Wajib Tahu! Cara Ampuh Agar Tidak Ngantuk saat Mengendarai Mobil

Mar - 25
2019
Cara Ampuh Agar Tidak Ngantuk saat Mengendarai Mobil

Wajib Tahu! Cara Ampuh Agar Tidak Ngantuk saat Mengendarai Mobil

Salah satu musuh terbesar bagi para pengemudi mobil adalah rasa kantuk. Tak hanya menimbulkan perasaan tak nyaman, ngantuk saat mengemudikan mobil juga meningkatkan risiko kecelakaan. Anda harus ekstra waspada mengatasi rasa kantuk selama mengemudikan mobil. Apalagi bila Anda sedang berkendara seorang diri.

Asuransi mobil all risk terbaik memang akan memberikan perlindungan menyeluruh bagi Anda dan mobil kesayangan. Termasuk perlindungan dari risiko kecelakaan. Namun, bukan berarti hal tersebut boleh membuat Anda lalai saat mengemudi. Anda wajib mengetahui cara-cara ampuh menghindari kantuk berikut ini ketika mengemudikan mobil.

Daftarkan Gratis !

Dapatkan penawaran MENARIK dan diskon BESAR dari kami

I will never give away, trade or sell your email address. You can unsubscribe at any time.

Membuka Kaca Jendela

Rasa kantuk rentan terjadi karena sirkulasi udara yang kurang lancar pada kabin mobil. Apalagi bila temperatur kabin Anda sangat dingin. Anda dapat menyiasati hal tersebut dengan cara membuka sedikit kaca jendela. Menghirup udara segar sangat efektif mengurangi rasa kantuk. Sehingga Anda akan kembali segar dan bisa melanjutkan perjalanan.

Selalu Menyiapkan Air Mineral

Banyak orang belum tahu bahwa rasa kantuk juga mengindikasikan bahwa tubuh Anda sedang dehidrasi. Kondisi dehidrasi tersebut menghambat kinerja otak dan membuat Anda semakin mengantuk. Anda mesti selalu menyiapkan air mineral sebagai bekal di mobil. Minumlah secukupnya ketika sedang mengemudikan mobil. Niscaya Anda akan terhindar dari rasa kantuk selama perjalanan.

Mengonsumsi Makanan Bergizi Kaya Protein

Pilihan makanan sesaat sebelum mengemudi juga wajib menjadi perhatian Anda. Sebaiknya Anda mengonsumsi makanan bergizi yang kaya serat dan protein. Misalnya, kacang-kacangan, buah-buahan, dan aneka sayuran. Makanan kaya protein membuat Anda kenyang lebih lama dan mudah menjaga konsentrasi. Sebaliknya, makanan yang kaya karbohidrat justru cepat menaikkan kadar gula darah dan menimbulkan rasa kantuk. Batasi konsumsi karbohidrat agar Anda tak mudah mengantuk saat mengemudikan mobil.

Mengunyah Permen Karet

Ada kabar gembira bagi Anda yang suka makan permen karet. Mengunyah permen karet selama mengemudikan mobil akan membantu menjaga fokus Anda. Sehingga Anda tak mudah mengantuk meskipun harus menempuh perjalanan jauh. Mengunyah permen karet akan membuat rahang Anda aktif bergerak dan membuat Anda terjaga lebih lama. Anda bisa memilih permen karet mint rendah kalori untuk menemani perjalanan jauh.

Mengalihkan Pandangan ke Berbagai Arah

Kondisi jalan tol yang lurus dan lancar memang rentan menyebabkan kantuk. Terutama jika Anda terlalu fokus menatap ke depan dalam waktu lama. Demi mencegah kantuk, Anda patut mengalihkan pandangan ke berbagai arah. Sesekali, Anda bisa melihat ke spion atau sisi jalan yang lain selama mengemudi. Hal sederhana tersebut akan membuat Anda tetap fokus dalam perjalanan jarak jauh.

Batas Durasi Mengemudi yang Tepat

Idealnya, seseorang hanya boleh mengemudi maksimal 2,5 jam saja. Karena stamina fisik dan konsentrasi akan menurun seiring dengan bertambahnya durasi mengemudi. Oleh sebab itu, sebaiknya Anda mengemudi secara bergantian bila harus menempuh perjalanan jauh. Supaya Anda punya waktu untuk beristirahat sejenak dan mengembalikan kebugaran tubuh.

Jangan Ragu Beristirahat di Rest Area

Rest area merupakan tempat terbaik untuk beristirahat bila Anda sudah lelah mengemudi. Pada umumnya, para pengemudi menghabiskan waktu minimal 30 menit untuk beristirahat di rest area. Ketika berhenti sejenak, Anda bisa meregangkan otot-otot tubuh, makan, atau tidur sebentar. Jika sudah puas beristirahat, Anda pun dapat melanjutkan perjalanan secara fokus tanpa terganggu rasa kantuk.

Mengobrol dengan Penumpang

Mengobrol juga sering dianggap sebagai cara efektif untuk mencegah rasa kantuk saat mengemudi. Anda bisa mengajak penumpang mobil untuk membahas hal-hal ringan. Namun, jangan membahas topik pembicaraan yang memicu emosi. Sebab hal tersebut bisa mempengaruhi gaya berkendara Anda. Padahal, Anda harus menjaga kestabilan gerakan dan kecepatan mobil  dalam perjalanan.

Jangan sampai kecelakaan lalu lintas akibat mengantuk saat mengemudi terjadi pada Anda. Asuransi mobil all risk terbaik memang berfungsi sebagai proteksi maksimal bagi Anda dan kesayangan. Proses klaim asuransi mobil yang praktis pasti mendukung kebutuhan Anda. Namun, Anda tetap harus berkendara secara cermat demi menghindari risiko kecelakaan. Tunjukkan bahwa Anda adalah pengemudi bertanggung jawab yang patuh terhadap peraturan lalu lintas serta berpengalaman dalam mengemudi.

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *