Mau Liburan Sambil Belajar? Ini Wisata Edukasi yang Bisa Dikunjungi!

Jun - 14
2021
wisata edukasi

Mau Liburan Sambil Belajar? Ini Wisata Edukasi yang Bisa Dikunjungi!

Tak sekedar liburan, ada banyak wisata edukasi yang menggabungkan unsur wisata dan pendidikan di dalamnya. Jangan salah, pengunjungnya tidak hanya anak-anak, orang dewasa pun bisa mengunjunginya dan mendapatkan informasi baru. Lokasinya juga tersebar di seluruh Indonesia dengan berbagai tema dan konsep jadi aksesnya mudah untuk dikunjungi. Apa saja ya tempat wisatanya?

8 Wisata Edukasi di Indonesia, Liburan Sambil Tambah Ilmu

1. Wisata Kota Tua di Jakarta

wisata edukasi kota tua

Wisata kota tua di ibukota ini menyimpan banyak sejarah lho! Cocok untuk Anda yang ingin mengetahui lebih dalam tentang Batavia di masa lampau. Mulai dari Museum Fatahillah, Museum Bank Indonesia, Museum Wayang, hingga Stasiun Jakarta Kota yang telah ada sejak tahun 1929. Di sekitarnya juga ada beberapa bangunan kuno yang menarik untuk dijadikan spot foto. 

2. Planetarium dan Observatorium

planetarium jakarta

Mau belajar tentang bintang, planet, dan ruang angkasa? Yuk langsung kunjungi Planetarium dan Observatorium Jakarta. Berdiri sejak tahun 1969, Planetarium ini menyediakan ruang pameran benda-benda ruang angkasa hingga pertunjukan teater bintang yang canggih. Tiket masuknya pun terjangkau, cocok untuk mengajak anak-anak maupun orang dewasa. 

3. Kidzania

wisata edukasi kidzania

Kidzania menghadirkan wisata miniatur kota mini, dimana anak-anak bisa bermain peran dan mencoba berbagai profesi, mulai dari menjadi dokter, pilot, kasir, pemadam kebakaran, dan masih banyak lainnya. Tujuannya untuk mengenalkan berbagai profesi yang ada dan merangsang minat anak untuk menemukan cita-cita mereka. 

4. Taman Mini Indonesia Indah

taman mini indonesia indah

Kalau belum bisa keliling Indonesia secara langsung, Anda bisa mencoba mengelilingi miniatur Indonesia di Taman Mini. Ada banyak atraksi yang bisa dilakukan, ditambah juga bisa belajar kebudayaan dan berkunjung ke anjungan rumah adat yang ada di Indonesia. Selain itu, ada juga beberapa museum yang bisa dikunjungi, seperti Museum Perangko, Museum Transportasi hingga Museum Listrik.

5. Taman Pintar Jogja

taman pintar jogja

Jogja memiliki pesona yang membuat banyak orang selalu jatuh hati untuk kembali. Mulai dari makanannya, budaya, edukasi, alam, hingga sejarahnya. Salah satu yang populer adalah Taman Pintar yang berada di kawasan Alun-Alun Jogja. 

Taman ini dikelola langsung oleh pemerintah dan membantu anak-anak untuk memperdalam pengetahuan dengan cara yang seru. Setiap zona di dalam taman ini memiliki konsep yang berbeda-beda, mulai dari zona otomotif, zona replika, zona pengolahan minyak dan bumi, zona peristiwa alam, dan masih banyak lainnya. 

6. Museum Angkut Malang

Museum Angkut Malang

Tak afdol rasanya kalau liburan ke Malang tanpa mengunjungi Museum Angkut. Lokasinya di daerah Batu, wisata edukasi ini cukup populer beberapa tahun belakangan. Anda bisa belajar tentang alat transportasi dari masa ke masa dari seluruh dunia. Museum Angkut ini ternyata menjadi satu-satunya tempat wisata dengan konsep angkutan umum di Asia Tenggara lho.

7. The Bagong Adventure

museum tubuh bagong adventure

Masih berlokasi di Batu, Malang, ada The Bagong Adventure atau Museum Bagong yang merupakan museum tubuh manusia. Jadi, Anda bisa belajar tentang anatomi tubuh manusia melalui beberapa zona yang tersedia. Terdiri dari 6 lantai, Anda juga bisa mengecek kondisi kesehatan secara langsung di zona The Value Adventure.

8. Wisata Rumah Puisi Taufik Ismail

Rumah Puisi Taufiq Ismail

Sumatera Barat terkenal dengan kuliner yang lezat dan sejarah budaya yang masih kental. Nah, untuk Anda yang ingin wisata edukasi sastra, Rumah Puisi Taufik Ismail adalah tempat yang tepat. Berlokasi di Tanah Datar, Anda bisa belajar tentang karya-karya puisi sang sastrawan kenamaan, Taufik Ismail. Ada ribuan koleksi buku yang bisa dibaca di tenagh panorama pegunungan Merapi dan Singgalang 

Beberapa tempat wisata edukasi di atas bisa menjadi pilihan tepat untuk Anda membawa anak-anak berlibur sambil belajar. 

Untuk keamanan selama liburan, miliki asuransi perjalanan yang bisa Anda dapatkan secara mudah di Cekpremi.com!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *