Waspadai Gejala Kanker Lambung dan Beberapa Penyebabnya Ini!

Apr - 20
2021
gejala kanker lambung

Waspadai Gejala Kanker Lambung dan Beberapa Penyebabnya Ini!

Pola hidup yang tidak seimbang dan makanan kurang sehat bisa menjadi penyebab banyak penyakit. Termasuk diantaranya adalah kanker lambung yang merupakan suatu jenis tumor ganas pada lambung. Menurut catatan  WHO, kanker lambung atau kanker perut menempati peringkat ketiga di dunia menyebabkan kematian terbanyak. Gejala kanker lambung berawal dari simptom sederhana, seperti mual dan sakit perut. Terdapat beberapa jenis kanker lambung yang paling umum, antara lain:

  • Adenocarcinoma, yaitu kanker lambung yang menyerang sel-sel mukosa, yaitu pelapis bagian dalam lambung.
  • Carcinoid tumor, yaitu kanker lambung yang menyerang sel-sel penghasil hormon pada lambung.
  • Gastrointestinal Stromal Tumor (GIST), yaitu kanker lambung yang menyerang jaringan ikat atau otot-otot dinding perut.
  • Limfoma lambung, yaitu kanker lambung yang menyerang sel-sel imun yang dapat ditemukan pada dinding lambung.
  • Squamous cell carcinoma, small cell carcinoma, dan leiomyosarcoma, yaitu jenis-jenis kanker lambung yang lebih jarang ditemukan.

Gejala Kanker Lambung

gejala kanker perut

Daftarkan Gratis !

Dapatkan penawaran MENARIK dan diskon BESAR dari kami

I agree to have my personal information transfered to MailChimp ( more information )

I will never give away, trade or sell your email address. You can unsubscribe at any time.

Saat lambung terkena kanker, lambung tidak dapat menjalankan fungsinya dengan baik. Secara umum, kanker bisa terjadi karena mutasi pada DNA sel yang kemudian menyebabkan sel abnormal tumbuh dengan cepat. Akumulasi sel kanker membentuk tumor yang dapat menyebar ke bagian tubuh lain dan menyerang struktur sel di dekatnya. Berikut beberapa gejala kanker lambung, antara lain yaitu:

Rasa sakit pada perut sebelah kiri

Rasa sakit ini terjadi karena pertumbuhan abnormal pada lambung yang menyebabkan kanker. Banyak orang mengira bahwa rasa sakit tersebut timbul karena asam lambung atau penyakit maag. Untuk itu agar mengetahuinya lebih lanjut sebaiknya periksakan ke dokter.

Mual dan Muntah

Mual dan muntah juga menjadi gejala dari kanker lambung. Mual dan muntah tersebut akan membuat nafsu makan menjadi berkurang, sehingga kondisi tubuh akan semakin buruk.

Cepat Kenyang Saat Makan

Hal tersebut terjadi karena kanker yang tumbuh membuat lambung terasa penuh, sehingga akan merasa kenyang apalagi setelah ditambah dengan makanan yang masuk. 

Sulit menelan

Seseorang yang menderita kanker lambung juga akan sulit menelan. Kondisi yang seperti itu akan membuat si penderita menjadi tidak nikmat saat makan, sehingga nafsu makannya akan hilang. 

Muntah Darah

Pada gejala kanker lambung parah akan menyebabkan muntah darah. Hal tersebut terjadi karena pertumbuhan abnormal pada lambung, sehingga gesekan yang terjadi pada dinding lambung dan kanker akan menyebabkan darah keluar. Darah tersebut biasanya yang tidak diterima lambung untuk dicerna, sehingga akan dikeluarkan melalui muntah.

Tinja berwarna hitam

Pada gejala kanker lambung yang sudah parah juga dapat membuat tinja berwarna hitam dan bahkan bisa terdapat darah pada tinja. 

Perut membengkak

Bengkak dapat terjadi karena pertumbuhan abnormal pada lambung sehingga akan terlihat dari luar bahwa perut bengkak. 

Penurunan berat badan

Penurunan berat badan juga dapat terjadi karena nafsu makan berkurang, sebagai akibat dari mual dan muntah ataupun saat makan akan cepat kenyang. 

Penyebab Kanker Lambung

cara cegah kanker

Hingga saat ini ilmuwan belum dapat memastikan penyebab pasti kanker bisa berkembang di perut. Namun, beberapa faktor risiko meningkatkan peluang seseorang mengidap penyakit ini, seperti:

  • Infeksi bakteri penyebab bisul H. pylori 
  • Peradangan di saluran pencernaan 
  • Anemia pernisiosa 
  • Polip di perut 
  • Merokok 
  • Kelebihan berat badan atau obesitas 
  • Kebiasaan mengkonsumsi asupan tinggi garam, asinan, makanan yang diasapi 
  • Golongan darah A 
  • Infeksi virus Epstein-Barr 
  • Polusi dari industri batu bara, logam, kayu, atau karet 
  • Keturunan

Bagaimana Pencegahannya?

Penyebabnya yang masih belum jelas, membuat pencegahannya juga tidak ada cara spesifik. Namun Anda tetap bisa mengambil langkah antisipasi dengan mengurangi resiko terkena kanker dengan menerapkan pola hidup sehat, seperti:

  • Olahraga teratur
  • Makan lebih banyak sayuran, 
  • Mengurangi jumlah makanan asin dan hasil pengasapan
  • Berhenti merokok

Apakah Bisa Disembuhkan?

Pada stadium 1 dapat disembuhkan dengan operasi pengangkatan sel kanker. Kemudian, pada stadium 2 dan 3, penyakit ini juga bisa disembuhkan dengan kombinasi pengobatan seperti kemoterapi, radioterapi, terapi target, atau imunoterapi.

Namun, sebagian pasien kanker lambung stadium 3 yang sudah parah mungkin tidak dapat disembuhkan. Begitu pula dengan pasien kanker stadium 4. Walaupun tidak bisa disembuhkan, pasien tetap harus menjalani pengobatan agar meringankan gejala kanker lambung dan memperlambat penyebaran sel kanker.

Asuransi Kesehatan Untuk Critical Illness

Selain asuransi kesehatan biasa, ada juga asuransi kesehatan untuk critical illness atau penyakit kritis. Tujuannya adalah memberikan perlindungan menyeluruh terhadap berbagai kondisi penyakit kritis. Mulai dari tahap awal hingga tahap terparah.Bandingkan pilihan asuransi kesehatan langsung di cekpremi.com.

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *