Wajib Tahu! 6 Jenis Biaya yang Harus Disiapkan setelah Menikah

Apr - 18
2019
Wajib Tahu! 6 Jenis Biaya yang Harus Disiapkan setelah Menikah

Wajib Tahu! 6 Jenis Biaya yang Harus Disiapkan setelah Menikah

Rencana pernikahan jelas membuat pasangan calon pengantin menjadi super sibuk. Butuh waktu, biaya, dan tenaga besar agar pernikahan berlangsung lancar sesuai rencana. Anda dan pasangan pasti sibuk menyiapkan sejumlah biaya untuk mewujudkan acara pernikahan sesuai keinginan.

Namun, pernikahan bukan sekadar tentang biaya pesta saja. Justru Anda harus lebih fokus menyiapkan kebutuhan rumah tangga pasca menikah. Pastikan bahwa Anda dan pasangan mampu menyiapkan enam jenis biaya berikut ini:

Daftarkan Gratis !

Dapatkan penawaran MENARIK dan diskon BESAR dari kami

I will never give away, trade or sell your email address. You can unsubscribe at any time.

Biaya Kebutuhan Rumah Tangga

Hal pertama yang harus Anda dan pasangan penuhi adalah biaya kebutuhan rumah tangga. Sebaiknya Anda dan pasangan tidak lagi tinggal bersama orang tua pasca menikah. Sehingga Anda bisa belajar membangun rumah tangga secara mandiri tanpa menggantungkan hidup dengan orang tua. Anda dan pasangan harus sepakat menyisihkan biaya untuk kebutuhan rumah tangga.

Mungkin persiapan biaya yang satu ini terasa berat pada bulan-bulan pertama pasca menikah. Namun, lama-kelamaan Anda pasti terbiasa dan lebih mahir menyisihkan pendapatan bulanan untuk kebutuhan tersebut.

Mengajukan KPR

Rumah menjadi salah satu kebutuhan utama pasangan yang sudah menikah. Kalaupun saat ini Anda belum memiliki hunian pribadi, Anda dapat mengumpulkan biayanya terlebih dahulu. Bila nanti Anda sudah memiliki uang muka yang cukup, Anda tinggal mengajukan Kredit Pemilikan Rumah (KPR) ke bank. Pastikan bahwa Anda memilih hunian terbaik sesuai kebutuhan keluarga kecil Anda. Cicilan KPR tersebut juga tak boleh membebani kondisi finansial. Supaya Anda tetap leluasa menyisihkan uang untuk tabungan, investasi, dan kebutuhan lainnya.

Persiapan untuk Buah Hati

Anda dan pasangan mungkin tidak berencana menunda momongan. Keinginan untuk segera memiliki buah hati harus dibarengi dengan persiapan finansial yang matang. Sebaiknya Anda dan pasangan menyiapkan tabungan khusus untuk kebutuhan buah hati. Supaya nanti Anda tak bingung dengan kebutuhan biaya persalinan dan hal-hal penting lainnya. Alangkah lebih baik lagi bila Anda dapat menyiapkan biaya pendidikan anak sejak jauh hari.

Berbagai Jenis Asuransi

Asuransi juga sangat penting untuk melindungi kondisi finasial keluarga Anda. Bila Anda cermat mengatur keuangan, Anda tak akan kesulitan menyiapkan biaya asuransi. Selain asuransi kesehatan, asuransi mobil juga sangat bermanfaat bagi Anda. Ada ACA asuransi mobil all risk dan pilihan asuransi lainnya yang siap memproteksi mobil kesayangan Anda. Asuransi mobil all risk akan melindungi mobil Anda dari risiko kecelakaan, kerusakan tak terduga, dan pencurian. Anda pun tak perlu resah memikirkan risiko yang rentan terjadi pada mobil kesayangan. Sebab Anda hanya perlu memilih asuransi mobil yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Dana Darurat

Banyak orang mengabaikan persiapan dana darurat bagi rumah tangga. Padahal, dana darurat akan membantu Anda mengatasi gangguan kondisi finansial. Anda tentu tidak bisa memprediksi kejadian tertentu, misalnya anggota keluarga tiba-tiba sakit keras, kecelakaan lalu lintas, atau PHK. Kejadian tak terduga tersebut membuat Anda harus punya persiapan finansial matang. Salah satunya dengan cara menyimpan dana darurat.

Mulailah menyisihkan dana darurat setiap bulan dan jangan menggunakannya untuk hal-hal kurang penting. Sehingga dana darurat tersebut terus terakumulasi dan cukup untuk kebutuhan mendadak.

Investasi

Tak pernah ada kata terlalu dini untuk memulai investasi. Bila Anda mampu menyisihkan pendapatan setiap bulan, sebagian pendapatan tersebut bisa dialokasikan untuk investasi. Mulailah dari investasi dengan nilai kecil seperti logam mulia atau reksadana. Investasi akan mengamankan nilai uang Anda dari pengaruh inflasi. Sehingga uang yang Anda investasikan akan berlipat ganda seiring dengan berjalannya waktu.

Kalau nanti Anda punya tabungan lebih banyak, Anda juga bisa mengalokasikannya untuk investasi jangka panjang. Investasi di bidang properti selalu menguntungkan karena harga rumah dan tanah terus meningkat setiap tahun.

Anda tak perlu khawatir dengan berbagai biaya yang wajib disisihkan setelah menikah. Semuanya akan teratasi bila Anda selalu menjalani gaya hidup hemat. Sesekali bersenang-senang dengan keluarga tentu sah-sah saja. Namun, jangan sampai Anda terlalu boros dan tidak punya uang tabungan sama sekali. Persiapkanlah kondisi finansial Anda demi memenuhi kebutuhan keluarga di masa kini dan masa mendatang.

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *