Rasakan Serunya Wisata Pantai Balongan dengan Aktivitas Ini!

Wisata Pantai Balongan

Kota Indramayu menawarkan banyak sekali destinasi wisata yang menarik dan instagramable. Salah satu yang tidak boleh Anda lewatkan ketika berkunjung ke Indramayu, yakni wisata Pantai Balongan Indah. Pantai utara ini begitu terkenal dengan pesona ombaknya yang tenang dan landai. Wisata air yang satu ini begitu cantik dan memiliki nama lain Pantai Bali.

Kata “Bali” sendiri adalah sebuah singkatan dari kata Balongan Indah. Ketika berkunjung kesini, Anda bisa menyaksikan hamparan pasir pantai yang luas dengan banyak pepohonan rindang yang akan menambah kenyamanan dan kesejukannya. Wisatawan bisa berjalan-jalan menyusuri pinggiran pantai atau sekedar duduk-duduk santai sembari menikmati pesona pantai yang indah ini.

Aktivitas Menarik untuk Dilakukan di Tempat Wisata Pantai Balongan

Lokasi Pantai Balongan tidak hanya menawarkan keindahan alamnya saja. Tetapi di ini, Anda juga bisa melakukan berbagai aktivitas menarik dan menyenangkan seperti berikut ini.

1. Memancing di Tepian Pantai

Pantai Balongan Indah menjadi lokasi ideal untuk memancing. Di sini, Anda bisa menyewa peralatan untuk memancing maupun menjaring ikan-ikan yang berenang di area perairan pinggir pantai. Menikmati keindahan alam sembari menunggu tangkapan ikan adalah sebuah pengalaman seru yang tak terlupakan.

2. Melihat Keindahan Bawah Laut

Wisata Pantai Balongan Indah juga turut menghadirkan keindahan bawah laut yang begitu memukau. Pihak pengelola menyediakan fasilitas bagi pengunjung yang ingin menyewa peralatan snorkeling.

Anda bisa melihat ikan-ikan berwarna-warni, terumbu karang nan indah, serta aneka kehidupan laut lainnya. Nikmati serunya berjelajah dunia bawah laut yang begitu menakjubkan dan miliki pengalaman yang luar biasa dengan berlibur ke sini.

3. Menjelajahi Pulau-pulau Kecil dengan Tur Perahu

Ada aktivitas menarik dan unik yang bisa Anda lakukan di sini, yakni tur perahu. Pantai Balongan Indah mempunyai deretan pulau-pulau kecil indah yang bisa dijangkau dengan perahu. Anda bisa ikut ke dalam rombongan tur perahu ini untuk menjelajahi pulau-pulau tersebut. Selama perjalanan, Anda akan disuguhi dengan keindahan alam yang memukau dan pesona laut yang begitu cantik.

4. Menikmati Suasana Romantis bersama Pasangan

Pergi liburan bersama pasangan di Pantai Balongan tentu sangat tepat. Di sini juga merupakan tempat yang cocok bagi Anda untuk menghabiskan waktu liburan bersama pasangan. Rasakan pemandangan cantik dengan suasana yang romantis. Anda bisa menikmati matahari terbenam yang indah sembari berjalan-jalan di pesisir.

Bahkan mengadakan makan malam romantis di tepian pantai. Pasalnya, di sini banyak restoran pantai yang menyajikan olahan lezat dengan pemandangan yang memukau, serta menawarkan suasana begitu romantis. Anda dan pasangan bisa menikmati momen-momen bahagia nan romantis ketika matahari perlahan mulai tenggelam di balik cakrawala laut Balongan.

Menikmati Kelezatan Kuliner Wisata Pantai Balongan

Sumber : https://elements.envato.com/man-cooking-fish-and-vegetables-on-a-grill-outdoor-RP34V83

Wisata Pantai Balongan Indah begitu terkenal dengan kuliner pantainya yang nikmat. Berlibur kesini, Anda bisa mencicipi berbagai olahan laut yang masih segar. Misalnya saja seperti ikan bakar, udang goreng, hingga kepiting saus Padang yang menjadi ciri khas. Rasakan sensasi menyantap olahan hasil laut di tepian pantai dengan cita rasa yang begitu menggugah selera.

1. Ikan Bakar

Olahan ikan bakar adalah sajian yang wajib Anda coba di tempat wisata tersebut. Anda bisa bebas memilih ikan segar untuk dinikmati, seperti ikan kakap atau ikan bandeng. Menariknya, Anda dapat menikmati olahan ini dengan bumbu khas masyarakat setempat. Sehingga hidangan ikan bakarnya juga memiliki cita rasa yang khas dan mampu memanjakan lidah Anda.

2. Udang Goreng Gurih

Selanjutnya, ada udang goreng gurih yang menjadi hidangan populer di Pantai Balongan Indah ini. Hidangan disajikan dari udang yang masih segar, lalu digoreng dengan tepung yang renyah. Nikmati kelezatan udang yang masih hangat dengan perpaduan rasa gurih dan manis ini.

3. Kepiting Pedas Saus Padang

Untuk Anda yang menyukai makanan dengan cita rasa pedas, jangan sampai melewatkan kesempatan untuk mencicipi olahan kepiting saus Padang di restoran maupun warung-warung pinggir pantai. Kepiting segar hasil laut ini dimasak dengan menggunakan saus pedas khas Padang yang rasanya jelas menggugah selera.

Aktivitas Ekowisata di Pantai Balongan Indah

Bukan hanya menikmati pesona alamnya saja, tetapi di Pantai Balongan Indah pengunjung juga bisa menambah wawasan. Pasalnya, tempat wisata ini memiliki potensi alam sebagai destinasi ekowisata. Ada berbagai kegiatan yang dapat pengunjung lakukan sebagai bentuk aksi menjaga kelestarian alam pantai.

Misalnya saja seperti kegiatan menanam pohon mangrove, aksi pembersihan pantai, hingga menambah pengetahuan dengan pengenalan berbagai satwa laut kepada para pengunjung. Anda pun dapat berpartisipasi dalam kegiatan ekowisata tersebut, sekaligus memberikan kontribusi positif dalam aksi melestarikan alam.

Pihak pengelola wisata Pantai Balongan juga memiliki program penanaman mangrove yang tujuannya adalah untuk pelestarian lingkungan. Anda bisa gabung dalam kegiatan pelestarian hutan mangrove dan ikut berkontribusi dalam menjaga keberlanjutan ekosistem pantai Balongan.

Melalui kegiatan tersebut, pengunjung dapat belajar lebih banyak mengenai pentingnya hutan mangrove dalam menjaga keseimbangan alam. Pantai Balongan Indah juga menyelenggarakan kegiatan rutin seperti pembersihan pantai guna mengurangi sampah plastik. Sementara bagi yang suka dengan berbagai satwa laut, Anda bisa mengunjungi pusat informasi.

Anda dapat belajar mengenai jenis-jenis satwa laut yang hidup di kawasan pantai Balongan ini. Tujuan dari pengenalan ini adalah untuk meningkatkan kesadaran masyarakat terkait pentingnya menjaga keragaman hayati di laut, sekaligus memberikan inspirasi bagi pengunjung untuk melindungi satwa laut.

Fasilitas di Pantai Balongan Indah

Pihak pengelola menyediakan kenyamanan bagi Anda ingin menikmati indahnya Pantai Balongan Indah dengan berbagai fasilitas. Tersedia penginapan yang nyaman di sekitar pantai, baik itu hotel hingga penginapan tradisional dengan pelayanan cukup baik.

Ada pula fasilitas umum yang memadai demi menunjang kenyamanan pengunjung, seperti kamar mandi dan toilet, tempat parkir, hingga warung makan dan restoran di sekitaran pantai. Pastikan saja Anda menyiapkan budget dan perbekalan yang dibutuhkan untuk berlibur ke wisata Pantai Balongan.

Jangan lupa, siapkan pula jaminan keamanan dan kelancaran atas perjalanan Anda dengan membeli polis asuransi perjalanan. Cekpremi menghadirkan informasi lengkap mengenai produk asuransi dari mitra terpercaya dengan bantuan tim ahli. Kunjungi web resmi Cekpremi.com untuk informasi lengkapnya!



REFERENSI :

Wisataku

Pantai

Biru Travel

Rian

Pesisir