anda dapat menggunakan keterampilan yang sangat berharga ini untuk mendapatkan penghasilan tambahan dari rumah secara online. Karena penerjemah online job desk-nya adalah menerjemahkan teks atau menerjemahkan percakapan.

Menjadi Asisten Virtual

Gmbaran khas asisten yang muncul di benak Anda pasti seorang karyawan kantoran yang melakukan tugas untuk bosnya, bukan? Nah, asisten virtual tidak seperti itu karena profesi ini dapat dilakukan dari rumah. Ada banyak tugas virtual dan pekerjaan administrasi yang dapat dilakukan secara online, seperti misalnya data entry.

Editor

Apabila Anda punya hobi membaca menulis, mendapatkan penghasilan tambahan sebagai editor mungkin menarik untuk Anda. Saat ini konten telah menjadi bagian besar dari citra publik perusahaan, dan banyak dari mereka menginginkan konten yang sempurna.

Kalau Anda memiliki pengalaman proofreading dan mengedit dokumen dapat menggunakan keterampilan ini untuk mendapatkan pekerjaan sampingan yang menguntungkan. Jika Anda tidak memiliki banyak pengetahuan tentang bidang ini, banyak kursus online dapat meningkatkan kemampuan dan membantu Anda mendapatkan pekerjaan sampingan sebagai editor.

Jualan di Toko Online

Apakah Anda tipe orang yang suka menyimpan baju atau menimbun barang? Nah, daripada menuh-menuhin tempat di rumah atau kosan mending Anda jual secara online beberapa baju atau barang Anda. Beberapa toko online yang bisa Anda kunjungi untuk menjadi penjual di antaranya Bukalapak, Shopee, dan Tokopedia. Bahkan kalau menjadi penjual di Tokopedia, ada asuransi Tokopedia, loh, jadi barang yang Anda jual aman sampai pembeli.

Website Testing

Ini adalah salah satu pekerjaan sampingan yang dapat dilakukan oleh siapa saja, terlepas dari keahlian atau latar belakangnya. Kebanyakan orang tahu cara membaca dengan teliti situs atau aplikasi dan membuat penilaian tentang seberapa baik fungsinya untuk Anda.

Pada dasarnya deskripsi pekerjaan pengujian situs web lepas, hanya untuk melihat apakah situs atau aplikasi tersebut dapat diakses dengan mudah oleh siapa saja terlepas dari perangkat yang digunakan.

Perusahaan memperkerjakan website testing karena ingin mendapatkan masukan atau feedback agar situs atau aplikasi mereka lebih mudah diterima oleh masyarakat. Yang terpenting, pekerjaan sampingan yang satu ini bisa Anda lakukan sambil rebahan.

Anda dapat mengunjungi Userlytics, Usertesting, Userfeel, dan TestingTime untuk mendapatkan pekerjaan ini. Patut diperhatikan, situs-situs tersebut adalah situs berbahasa Inggris sehingga sangat disarankan untuk Anda agar mahir berbahasa Inggris terlebih dahulu sebelum mencoba bekerja menjadi penguji situs atau aplikasi.

Menjadi Content Writer

Sebagaimana telah disebutkan sebelumnya, permintaan konten saat ini sedang meningkat karena berkaitan dengan bagaimana bisnis berinteraksi dengan pelanggan mereka. Baik itu konten tulisan untuk media sosial, halaman blog situs web, atau artikel lainnya, menulis konten dapat membuat Anda mendapatkan penghasilan ekstra yang cukup stabil.

Mengelola Akun Media Sosial

Peluang usaha sampingan yang satu ini memang sedang digandrungi oleh banyak orang. Jika Anda sehari-harinya menggunakan Instagram, Facebook, TikTok, dan Twitter, Anda mungkin sudah lebih berpengalaman di bidang ini daripada yang Anda pikirkan. Adapun tugas khas seorang manajer media sosial meliputi:

  • Membuat strategi media sosial
  • Menganalisis interaksi perusahaan dengan pelanggan dan sebaliknya
  • Membuat content plan, postingan, dan kampanye harian untuk meningkatkan brand awareness dan engagement

Demikianlah tips dan cara mendapatkan penghasilan tambahan dari rumah dan internet. Semoga artikel kami membantu! Kunjungi blog CekPremi untuk mendapatkan informasi menarik lainnya seputar tips n trik, otomotif, gaya hidup, kesehatan, dan layanan keuangan menarik seperti asuransi, investasi, dan perbankan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

banner asuransi covid