Mau Liburan ke Ujung Barat Indonesia? Ini Wisata Aceh yang Wajib DIkunjungi!

Mei - 27
2021
wisata aceh

Mau Liburan ke Ujung Barat Indonesia? Ini Wisata Aceh yang Wajib DIkunjungi!

Indonesia tersebar dari Sabang sampai Merauke dan setiap daerahnya memiliki keunikannya masing-masing. Aceh yang terletak di ujung barat Indonesia, memiliki wisata alam dan domestik yang bisa membuat Anda terpukau. Mulai dari bangunan bersejarah, pantai, bukit, hingga air terjun yang siap memanjakan mata Anda. Untuk menuju ke Aceh, ada beberapa opsi perjalanan yang dipilih, bisa dengan pesawat, bus, atau kapan, tergantung dari daerah mana Anda datang. Lalu, apa saja destinasi wisata Aceh yang bisa dikunjungi? Ini daftarnya! 

Destinasi Wisata Aceh yang Wajib Dikunjungi

Taman Sari Gunongan dan Pinto Khob

Taman Sari Gunongan Pinto Khob

Daftarkan Gratis !

Dapatkan penawaran MENARIK dan diskon BESAR dari kami

I agree to have my personal information transfered to MailChimp ( more information )

I will never give away, trade or sell your email address. You can unsubscribe at any time.

India punya Taj Mahal, maka Banda Aceh juga punya Taman Sari Gunongan yang keduanya memiliki sejarah cerita simbol cinta raja kepada permaisuri. Taman Sari Gunongan merupakan hadiah dari Sultan Iskandar Muda untuk permaisurinya, yaitu Putri Kamaliah (Putroe Phang) dari Negeri Pahang, Malaysia. Tujuannya adalah untuk tempat khusus sang permaisuri menyepi ketika merindukan kampung halamannya. Dimana bentuk dari taman ini dibuat mirip seperti perbukitan di Negeri Pahang. Bangunan yang didominasi warna putih ini terdiri dari tiga tingkat dan dikelilingi pepohonan yang masih rindang. Dijamin cocok untuk spot foto cantik!

Pantai Lhoknga

wisata aceh Pantai Lhoknga

Pantai Lhoknga adalah salah satu pantai paling terkenal di Aceh, terlebih oleh komunitas selancar Internasional. Yap, ada aktivitas surfing yang bisa Anda coba di sini! Serta dilengkapi juga dengan lapangan golf dengan view pantai yang indah. Terlebih ketika matahari terbenam, suasananya makin ramai oleh para pemburu sunset. Pantai Lhoknga menghadirkan suasana tenang dengan banyak pilihan aktivitas air yang membuat cocok untuk liburan maupun honeymoon

Museum Tsunami 

Museum Tsunami 

Sebagai pengingat sekaligus mengenang korban bencana tsunami yang terjadi pada 26 Desember 2004 lalu, pemerintah membangun Museum Tsunami. Rancangan arsitekturnya unik dengan gaya melengkung menyerupai ombak lautan dan didesain agar pengunjungnya bisa merasakan suasana saat terjadi bencana tersebut, serta melihat foto dan kisah-kisah warga yang selamat. Nama-nama para korban pun ditulis rapi di dinding museum. Uniknya, selain sebagai objek wisata, bangunan ini juga memiliki fungsi sebagai tempat evakuasi jika terjadi tsunami.

Kapal Apung Lampulo

Kapal Apung Lampulo

Masih untuk mengenang bencana Tsunami, ada sebuah kapal yang dijadikan objek wisata dan monumen pengingat. Kapal Apung ini menjadi saksi bisu dahsyatnya sapuan gelombang sehingga bisa membawa kapal sebesar 65 ton ke daratan dan tersangkut di atas rumah warga di Desa Lampulo. Dalam ceritanya, kapal ini berhasil menjadi penyelamat bagi 59 orang saat tsunami terjadi. Saat ini, Anda bisa melihat langsung dan masuk ke dalam kapal secara gratis lho!

Bukit Lhok Eumpe

Bukit Lhok Eumpe

Selain pantai, perbukitan di Aceh juga menarik untuk dikunjungi! Salah satu rekomendasi terbaiknya adalah Bukit Lhok Eumpe yang terletak di Gampong Nusa, Lhoknga, Aceh Besar. Berjarak sekitar 10 km dari pusat kota Banda Aceh. Akses menuju puncak bukit sudah cukup mudah, jalannya cukup mulus dan tidak terlalu terjal. Hanya perlu waktu kurang lebih 15 menit untuk bisa mencapai puncak bukit dan menikmati padang savana yang indah. Terasa liburan di luar negeri lho! 

Air Terjun Kuta Malaka

Air Terjun Kuta Malaka

Mau merasakan langsung segarnya air pegunungan? Yuk langsung kunjungi Air Terjun Kuta Malaka yang berada di bukit Kuta Malaka. Lokasinya memang agak terpencil dengan perjalanan yang cukup memicu adrenalin. Bayangkan Anda harus melewati tanjakan dan kelokan tajam, serta menapaki 412 anak tangga di dalam area hutan ketika menuju lokasi air terjun. Tapi semua perjuangan tadi akan terbayar lunas dengan keindahan wisata Aceh yang satu ini. Terlebih sekelilingnya terdapat panorama alam Aceh, seperti bukit savana, daratan Aceh, hingga Selat Malaka.

Masjid Raya Baiturrahman

wisata aceh Masjid Raya Baiturrahman

Berkunjung ke Aceh rasanya tidak lengkap tanpa mampir di Masjid Raya Baiturrahman. Peradaban budaya Islam sangat kental di daerah ini, bahkan Aceh juga mendapat julukan Serambi Mekah. Salah satu peninggalan sejarah Islam yang dapat disaksikan saat ini adalah Masjid Raya Baiturrahman. Arsitektur masjid ini menjadi salah satu yang terindah di Indonesia lho. Terlebih saat ini telah dibangun 12 payung elektrik di halaman masjid yang menyerupai Masjid Nabawi di Madinah. 

Wisata Aceh didominasi oleh alam dan budaya yang kaya akan cerita. Anda bisa menjelajah hutan untuk masuk ke air terjun, surfing di pantai yang langsung terhubung ke Samudera Hindia, atau belajar peninggalan sejarah Islam secara langsung di kota ini. Dijamin Anda akan kehabisan kata-kata menikmati keindahannya!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *